5 Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Android Dari Malware Dan Virus

Smartphone kini menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna. Kebutuhan media sosial, hiburan, bisnis dan perbankan kini dipenuhi melalui smartphone.

Oleh karena itu, sangat penting agar smartphone selalu aman dari serangan berbahaya, terutama untuk Android yang menguasai sebagian besar smartphone di dunia.

5 Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Android Dari Malware Dan Virus

Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Android

Mempertimbangkan upaya peretas dan penjahat dunia maya lainnya yang terus-menerus mencari cara untuk mengatasi tembok keamanan sistem, berikut adalah beberapa kiat untuk membantu pengguna melindungi Android mereka.

1. Gunakan kata sandi yang kuat

Android menawarkan beberapa metode kunci layar untuk keamanan perangkat. Lebih dari sekadar fitur, metode kunci layar menjadi sangat diperlukan.

Baca Juga :  3 Cara Hemat Kuota Internet Menonton YouTube Dengan Android

Pasalnya, metode kunci layar memungkinkan pengguna untuk lebih melindungi perangkat dari orang asing yang mencoba membuka kunci ponsel cerdas pengguna tanpa izin.

Untuk keamanan, gunakan kata sandi yang kuat, jalurnya adalah Pengaturan> Keamanan> Kunci layar. Pengguna dapat memilih kunci keamanan dari templat, PIN, dan kata sandi.

Kata sandi masih dianggap paling aman karena pengguna dapat mencampur huruf, angka, dan simbol. Pengguna juga dapat menggunakan sidik jari pada smartphone untuk membuat proses unlocking perangkat lebih nyaman.

2. Hapus Aplikasi yang Tak Dipakai

Jika pengguna menyimpan banyak aplikasi yang tidak lagi digunakannya, ada baiknya Anda memutuskan untuk menghapusnya.

Alasannya adalah beberapa aplikasi lawas dapat menimbulkan risiko keamanan karena memiliki kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh peretas. Terlepas dari risiko keamanannya, beberapa aplikasi mengumpulkan data penggunaan pengguna.

Baca Juga :  Inilah 5 Rekomendasi Proyektor Portabel Murah Berkualitas Yang Dapat Anda Lirik Untuk Dibeli

Jadi, jika pengguna ingin lebih sedikit pelacakan, sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang tidak lagi digunakan. Beberapa smartphone Android memungkinkan pengguna melakukan ini dari layar beranda.

3. Hapus Login One-click dari Aplikasi Medsos

Menariknya, beberapa aplikasi media sosial menawarkan cara login yang mudah, misalnya melalui fitur one-click login. Namun, fitur ini sangat tidak aman.

Karena jika seseorang masuk ke smartphone Anda, mereka dapat dengan mudah mengakses aplikasi media sosial, informasi pribadi, dan bahkan seluruh kehidupan pemilik ponsel.

Oleh karena itu, lebih baik menonaktifkan fitur login sekali klik. Lebih baik bagi pengguna untuk memilih memasukkan kata sandi setiap kali mereka ingin terhubung. Alasannya adalah keamanan, terkadang ketidaknyamanan berarti lebih aman.

Baca Juga :  Rekomendasi 3 Alat Perangkat Keamanan Rumah Terbaik

4. Hati-hati mengklik sesuatu

Saat ini, phishing adalah sesuatu yang digunakan banyak penjahat dunia maya untuk menghasilkan uang. Tautan palsu dapat digunakan untuk mengirim pengguna ke situs web jahat yang dapat menginfeksi perangkat dengan malware atau mencuri kata sandi.

Untuk itu, pengguna smartphone perlu berhati-hati saat mengklik sesuatu. Sebelum mengklik, pastikan sumbernya adalah sumber atau tautan resmi.

5. Cadangkan File atau Backup

Selalu lakukan backup atau backup data Anda. Jadi ketika perangkat Android Anda hilang atau dicuri, Anda akan memiliki salinan file penting Anda yang dapat dipulihkan.

Pengguna dapat mencoba layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, dan lainnya. Pengguna dapat membiasakan diri menyimpan file di cloud dan menghapusnya dari penyimpanan di perangkat.

(Kolam / Isk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.