Mau Berlibur? Berikut 5+ Wisata Desa Di Jawa Tengah Yang Layak Di Kunjungi

TipsSeo Info – Jawa Tengah merupakan daerah dengan banyak kota wisata di pulau Jawa. Tak jarang banyak wisatawan yang menjadikan Jawa Tengah sebagai destinasi wisata selama liburan.

Selain jumlahnya yang banyak, setiap tempat wisata memiliki keunikan tersendiri yang bisa anda nikmati saat berlibur.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Jawa Tengah atau sedang mencari kota wisata di sekitar Pulau Jawa Tengah, sebaiknya perhatikan tempat-tempat wisata yang admin rekomendasikan.

Berikut 5+ Wisata Desa Di Jawa Tengah Yang Layak Di Kunjungi

Wisata Desa Di Jawa Tengah Yang Layak Di Kunjungi

1. Kota wisata Cikakak

Pada tahun 2011, sebagai bagian dari program percontohan pelestarian adat dan budaya nusantara tahun 2011, Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Pemerintahan Desa, menetapkan desa wisata Cikakak sebagai desa adat.

Resor wisata ini memiliki taman monyet dengan sejumlah besar monyet yang hidup bebas di alam liar. Mereka jinak dan tidak membahayakan pengunjung.

Desa Wisata Cikakak terletak di Jalan Ajibarang Wangon km 1, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kota ini juga menawarkan wisata religi kepada pengunjung, termasuk kunjungan ke masjid kuno bertiang satu bernama Masjid Soko Tunggal.

2. Dieng Kulon Tourist Village

Terletak antara 2.000 dan 2.500 meter di atas permukaan laut, resor wisata Dieng Kulon menawarkan pemandangan dan lanskap yang indah. Tempat ini sangat cocok untuk tempat berwisata dengan melepas penat dari rutinitas.

Baca Juga :  Inilah 7+ Tempat Wisata Snorkeling Terbaik Untuk Berlibur Di Kepulauan Seribu

Desa Wisata Dieng Kulon terletak di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Dieng Kulon yang luasnya kurang lebih 337.846 Ha memiliki bentang alam pegunungan yang dominan. Kawasan ini dulunya merupakan kawasan lindung, namun kini telah disulap menjadi kebun sayur.

Tempat wisata ini menawarkan wisata alam yang menarik, seperti “Mengejar sunrise di bukit Sikunir dan gunung Prau atau mengunjungi kawah Sikidang. Sedangkan untuk wisata budaya, daerah ini menjadi tuan rumah Dieng Culture Festival. Jika Anda pergi ke sana, Anda bisa belajar cara menanam atau membuat oleh-oleh.

3. Desa wisata Sangiran

Desa Krikilan terletak di ujung barat daya Kabupaten Sragen. Lokasinya persis bersebelahan dengan Kabupaten Karanganyar. Desa ini termasuk dalam kawasan cagar budaya Sangiran dan ditetapkan sebagai warisan budaya dunia pada tahun 1996 oleh UNESCO

Jika ke sana, Anda bisa mengunjungi Museum Manusia Purba Sangiran, kelompok Krikilan yang menjadi pusat pengunjungnya. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata alam taman Punden Tingkir atau pasar budaya Sangir.

Kota ini memiliki potensi cagar budaya yang sangat beragam. Ada pakaian khusus bernama “iket ” yang masih dimiliki bahkan dipakai oleh masyarakat di acara-acara. Banyak penduduk lokal juga tinggal di rumah tradisional.

Sedangkan untuk masakan khas tanah air, Anda bisa mencicipi olahan bukur, gendar pecel, bongko, tiwul dan tulang kera.

4. Resor Desa wisata Summerbulu

Berikutnya adalah kota wisata Sumberbulu. Desa wisata di Kabupaten Karanganyar ini menawarkan paket wisata alam, budaya, eduturistik, agrowisata, pedesaan dan petualangan yang dikelompokkan menjadi paket wisata kemping minat khusus dan wisata. Semua mengusung prinsip pariwisata ramah dan digerakkan oleh pariwisata berbasis masyarakat.

Baca Juga :  Inilah 7+Tempat Wisata Terumbu Karang Terbaik Di Indonesia Untuk Menyelam

Desa Wisata Sumberbulu terletak di Dusun Sumberbulu, Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Tawaran wisata alam adalah Amazing Camp, yaitu kegiatan berkemah yang melatih mental, disiplin, cinta lingkungan, menghargai alam, menikmati keindahannya.

Ada juga atraksi atau aktivitas langsung yang mengajak wisatawan untuk mengetahui aktivitas warga pedesaan. Pilihan lainnya adalah sortie dan pelatihan di desa wisata Sumberbulu dengan modalitas magang berdasarkan pengalaman dan di latar depan dengan unsur wisata.

5. Desa Wisata Pandanrejo

Desa Pandanrejo terletak di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Terletak di daerah pegunungan, pada ketinggian 820 meter di atas permukaan laut. Desa ini memiliki potensi wisata yang kuat dan s ‘est développe au gré des activités des habitants, allant du tourisme nature, educatif, culturel kuliner.

Untuk wisata alam ada Puncak Gunung Gajah Pandanrejo dan Bukit Callrong, sedangkan wisata budayanya antara lain Inling Langensari yang merupakan icon desa Pandanrejo. Menurut cerita, kecenderungan di desa Pandanrejo sudah ada sejak nenek moyang dan dilestarikan oleh masyarakat.

6. Wisata Desa Kandri

Desa Wisata Kandri terletak di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, sekitar 40 menit dari pusat kota Semarang. Desa wisata pemenang Festival Desa Wisata Jawa Tengah 2018 ini memiliki potensi wisata yang tinggi karena terdapat beberapa objek wisata unggulan di Semarang, seperti Gua Kreo dan Waduk Jatibarang.

Jika Anda pergi ke sana, Anda tidak boleh melewatkan peternakan ketika Anda mengunjungi desa Kandri. Anda bisa mengambil paket pertanian seperti koleksi jambu kristal, beras, singkong, pare, dan lain-lain. Wisatawan juga bisa mencoba menyiapkan makanan khas daerah dengan buah dan sayuran ini. Ada juga berbagai oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang.

Baca Juga :  7 Keajaiban Dunia Yang Dipilih Secara Voting Oleh Orang Di Seluruh Dunia

7. Wisata Desa Kakilangit Mangunan

Yang terakhir adalah desa wisata Kakilangit Mangunan. Nama Kakilangit merupakan gabungan dari dua kata: Kaki dan Langit. Kaki adalah alat untuk bergerak. Seberat apapun bebannya, kakimu harus tetap bergerak. Sementara itu, langit menjadi tempat yang tidak dibatasi oleh luas dan jarak.

Arti Kakilangit berarti desa wisata ini harus mampu menggerakkan masyarakat untuk mencapai tujuan tanpa batas ruang dan waktu, atau menciptakan peluang baru yang menjadi sumber pendapatan dan emansipasi ekonomi masyarakat.

Pilihan wisata yang ditawarkan adalah Sky Culture yang menawarkan atraksi budaya, Sky Roof yang merupakan keluarga tradisional, Rasa Langit adalah makanan tradisional, Langit Hijau atau kegiatan pertanian, Langit Cerdas mempelajari tatanan kehidupan sosial pedesaan dengan berbagai kegiatan menarik.

Ada juga Langit Ilalang atau wisata alam dan layanan edukasi, serta Sky Curam yang mengajak wisatawan mengunjungi perbukitan, sungai kecil dengan tebing yang menantang.

Ini dia 7  wisata Desa di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi.

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.