7 Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Online Yang Aman Dan Cepat Cair

Pinjaman online (pinjol) berkembang sangat pesat di Indonesia berkat kemudahan dan kecepatan yang mereka tawarkan.

Namun, jenis pinjaman ini pun harus dipertimbangkan dengan hati-hati, karena membawa konsekuensi dan risiko terkait, seperti suku bunga harian yang tinggi dan risiko penipuan.

Daya tarik utama layanan pinjaman online adalah kemudahan dan kecepatan pencairan dana pinjaman. Pengajuan kredit yang dikenal panjang dan rumit, kini dapat diperoleh dengan cepat dan mudah melalui perangkat.

7 Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Online Yang Aman Dan Cepat Cair

Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Online

Namun, perencanaan pensiun diperlukan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online. Seperti dikutip dari Duwitmu.com, beberapa tips untuk mendapatkan pinjaman online yang aman adalah:

1. Pilih layanan pinjaman online yang terdaftar OJK

Diketahui bahwa tidak semua yang ada di Internet legal. Selain itu, penyedia pinjaman online semakin banyak, tidak semuanya dapat diandalkan, sehingga Anda harus berhati-hati saat memilih layanan pinjaman.

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan pemberi pinjaman sudah memiliki izin usaha resmi OJK. OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah lembaga publik yang mengatur dan mengawasi semua kegiatan yang terjadi di sektor keuangan Indonesia, termasuk pengawasan terhadap penyedia pinjaman konvensional dan online.

Baca Juga :  7 Manfaat Leasing Serta Istilah Dan Jenis Leasing Agar Anda Mengerti

Penyedia layanan pinjaman online terdaftar OJK membuktikan legalitas bisnis. Anda akan mendapatkan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Hak sebagai konsumen dilindungi. Ketika peristiwa yang merugikan perjanjian pinjaman online terjadi, peminjam dapat membuat pernyataan kepada pihak yang berwenang.

OJK juga memberlakukan sejumlah regulasi terkait layanan pinjaman online. Salah satunya adalah regulasi yang mengatur tingkat bunga maksimum yang dapat dibebankan kepada konsumen. Adanya batasan bunga melindungi konsumen dari kemungkinan risiko mati lemas dan biaya pembayaran yang tidak manusiawi.

2. Cek transparansi perusahaan jasa pinjaman online

Sangat penting untuk memilih penyedia layanan pinjaman online yang transparan.

Karena konsumen tidak bertemu langsung dengan kreditur, semua informasi tentang pinjaman harus jelas dari awal. Berapa batas kredit yang akan diberikan, bunga yang dikenakan, jangka waktu pinjaman, tanggal kedaluwarsa, cara mengambil pinjaman, cara membayar cicilan dan pengeluaran lainnya.

Mengetahui transparansi informasi pinjaman online, konsumen dapat mempertimbangkan jumlah yang akan dikirim. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar biaya yang telah disepakati.

Kemungkinan konsumen dirugikan lebih kecil jika sudah transparan sejak awal dan jika konsumen telah menerima apa yang dibebankan atas pinjaman yang diterima. Termasuk mengetahui apa risikonya jika terjadi keterlambatan pembayaran sehubungan dengan tanggal jatuh tempo.

3. Memastikan tersedianya customer service yang aktif dan dapat dihubungi

Saat mengajukan pinjaman, Anda harus memilih perusahaan yang memiliki layanan pelanggan aktif yang mudah dihubungi. Misalnya, tunjukkan dengan jelas nomor telepon, alamat email, alamat kantor, serta akun media sosial dan nomor WhatsApp Anda.

Baca Juga :  Cara Mengajukan Kredit Di Akulaku Dengan Mudah Serta Persyaratan Yang Harus Disiapkan

Tujuannya agar jika terjadi masalah di kemudian hari, Anda dapat dengan mudah menghubungi dan mendapatkan respon yang cepat.

Layanan pelanggan yang jelas dan mudah dihubungi juga menjadi indikator antara institusi legal dan ilegal. Pemberi pinjaman ilegal umumnya tidak memiliki layanan pelanggan. Jelas mereka ilegal, jadi identitas mereka dimaksudkan sebagai anonim dan senyaman mungkin.

4. Periksa keamanan situs web dan aplikasi

Pinjaman online dilakukan melalui internet. Jadi pastikan pinjaman dilakukan di situs web atau aplikasi yang aman dan terjamin.

Peminjam dapat melihat keamanan situs dari gembok kiri atas atau logo gembok yang menunjukkan keamanan situs. Ini bisa menjadi indikasi bahwa layanan pinjaman aman dan terpercaya.

OJK mewajibkan petugas pinjaman online untuk menerapkan sejumlah langkah pengamanan situs/aplikasi dan database untuk melindungi data konsumen, termasuk lulus audit dan sertifikasi ISO teknologi informasi, untuk memastikan keamanan data konsumen menjadi prioritas utama perusahaan.

5. Pastikan Anda dapat membayar cicilan pinjaman yang ditawarkan secara online

Penting untuk berhati-hati saat mengajukan pinjaman, yaitu pastikan Anda mengambil batas pinjaman yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk membayar. Menggali lubang saja tidak cukup, apalagi bunga pinjaman online cukup tinggi.

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman, Anda melakukan simulasi kredit yang biasanya ditawarkan di situs keuangan. Dari hasil simulasi, Anda dapat melihat bahwa estimasi forward bond didasarkan pada jumlah maksimum yang ingin Anda asumsikan.

Cari tahu apakah total utang pendapatan bulanan Anda, bahkan jika Anda mengajukan pinjaman online, lebih dari 30%. Jika demikian, itu adalah alarm bahwa Anda telah melampaui batas situasi keuangan yang sehat.

Baca Juga :  6 Cara Mudah Mencari Modal Usaha Untuk Pengembangan Bisnis Anda

Meminjam dengan persyaratan Anda sendiri akan memungkinkan Anda membayar tepat waktu dan tidak perlu membayar biaya keterlambatan.

6. Baca dan pahami perjanjian pinjaman

Dengan setiap aplikasi pinjaman, calon klien menerima perjanjian pinjaman. Baca perjanjian kontrak yang diusulkan dengan cermat dan ajukan pertanyaan jika tidak jelas. Kontrak merupakan dasar hukum bagi pinjam meminjam, sehingga segala hak dan kewajiban para pihak yang terlibat diatur dalam kontrak.

Kontrak pinjaman dapat berkisar dari yang paling sederhana, yaitu pinjaman tunai jangka pendek, hingga yang agak rumit terkait dengan aktivitas, misalnya jika ada agunan atau jaminan untuk aplikasi pinjaman.

Baca juga: Tertarik Pinjaman Online? Baca dulu syarat dan ketentuan pinjaman online

7. Ketahui pendapat peminjam online lainnya

Keuntungan pinjaman di era digital adalah banyak ulasan konsumen yang diambil dari internet. Coba baca review konsumen. Ada banyak informasi penting yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman.

Penyedia layanan pinjaman tentu akan menampilkan ulasan konsumen di situs mereka sebagai testimoni positif atas layanan yang mereka berikan.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan pinjaman online sangat penting sebelum mencoba fasilitasnya, agar Anda bisa mempertimbangkan urgensi kebutuhan dan kemampuan Anda membayar sebelum mengajukan pinjaman.

Jangan hanya fokus pada betapa mudahnya mendapatkan uang. Anda juga harus siap dengan segala risiko.

Kemudian terapkan tips memilih pinjaman online yang aman agar tidak salah mengambil keputusan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.