Berikut 9 Tips Surfing Untuk Pemula Yang Baru Belajar Selancar

Tips Surfing Untuk Pemula

Tips Surfing Untuk Pemula: Bagi Anda yang sering berlibur ke Bali, Lombok, Sumbawa, dan Sumatera pasti akan sering melihat aksi para peselancar yang asyik bermain ombak.

Ombak yang tinggi dan pemandangan pantai yang indah membuat pantai-pantai di Indonesia menjadi surganya para peselancar.Melihat peselancar handal menaklukkan ombak pasti akan membuat Anda ingin melakukan hal yang sama.

olahraga selancar bukanlah olahraga yang mudah karena tergolong olahraga ekstrim. Nah, untuk itu diperlukan skill dan pengetahuan tentang teknik surfing yang benar.

Berikut 8+ Tips Surfing Untuk Pemula Yang Baru Belajar Selancar

Sebelum terjun menjadi peselancar dan mendalami olahraga selancar, ada baiknya mengetahui tips selancar berikut untuk pemula.

1. Harus bisa berenang

Jangan berharap bisa berselancar tanpa mengetahui cara berenang karena sebagian besar olahraga ini berkaitan dengan teknik berenang. Bagi yang tidak bisa berenang, terlebih dahulu harus menguasai teknik dasar renang, mulai dari gaya apung hingga gaya bebas. Sebelum mencoba mendayung papan selancar di perairan terbuka, ada baiknya Anda mengujinya di pantai yang aman dengan ketinggian ombak yang relatif sedang.

Baca Juga :  Inilah 6+ Sungai Terelok Di Indonesia Yang Pasti Akan Memukau Hati Anda.

2. Lakukan pemanasan

Sebelum memulai latihan Anda, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan akan melemahkan otot-otot di tubuh untuk mencegah kram terutama pada kaki dan lengan.

3. Latihan mendayung dengan papan

Setelah belajar gaya bebas dan mencoba berenang di laut, saatnya berlatih mengayuh di papan. Peselancar pemula biasanya disarankan untuk mencobanya di pantai sebelum mulai berselancar di tengah laut. Coba terapkan terbalik di papan tulis.

Buat tubuh Anda senyaman mungkin. Jika Anda memiliki posisi yang benar, Anda dapat mulai menggunakan kedua tangan untuk melakukan gerakan mendayung. Gerakkan tangan Anda dengan kuat di dalam air sambil menutup jari-jari Anda dengan erat. Jangan terburu-buru mendayung karena Anda bisa melakukannya dengan gerakan yang lebih santai.

Saat mendayung, ingatlah untuk mengikatkan tali atau tali di sekitar mata kaki agar tidak terbawa ombak saat terjatuh dari papan.

4. Pergi menyelam dengan gaya bebek

Jika anda sudah bisa mendayung dengan keras, berarti anda sudah menguasai teknik duck diving atau gaya bebek. Ini adalah teknik yang memungkinkan Anda mengatasi ombak saat mengayuh.

Menyelam bebek bertujuan untuk menghindari kehilangan stamina karena terus-menerus dihantam ombak. Konsentrasi adalah satu-satunya kunci untuk menguasai gerakan ini dengan cepat. Jangan panik meskipun Anda baru saja terkena ombak. Yang paling penting adalah menempatkan tubuh Anda di papan senyaman mungkin.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata Terpopuler Dan Terbaik Di Sukabumi Yang Wajib Di Kinjungi Bagi Petualang

5. Berlatih berdiri di papan

Berdiri di papan tidak semudah kedengarannya, terutama jika Anda harus mengontrol papan pada saat yang sama untuk bergerak dengan ombak dan pusaran. Selain diperlukan keseimbangan tubuh, mata juga harus melihat ke depan.

Mulailah dengan menggerakkan tangan Anda dari posisi mendayung ke arah dada sambil berbaring. Pastikan jari-jari Anda menempel pada papan. Dia kemudian perlahan mengangkat tangannya saat Anda mengangkat tubuh.

Pada posisi ini, kaki harus bergerak cepat agar tubuh bisa tetap tegak tanpa terjatuh. Ingat, jangan berdiri terlalu tinggi atau Anda bisa jatuh. Condongkan tubuh sedikit ke depan sehingga pusat gravitasi diturunkan.

6. Naik atau berselancar di ombak

Setelah Anda berhasil mencapai papan, saatnya untuk melanjutkan ke tingkat berikutnya – berselancar di ombak. Tujuan bermain selancar adalah untuk mengetahui seberapa baik peselancar menangani ombak. Kenali karakteristik ombaknya sebelum Anda ingin berselancar.

Jika ombak memiliki gelombang miring, disarankan untuk menerapkan teknik mendayung untuk menghadapi ombak. Namun, jika ombak yang masuk dianggap ekstrim, peselancar harus mengikuti garis jatuh dari palung. Ombak besar dapat menghantam peselancar secara acak.

7. Kenakan pakaian khusus untuk berselancar

Mungkin terdengar sepele tapi ternyata pakaian khusus selancar sangat berguna saat berselancar. Pakaian selancar terbuat dari bahan ringan seperti karet yang membuatnya fleksibel dan nyaman dipakai. Selain itu, pakaian selancar juga mudah kering. Jadi, Anda tidak akan kedinginan meskipun browsing dalam waktu lama.

Baca Juga :  Inilah 7+ Tempat Wisata Snorkeling Terbaik Untuk Berlibur Di Kepulauan Seribu

8. Pelajari etika berselancar

Berselancar juga memiliki etika. Aturan ini dirancang untuk memastikan keamanan Anda saat menjelajah. Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi peselancar, termasuk sikap peselancar saat mengayuh ombak. Dalam situasi ini, hanya peselancar yang dekat dengan puncak ombak yang bisa mendekati ombak.

9. Jangan takut

Saran terakhir yang harus Anda ikuti saat berselancar adalah jangan panik. Ya, cobalah untuk tidak panik, karena panik sebenarnya bisa memperburuk keadaan. Saat jatuh, hal pertama yang harus dilakukan adalah meraih tali yang menempel di papan dan menempel di pergelangan kaki. Saat Anda menarik tali, papan akan secara otomatis datang ke arah Anda dan Anda bisa perlahan naik kembali ke papan.

Berikut 8+ Tips Surfing Untuk Pemula Yang Baru Belajar Selancar

Ini adalah serangkaian tips berselancar untuk pemula. Jadi kapan Anda ingin mencoba berselancar?

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.