8 Tips Mendesain Slide Presentasi Dengan MS PowerPoint Dengan Benar

Tips Mendesain Slide presentasi Dengan MS PowerPoint Dengan Benar

Sebagai aplikasi yang membuat presentasi bekerja lebih mudah dari sudut pandang, MS PowerPoint selalu menjadi pilihan utama, meskipun ada banyak aplikasi berbasis presentasi lain yang menawarkan sejumlah fitur baru.

Tidak menyadari fakta ini, pengembang aplikasi MS PowerPoint memiliki pedoman, yaitu “Hanya karena Anda bisa melakukannya, bukan berarti Anda harus melakukannya “.

Saat ini, hampir semua alat pengembangan perangkat lunak memiliki fitur keren yang dapat membantu Anda membuat konten keren. Namun, presentasi yang penuh dengan tekstur yang menarik, animasi yang hidup, atau warna yang indah belum tentu menghasilkan presentasi yang bagus.

Tips Mendesain Slide Presentasi Dengan MS PowerPoint

1. Buat slide sederhana

Slide PowerPoint dibuat sebagai cara paling nyaman untuk menyajikan informasi grafis yang akan Anda atau penyaji sampaikan. Slide juga merupakan “add-in ” untuk presentasi.

Disajikan sebagai “suplemen ” dan dukungan, tentu saja, slide tidak dapat menjadi “bintang ” dari presentasi. Yang seharusnya menjadi “bintang ” presentasi adalah pendengar atau penonton.

Orang-orang datang untuk mendengarkan dan tergerak oleh Anda dan pesan Anda, bukan slide yang Anda tunjukkan.

Jangan sampai pesan yang ingin Anda sampaikan “terganggu ” dari slide. Oleh karena itu, buatlah slide sesederhana mungkin. Yang penting pesannya tersampaikan kepada pendengar.

Baca Juga :  Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp Di Segala Ponsel

Jangan membebani slide Anda dengan terlalu banyak gambar atau grafik. Jangan membuat terlalu banyak slide.

2. Batasi penggunaan bullet dan teks

Slide yang terlalu penuh dengan bullet dan teks pasti akan mengganggu pendengar presentasi.

Jadi cobalah untuk membuat slide dengan teks minimal dan peluru minimal. Bahkan, ada yang mengatakan slide yang sempurna tidak memiliki teks.

Ingatlah bahwa slide adalah media cerita Anda sebagai pembicara. Jangan letakkan semua yang ingin Anda katakan di slide, intinya saja. Kesan pendengar dengan pidato Anda dalam presentasi, bukan slide penuh tulisan.

3. Ukuran font dan Jenisnya

Saat menyajikan, perlu diingat bahwa penonton cukup jauh dari layar. Jadi, pastikan audiens Anda dapat melihat dengan jelas apa yang ada di layar presentasi Anda. Cobalah untuk tidak menggunakan ukuran yang lebih kecil dari 24pt.

Ukuran font ini tidak hanya akan membantu audiens memahami materi presentasi Anda, tetapi juga akan berdampak besar pada materi Anda secara keseluruhan. Saat Anda menyebutkan elearningbrothers.com, Anda harus menggunakan font serif atau font apa pun yang mirip dengan font Papyrus.

Meskipun air mancur di atas mungkin terlihat menarik dari dekat, tetapi tidak jika orang lain melihatnya dari jarak antara 4 dan 5 meter.

Tip lainnya adalah jangan menggunakan terlalu banyak font dalam dokumen presentasi. Biasanya 2 atau 3 sudah cukup, misalnya untuk font judul, font sub-bab dan font konten slide.

Baca Juga :  Fitur WhatsApp Komunitas Versi Beta Telah DiLuncurkan Ke Android

4. Batasi penggunaan transisi dan animasi

Gunakan transisi atau animasi antar slide dengan cara yang paling cerdas. Kami menyarankan Anda untuk tidak menggunakan animasi transisi pada setiap slide.

Beberapa animasi dapat membuat slide Anda menarik. Namun, pilih animasi yang terlihat profesional. Animasi sederhana juga disarankan.

5. label

Poin ini mungkin yang paling sering diabaikan oleh banyak orang saat membuat slide MS Powerpoint. Mungkin bagi kalian yang percaya diri dengan kemampuan streaming materi, rasanya hanya buang-buang waktu saja.

Namun, memberi label penjelasan pada bagan / tabel / grafik / materi infografis lainnya akan membuat perbedaan yang signifikan pada presentasi Anda. Anda harus ingat bahwa audiens tidak memahami isi presentasi Anda sebaik Anda. Oleh karena itu, pemahaman Andalah yang perlu diteruskan kepada orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa PowerPoint Penting Bagi Seorang Pembicara

6. Konteks latar belakang yang konsisten

Ketika datang ke latar belakang slide presentasi, banyak ide gila muncul mulai dari sangat baik hingga sangat buruk. Presentasi MS PowerPoint yang baik umumnya menyempurnakan konten slide dengan latar belakang yang tidak mengalihkan perhatian pemirsa dari konten slide atau mengganggu alur presentasi.

Biasanya presenter yang baik hanya menggunakan variasi 2-3 background dan mencocokkannya dengan jenis informasi yang ditampilkan pada slide.

Jika dilakukan secara konsisten dan efisien, audiens akan lebih mudah menebak jenis informasi apa yang ditampilkan, karena pembuat slide telah menghubungkan konten slide dengan latar belakang dengan benar.

Baca Juga :  9 Aplikasi Belajar Mahasiswa Terbaik Yang Wajib Di Miliki, No 5 Wajib di instal

7. Kontras warna

Poin ini berkaitan erat dengan poin 1 dan 3. Jika Anda yakin menggunakan font dan warna tertentu dalam presentasi Anda, Anda harus memastikan bahwa teks yang Anda tampilkan mudah dibaca meskipun memiliki latar belakang yang menarik.

Biasakan meninjau slide Anda satu per satu untuk memastikan semua teks terbaca dengan jelas. Perbaiki bagian teks yang sulit dibaca dengan mengubah font atau membuat kata atau frasa menjadi tebal.

Dengan solusi ini, Anda tidak perlu mengubah latar belakang slide Anda.

8. Gambar berkualitas tinggi

Jangan pernah menggunakan gambar sebagai clip art. Bersyukurlah bahwa MS PowerPoint telah berhenti menggunakan clip art di opsi medianya. Berikut adalah alasan penting mengapa Anda harus menghindari penggunaan clip art dalam presentasi:

  • – kekanak-kanakan
  • – disalahgunakan
  • – Tidak terlihat profesional.
  • – Pilihan yang jauh lebih baik
  • – Orang tidak menganggapmu serius.

Pemberian presentasi dalam MS PowerPoint kini telah memasuki era yang lebih modern dan menarik. Menggunakan clip art pada slide adalah sebuah kemunduran. Anda cukup mampu memberikan desain slide dan presentasi dengan cara yang lebih baik, menggunakan gambar resolusi tinggi berkualitas tinggi. Jika Anda takut akan pelanggaran hak cipta, carilah gambar yang bebas royalti atau gratis.

Tentu saja, keberhasilan atau kegagalan Anda dalam mempresentasikan materi Anda juga dipengaruhi oleh cara Anda mendesain slide MS PowerPoint Anda. Jadi, luangkan waktu untuk mengoreksi presentasi Anda agar lebih segar dan lebih mudah dipahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.