Wajib Dilakukan 7 Tips Investasi Barang Antik Agar Menguntungkan & Tidak Rugi

Tips Investasi Barang Antik Agar Menguntungkan

Mengumpulkan barang antik memberi beberapa orang kepuasan. Jika Anda termasuk orang yang suka mengoleksi barang antik, hobi Anda bisa menjadi sarana investasi untuk masa depan.

Seiring waktu, barang antik bisa menjadi investasi yang berharga. Kolektor akan mencari barang antik yang memiliki nilai sejarah dan terbatas jumlahnya agar bernilai tinggi.

Namun biasanya Anda harus menunggu dengan sabar karena butuh waktu untuk menaikkan nilai barang antik tersebut.

Wajib Dilakukan 7 Tips Investasi Barang Antik Agar Menguntungkan & Tidak Rugi

1. Produk harus asli

Salah satu kunci utama sebuah koleksi barang antik adalah keaslian dari benda-benda yang dimiliki. Artinya, Anda perlu mengetahui dari mana barang tersebut berasal, kualitas barang yang Anda miliki, dan riwayat barang tersebut. Misalnya, jika barang antik yang Anda miliki menggunakan kayu berkualitas tinggi seperti jati, harganya juga bisa tinggi.

Baca Juga :  Situs Belajar Aset Kripto Dan Blockchain TokoScholar Untuk Pemula

2. Semakin tua barang akan semakin mahal

Jika Anda memiliki kenang-kenangan nenek atau kakek di rumah, jangan buru-buru menyimpannya. Harap pertimbangkan baik-baik apakah barang tersebut termasuk dalam kategori barang antik.

Anda dapat memeriksanya di internet. Misalnya, keris warisan kakek bisa menjadi barang incaran para kolektor. Biasanya, semakin tua barang antik Anda, semakin mahal harganya.

Selain itu, barang antik yang memiliki nilai sejarah dan jumlahnya terbatas akan bernilai tinggi dan akan menjadi incaran para kolektor.

3. Investasi barang antik Butuh modal besar

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi barang antik, Anda perlu menyiapkan dana yang cukup besar. Hal ini karena pedagang barang antik atau balai lelang yang menerima penjualan mebel antik Anda akan membutuhkan sebagian dari hasil lelang/penjualan mebel antik. Tak heran, harga jualnya bisa dinaikkan dari 25% menjadi 30%.

Baca Juga :  Berikut Ide Bisnis Penyewaan Yang Lebih Menguntungkan Dan Menjanjikan Di Tahun 2022

4. Tahu nilai harga pasaran barang antik

Jika Anda berencana untuk membangun koleksi barang antik sebagai alat investasi, Anda harus mulai memikirkan nilai barang antik. Akan terlalu berisiko untuk menghabiskan waktu dengan barang antik tanpa mengetahui nilainya.

Bisa jadi barang antik yang Anda pegang dengan sepenuh hati menjadi tidak berguna atau harganya sudah fix. Tentu saja itu memalukan, bukan?

5. Biaya perawatan barang sama dengan biaya investasi

Mengumpulkan barang antik tentu membutuhkan perhatian agar tidak cepat rusak. Karena jika rusak, nilai barang antik tersebut bisa berkurang. Masalahnya adalah jika biaya perawatan Anda terlalu tinggi, alih-alih menghasilkan keuntungan, Anda bisa mati.

6. Jumlah barang antik sangat terbatas

Ada juga barang antik yang sangat berharga karena sudah tidak diproduksi lagi, pabrik sudah tutup atau edisi terbatas. Barang antik yang termasuk dalam kategori ini tentunya akan memiliki nilai jual yang tinggi karena jumlahnya yang terbatas.

Harganya naik karena banyak orang yang memperebutkannya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui nilai barang antik sejak awal. Selain itu, pantau juga pergerakan nilai aset tersebut. Nah, untuk melacak pergerakan barang antik, Anda bisa melakukannya melalui balai lelang barang antik.

Baca Juga :  10 Cara Mudah Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pemula Dengan Android Dan PC

7. Lihai dalam menjual barang antik

Hal lain yang tidak kalah penting saat berinvestasi barang antik adalah menjualnya. Dalam hal ini, Anda dapat menghubungi rumah lelang atau kurator khusus dalam pengelolaan barang antik.

Tujuannya tidak lebih dari untuk mendapatkan laba atas investasi yang tinggi di properti barang antik Anda. Mereka biasanya akan menunggu waktu yang tepat untuk menempatkan barang antik untuk dilelang. Terkadang ada prasyarat sebelum barang antik dilelang.

Wajib Dilakukan 7 Tips Investasi Barang Antik Agar Menguntungkan & Tidak Rugi

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.