5 Tips Meningkatkan FPS Di PC Dan Laptop Agar Stabil Saat Bermain Game

Tips Meningkatkan FPS Di PC Dan Laptop

Sebagian besar game yang beredar akhir-akhir ini dilengkapi dengan grafis berkualitas tinggi. Sayangnya, terkadang keindahan grafis tidak terlalu bisa diapresiasi jika frame rate per second (FPS) turun. Gambarnya rusak, kita tidak bisa lagi menikmatinya dengan lancar.

Penurunan FPS bisa terjadi karena hardware PC tidak mampu memainkan game dengan kualitas grafis yang tinggi. Namun, ternyata ada pengaturan sederhana yang bisa mendongkrak FPS.

Tidak peduli apa? Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan FPS di Windows, seperti yang dirangkum dalam MakeUseOf.

Apa itu FPS?

Sebelum kita masuk ke trik sederhana untuk meningkatkan FPS, ada baiknya untuk mengetahui apa itu FPS terlebih dahulu.

FPS adalah unit yang mengukur kinerja tampilan. FPS adalah menghitung pemindaian layar setiap detik. Ini adalah jumlah pembaruan gambar per detik.

5 Tips Meningkatkan FPS Di PC Dan Laptop Agar Stabil Saat Bermain Game

Memang, arti FPS sangat teknis. Padahal, tidak perlu tahu arti FPS kok. Satu hal yang penting, semakin tinggi FPS, semakin halus gambar yang akan muncul di layar. Oleh karena itu, jika FPS rendah (low), gambar yang dihasilkan tidak rata dan dapat mengganggu kenikmatan bermain game.

Baca Juga :  Spesifikasi Monitor PC Xiaomi Mi 34, Monitor Gaming Terbaik Di Kelasnya

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan FPS?

1. Perbarui driver perangkat keras/hardware

Driver adalah software yang menjadi interface atau penghubung antara software (game atau aplikasi lain) dan hardware pada PC. Driver ini dapat membuat perangkat keras bekerja secara optimal di aplikasi Anda.

Kami sering tidak peduli dengan pembaruan driver. Namun, pengembang perangkat keras sering menawarkan pembaruan driver reguler. Tujuannya agar perangkat keras Anda dapat menjalankan perangkat lunak terbaru secara optimal.

Nah, jika Anda sudah lama tidak mengupdate driver, bisa jadi itu adalah penyebab rendahnya FPS di komputer Windows Anda. Jadi cobalah untuk memperbarui driver, baik itu prosesor atau kartu grafis.

Anda dapat mengunjungi situs web Nvidia atau AMD Radeon untuk driver kartu grafis yang diperbarui. Jika Anda menggunakan kartu grafis terintegrasi, Anda dapat mengunjungi situs web prosesor, seperti Intel.

Menariknya, Nvidia, Intel, dan AMD telah menyediakan software yang dapat membantu Anda mengupdate semua driver dengan mudah. Kunjungi saja ketiga situs resminya untuk mendapatkan software tersebut.

2. Tutup aplikasi yang tidak perlu

Permainan hari ini membutuhkan sumber daya yang agak tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menutup aplikasi lain yang tidak diperlukan. Akibatnya, lebih banyak sumber daya tersedia.

Anda dapat dengan mudah menutup aplikasi lain melalui bilah tugas. Biasanya di bagian ini Anda akan menemukan ikon aplikasi yang sedang berjalan.

Baca Juga :  Tips Memilih Laptop MacBook Agar Tidak Salah Pilih

Anda juga dapat mengakses pengelola tugas untuk melihat aplikasi mana yang sedang berjalan. Untuk mengakses pengelola tugas, tekan Ctrl + Shift + Esc. Klik tab More Details and Processes untuk melihat seberapa banyak aplikasi menggunakan sumber daya.

3. Defrag hard drive

Sebagian besar gamer, mungkin Anda juga sudah menggunakan SSD untuk menjalankan game. Komponen ini bisa menjadi faktor kecepatan sebuah game di PC Anda.

Meski begitu, tentu saja masih ada yang menggunakan harddisk untuk menyimpan game. Nah, jika Anda ingin memperbaiki FPS di PC atau laptop Windows, sangat disarankan untuk melakukan defragmentasi secara teratur.

Untuk melakukannya, ketik “defrag ” di menu mulai dan klik “Defragmentasi dan optimalkan drive “. Jika Anda belum melakukan proses ini dalam waktu yang lama, lakukan untuk meningkatkan atau meningkatkan FPS Anda.

Windows 10 sudah memiliki fitur otomatis untuk proses ini. Anda juga dapat mengatur waktu pemrosesan. Oh ya, jika Anda sudah menggunakan SSD, sebaiknya jangan melakukan defragmentasi ini karena dapat mempersingkat masa pakai perangkat SSD.

Baca juga: Cara Update Windows 10 ke Versi 1903 (Mei 2019)

4. Mengatur opsi daya/power option

Fitur Opsi Daya Windows memungkinkan Anda mengubah item yang terkait dengan konsumsi daya perangkat. Jika Anda ingin memiliki FPS tinggi, kami sarankan Anda mengubah pengaturan ini.

Pasalnya, pada mode default, Windows akan memilih pengaturan power balance. Dalam pengaturan ini, Windows menyeimbangkan konsumsi daya dengan kinerja. Oleh karena itu, performa gaming tidak akan maksimal.

Baca Juga :  Cara Hubungkan IPhone Ke Laptop Melalui USB Dengan Benar, Work 100% Berhasil

Agar FPS meningkat, kami sarankan untuk mengatur Opsi Daya ke Kinerja Tinggi. Untuk melakukan ini, pilih Pengaturan> Sistem> Daya dan klik Pengaturan Daya Tambahan. Kemudian klik “High Performance ” agar hardware bekerja lebih maksimal.

5. Nonaktifkan efek visual di Windows

Secara default, Windows memiliki begitu banyak efek. Ini dapat membebani komputer Windows Anda, terutama jika perangkat kerasnya tidak terlalu kuat. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menonaktifkan efek di Windows. Meskipun ini mungkin tidak banyak berpengaruh pada PC atau laptop kelas atas, menonaktifkan efek ini bisa sangat berguna untuk perangkat dengan sedikit perangkat keras.

Caranya mudah, ketik “performance ” di start menu, lalu pilih “Sesuaikan tampilan dan performa Windows. Kemudian pilih tab Visual Effects, pilih “Sesuaikan untuk hasil terbaik. kinerja “, lalu OK.

Nah, itulah lima cara mudah untuk mendongkrak FPS di komputer Windows. Apakah Anda punya cara mudah lainnya? Kami share di kolom komentar ya!

Begitulah 5 Tips Meningkatkan FPS Di PC Dan Laptop Agar Stabil Saat Bermain Game

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.