Untung Dan Rugi Pinjaman BPR Sebelum Anda Mengajukan Pinjaman

Untung Dan Rugi Pinjaman BPR Sebelum Anda Mengajukan Pinjaman

Kebanyakan orang hanya tahu tentang bank umum konvensional. Bahkan, di Indonesia juga ada BPR atau Bank. Lingkup tindakan teritorialnya sebenarnya terbatas hanya pada lingkungan sekitar. Namun, tak ada salahnya jika kaum milenial seperti Anda mengetahui tentang BPR, terutama yang tinggal di daerah tersebut.

Apa itu BPR?

Berdasarkan pasal 1 UU No. 10 Tahun 1998, BPR bertindak sebagai penghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan biasa, dll. Selain itu, BPR juga menyalurkan dana simpanan masyarakat kepada pengusaha .

Tidak hanya bank umum konvensional, perlu diketahui juga bahwa BPR dapat memberikan kredit atau pinjaman tunai untuk modal pengusaha pemula yang ingin memulai bisnis sendiri. Meskipun tidak sebesar bank umum, BPR dapat memberikan pinjaman dengan persyaratan tertentu. Hal ini seperti yang ditunjukkan pada fungsi BPR.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengajukan Klaim Asuransi Kartu Kredit?

Untung Dan Rugi Pinjaman BPR Sebelum Anda Mengajukan Pinjaman

fungsi BPR?

Jika dilihat lebih detail, BPR setidaknya memiliki tiga fungsi, yakni penyaluran kredit kepada usaha kecil dan menengah (UKM). Ini bisa berupa pinjaman investasi, pinjaman modal kerja, dan pinjaman konsumen. Kedua, menginvestasikan dana yang diperoleh dari masyarakat dalam bentuk deposito, tabungan, sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan sertifikat deposito. Fungsi ketiga adalah mengamankan pembiayaan nasabah berdasarkan peraturan pemerintah (PP).

Jika Anda berminat meminjam uang perusahaan dari BPR, syaratnya berlaku, seperti fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi rekening tabungan, giro 3 bulan, fotokopi tagihan listrik atau air, fotokopi kwitansi gaji, surat keterangan nilai harta benda yang dijadikan jaminan dan dapat dinikahkan dengan fotokopi akta nikah. Tentu saja, persyaratan ini agak lebih sederhana dibandingkan dengan bank umum.

Berbagai kelebihan dan kekurangan pinjaman dari BPR

Setelah mengetahui syarat pengajuan pinjaman dari BPR, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan pinjaman di sini. Ini agar Anda dapat secara sadar memilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak terjebak dalam situasi yang canggung. Setidaknya Anda harus mengetahui manfaat meminjam uang dari BPR berikut ini.

1. Utamakan unsur kepercayaan

Unsur terpercaya lebih diutamakan daripada BPR. Padahal, BPR bukanlah lembaga keuangan yang mencari keuntungan.

Memang, prioritas BPR adalah kepercayaan. Hal ini juga diterapkan oleh BPR dalam pemberian pinjaman kepada nasabah.

Misalnya, BPR akan lebih mudah meminjamkan dana kepada nasabah yang sudah terlanjur meminjam. Pada dasarnya karena peminjam sebelumnya memiliki reputasi yang baik.

Baca Juga :  Cara Mengajukan Kredit Di Akulaku Dengan Mudah Serta Persyaratan Yang Harus Disiapkan

2. Jenis jaminan yang dibutuhkan tidak sulit

Padahal, agunan atau agunan dijadikan syarat untuk meminjam kredit dari bank manapun, termasuk BPR. Namun, jaminan bukanlah syarat utama pemberian kredit.

Pertimbangan utama adalah prospek bisnis jangka panjang – seberapa besar kesuksesan bisnis yang bisa Anda raih. Dengan cara ini, agunan tidak harus cair dan mudah dijual.

Hal ini tentu menguntungkan bagi Anda yang ingin meminjam uang, namun tidak memiliki aset berharga, bukan?

3. Sistem pemasaran yang baik

Hal ini terkait dengan visi BPR membantu pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (MPMI) dari unsur permodalan.

BPR berusaha menjangkau UMKM di pelosok. Oleh karena itu, mereka menggunakan sistem pengumpulan bale sehingga calon peminjam dapat diakses.

4. Dana dicairkan dengan cepat dan mudah

Hal ini terkait dengan tujuan BPR untuk membantu UMKM. Dana pinjaman dapat dicairkan dalam waktu dua sampai tiga hari kerja, asalkan semua persyaratan terpenuhi.

Diantara keempat keuntungan meminjam di BPR, perlu juga diketahui kerugian meminjam modal dalam bentuk uang di BPR. Apa kekurangannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Untung Dan Rugi Pinjaman BPR Sebelum Anda Mengajukan Pinjaman

5. Cakupan terbatas dari area yang dicakup oleh layanan

Anda dapat meminjam modal dari BPR, tetapi keberadaan BPR hanya terbatas pada distrik saja. Untuk itu Anda harus mencari BPR yang berada di wilayah tempat tinggal Anda untuk memudahkan prosedur dengan pihak bank.

Baca Juga :  4 Tips Mengajukan Pinjaman KUR Ke Bank Biar Cepat Cair

6. Layanan limit kredit terbatas

Berbeda dengan bank umum yang dapat meminjamkan hingga puluhan miliar, layanan limit kredit yang diberikan oleh BPR terbatas. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk meminjam uang dalam jumlah besar, tidak disarankan untuk meminjam ke BPR karena BPR tidak memiliki layanan ini.

7. Hanya mengakreditasi kategori tertentu

BPR memberikan kredit, tetapi hanya pinjaman tanpa jaminan, pinjaman usaha kecil, dan pinjaman karyawan.

Jika Anda berencana untuk meminjam uang dari BPR dan kredit yang ingin Anda ajukan tidak termasuk di atas, Anda harus berpikir dua kali.

Apakah Anda ingin terus meminjam ke BPR dan menyesuaikan dengan jenis pinjaman yang tersedia atau masih ingin mengajukan kredit sesuai keinginan, tetapi perlu mencari bank lain?

Setelah mempelajari seluk beluk pinjaman modal usaha dari BPR, kami harap Anda dapat memikirkan dengan matang keputusan Anda saat mengajukan pinjaman dari BPR. Jangan menyerah, nanti kamu menyesal.

Untung Dan Rugi Pinjaman BPR Sebelum Anda Mengajukan Pinjaman

Itulah ulasan Untung Dan Rugi Pinjaman BPR Sebelum Anda Mengajukan Pinjaman

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.