Tips Memilih Kamera DSLR Atau Mirrorless Buat Anda Agar Tidak Salah Pilih

Tips Memilih Kamera DSLR Atau Mirrorless

Beli kamera DSLR atau mirrorless? Pertanyaan ini mungkin sudah lama ada di pikiran Anda. Memang kedua kamera ini saling bersaing sebagai favorit masyarakat, wajar saja jika pemilihannya memakan waktu yang lama.

Setiap jenis kamera memiliki kelebihannya masing-masing. Misalnya, kamera mirrorless memiliki keunggulan desain rumah yang ringkas. Sementara kamera DSLR menawarkan fleksibilitas fungsi yang lebih besar. Manfaat ini bisa menjadi pertimbangan saat membeli kamera DSLR atau mirrorless.

Tips Memilih Kamera DSLR Atau Mirrorless Buat Anda Agar Tidak Salah Pilih

Melihat singkatnya yang ditawarkan, para pelancong lebih memilih kamera mirrorless. Berbeda dengan jenis kamera DSLR yang disukai oleh para pecinta fotografi karena fleksibilitas yang ditawarkannya. Namun sebagai bahan pertimbangan, berikut ini panduan membeli kamera DSLR atau mirrorless.

1. Ukuran dan berat kamera

DSLR cukup besar dan lebih berat daripada kebanyakan kamera mirrorless. Ukurannya sesuai dengan ukuran berbagai lensa dan sangat berguna saat menggunakan lensa besar juga.

Baca Juga :  Pilih Kamera Mirrorless Atau DSLR Begini Cara Mempertimbangkan Sebelum Membeli Kamera Digital

Mirrorless memiliki desain yang lebih kecil dan ramping. Padahal, ini adalah salah satu kelebihan yang disukai banyak orang. Namun, beberapa ukuran lensa mirip dengan DSLR, yang berarti bobot akhir kamera mirrorless tidak jauh berbeda dengan DSLR jika Anda ingin menggunakan lensa besar untuk mencapai hasil tertentu.

2. Pilihan lensa digital

Mirrorless masih relatif baru di pasar kamera digital, membuat pilihan aksesori dan lensa lebih sedikit daripada DSLR. Bagi Anda yang ingin merasakan variasi lensa yang lebih luas dan hasil yang khas, namun ingin beralih ke Mirrorless, sepertinya perlu bersabar beberapa tahun lagi.

Kabar baiknya adalah Olympus dan Panasonic menggunakan jenis media yang sama pada kamera mirrorless mereka. Ini memungkinkan Anda menguji target dari kedua perusahaan secara bersamaan tanpa menggunakan inverter.

Sementara itu, dibandingkan dengan kamera mirrorless, DSLR, yang pertama menonjol di dunia kamera digital, menawarkan lebih banyak pilihan lensa untuk hasil yang hampir tak terbatas.

3. Jendela bidik

DSLR menggunakan jendela bidik optik, yang merupakan hasil asli dari cermin pentaprisma yang dipantulkan dari lensa. Apa yang kita lihat di jendela bidik, semua perubahan kecerahan, fokus, kedalaman bidang, dll., adalah apa yang sebenarnya terjadi dengan lensa. Kejelasan, tampilan alami, dan tanpa jeda adalah keunggulan yang dihargai dari jendela bidik optik.

Baca Juga :  Spesifikasi Dan Harga Kamera Sony Alpha 1, Kamera Mirrorless Full-frame Tercanggih Dari Sony

Meskipun mirrorless menggunakan jendela bidik elektronik, kemungkinan versi lebih kecil dari layar LCD ditemukan di bodi kamera. Melihat melalui jendela bidik, kita akan melihat layar digital penuh dengan informasi tentang foto yang akan dihasilkan dengan pengaturan saat ini.

Namun yang jelas layar kecil di viewfinder tidak memiliki pantulan cahaya, berbeda jika Anda memotret secara langsung.

4. Fokus otomatis

Mirrorless memiliki keunggulan dalam autofokus menggunakan live view. Namun, DSLR lebih unggul untuk melacak objek yang bergerak cepat dalam fokus, selama tidak dalam tampilan langsung.

Saat menggunakan live view pada DSLR, cermin internal harus dilipat untuk mencegah jalur cahaya melewati modul autofokus normal, yaitu autofokus deteksi fase. Hal ini dapat dipertimbangkan saat membeli DSLR atau kamera mirrorless karena DSLR menggunakan sistem fokus otomatis yang lebih lambat seperti deteksi kontras dan fokus otomatis saat menggunakan tampilan langsung.

Namun, kedua jenis kamera ini berkembang dan mendekati keuntungan satu sama lain. Saat ini sudah ada kamera mirrorless yang menggunakan sistem hybrid atau gabungan sistem autofocus dan DSLR yang sudah mulai menanamkan sistem pendeteksi fase langsung pada sensornya.

Baca Juga :  5 Jenis Filter Lensa Buat Hasil Jebretan Foto Lebih Hidup & Artistik

5. Pemotretan terus menerus/Continuous shooting

Dalam hal ini, Mirrorless jauh lebih unggul dari DSLR. Mirrorless berarti ada lebih sedikit bagian yang bergerak di kamera daripada DSLR, yang memiliki bagian fisik yang lebih rumit.

Sementara kamera DSLR unggulan dapat mengambil 14 foto dalam satu detik, kamera Mirrorless dapat mengambil 60 foto dalam satu detik.

6. Tenaga baterai

Secara umum, masa pakai baterai DSLR lebih lama daripada kamera mirrorless. Dengan sekali pengisian daya, DSLR dapat mencapai 600 hingga 800 angka rana, bahkan lebih dari 1000 pada model terbaik.

Mengingat Mirrorless berada di 300-400 tirai sebelum harus memuat ulang.

7. Harga

Dengan jumlah yang sama, Anda bisa mendapatkan kelas DSLR yang lebih baik daripada kelas Mirrorless dengan harga yang sama. Sementara itu, visor Mirrorless biasanya terdapat pada model yang lebih mahal. Kelas mirrorless yang lebih murah umumnya tidak memiliki jendela bidik.

Jadi berdasarkan poin-poin di atas, apakah Anda ingin membeli kamera DSLR atau mirrorless?

Demikian ulasan tips memilih Kamera DSLR Atau Mirrorless Agar Tidak Salah Pilih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.