6 Tips Membuat Password Yang Kuat Dan Aman Untuk Segala Akun Layanan Atau Sosmed

Password adalah kunci untuk dapat mengakses layanan tertentu yang kita miliki. Sama seperti kunci rumah, kita pasti menginginkan kunci dengan kualitas terbaik agar tidak mudah diretas oleh orang yang tidak berkepentingan.

Kata sandinya sama. Semakin kuat kata sandi yang kita buat, semakin sulit bagi orang yang tidak berwenang untuk mengaksesnya.

Sayangnya, masih ada saja orang yang membuat password tanpa berpikir matang, asalkan mudah diingat. Jika kata sandi mudah diingat, seseorang yang dekat dengan Anda atau yang cukup mengenal Anda juga dapat dengan mudah menebak kata sandinya.

6 Tips Membuat Password Yang Kuat Dan Aman Untuk Segala Akun Layanan Atau Sosmed

Selanjutnya kami akan memberikan tips membuat password yang baik agar mudah Anda ingat namun sulit ditebak oleh orang lain, bahkan orang yang dekat dengan Anda.

Baca Juga :  Mari Belajar Tentang Proxy Dan Jenisnya Serta Manfaat Hingga Resiko Menggunakannya

Tips Membuat Password Yang Kuat Dan Aman

1. Jumlah karakter minimal 6

Pada prinsipnya, semakin banyak jumlah karakter dalam kata sandi, semakin kuat kata sandinya. Namun, itu juga berarti bahwa potensi pelupaan lebih besar.

Namun, tetap ada jumlah minimal karakter yang disarankan, yaitu 6 karakter. Hampir semua layanan di Internet telah menetapkan jumlah 6 karakter ini sebagai jumlah minimum karakter untuk kata sandi, sebenarnya ada lebih banyak, misalnya dari 8 hingga 12 karakter.

2. Gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter khusus

Semakin banyak karakter berbeda yang Anda gunakan untuk membuat kata sandi, semakin sulit untuk menebak kata sandinya. Namun, kombinasi ini pun tidak boleh terlalu polos, seperti mengganti kata “true ” dengan “b3n4r ” . Masih relatif dapat diprediksi. Karakter khusus tambahan akan membuat tebakan lebih sulit, misalnya “b3N4r! ” ps

3. Jangan gunakan nama

Jangan gunakan nama sebagai kata sandi, meskipun itu nama pasangan, anak, orang tua, atau bahkan nama kucing rumahan. Password seperti ini akan sangat mudah ditebak oleh orang yang mengenal Anda dan keluarga.

Namun bila digabungkan dengan elemen lain, nama tersebut dapat digunakan sebagai password. Misalnya, jika Anda memiliki kucing bernama Meong yang berwarna coklat dan lahir pada tanggal 12 April, contoh kata sandi yang dapat dibuat adalah “124MeongA52A2A “. Angka 124 mewakili 12 April, sedangkan angka A52A2A mewakili kode HTML untuk warna coklat.

Baca Juga :  Cara Melihat Kata Sandi WiFi Di PC Dan Smartphone Anda

4. Jangan menggunakan nomor telepon/pengidentifikasi

Password yang hanya berisi kombinasi angka relatif sulit ditebak orang lain, namun risiko lupa juga cukup tinggi. Oleh karena itu, harus dikombinasikan dengan hal-hal lain.

Jangan membuat password dengan angka-angka seperti tanggal lahir, nomor handphone, nomor rumah, nomor KTP, dan lain-lain, kecuali jika angka-angka tersebut digabungkan satu sama lain atau digabungkan dengan elemen lain, seperti poin nomor 3.

5. Jangan menggunakan kata-kata yang ada di kamus

Password berupa kata-kata dalam kamus merupakan password yang lemah karena relatif mudah ditebak, apalagi jika penulis yang ingin membobol password tersebut menggunakan bantuan program komputer karena database program-program tersebut biasanya mengambilnya dari kamus.

Namun, jika kata-kata dari kamus digabungkan menjadi sebuah kalimat, apalagi jika ditambah dengan kombinasi angka dan huruf, hasilnya akan cukup padat.

Baca Juga :  Kenali Virus Ransomware LockBit Dan Cara melindungi Gadget dari LockBit Ransomware

Kalimat yang dirantai juga harus kalimat yang tidak bermakna, misalnya “goatflying% “. Kata sandi “SayaCintakamu “, meskipun berupa frasa, tidak baik karena frasa tersebut terlalu populer.

6. Gunakan template tertentu

Gunakan pola yang spesifik dan konsisten saat membuat kata sandi. Selain itu, hampir pasti kita harus membuat banyak kata sandi untuk menggunakan layanan di Internet, sehingga semua kata sandi dibuat sesuai dengan pola yang telah ditentukan.

Misalnya, model berikut digunakan:

plakat 3 huruf + nomor rumah oktal (basis 8) + nama pahlawan super favorit Anda + bulan lahir

Misal plat nomor mobil anda memiliki akhiran XYX, maka nomor rumah anda adalah 16, diubah menjadi 20 (oktal), jadi bulan lahir anda adalah Maret, ubah menjadi 03. Dengan model di atas, password anda dapat dibuat contohnya adalah:

Daftar password di atas masih bisa bertambah karena stok nama superhero masih sangat banyak.

Berdasarkan enam tips di atas, apakah password Anda cukup kuat? Jangan lupa untuk mengelola kata sandi Anda dengan aplikasi pihak ketiga, terutama jika Anda memiliki banyak akun layanan dan jejaring sosial di Internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.