7 Tips Aman Belanja Online Dengan Kartu Kredit Untuk Pemula

Belanja online akan lebih murah dengan kartu kredit. Sayangnya, fasilitas ini terkendala dengan banyaknya kasus penipuan kartu kredit yang sangat merugikan masyarakat.

Beberapa kasus pelanggaran ini muncul setelah munculnya tagihan kartu kredit yang meningkat, meskipun kartu kredit belum digunakan. Oleh karena itu, Anda memerlukan tips cara menggunakan kartu kredit agar tetap aman, terutama saat berbelanja online.

Agar pembelian kartu kredit menjadi lebih aman, keamanan data pribadi sangatlah penting. Selain itu, Anda juga harus bisa secara fisik memegang kartu kredit Anda agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

7 Tips Aman Belanja Online Dengan Kartu Kredit Untuk Pemula

Meskipun saat ini disarankan untuk menggunakan kode PIN untuk transaksi kartu kredit, banyak pedagang dan toko online tidak mewajibkan penggunaan kode PIN untuk transaksi. Simak tips keamanan penggunaan kartu kredit berikut ini.

Baca Juga :  Link Download Aplikasi Cek Bantuan Pemerintah Terbaru

Tips Aman Belanja Online Dengan Kartu Kredit

1. Jangan memberikan informasi data keuangan pribadi melalui telepon atau email

Saat Anda berbelanja online, Anda akan diminta untuk setidaknya empat informasi: nomor kartu kredit, kode keamanan kartu, tanggal kedaluwarsa kartu, dan alamat pengiriman.

Oleh karena itu, jika Anda menerima permintaan telepon atau email selain dari keempat data tersebut, akan lebih mudah jika Anda tidak perlu menanggapi dan memberikan data yang diminta.

Harap dicatat bahwa perusahaan tidak akan meminta informasi ini melalui telepon atau email.

2. Hati-hati dan teliti saat menggunakan kartu kredit

Periksa penggunaan kartu kredit Anda dengan meninjau faktur kartu kredit dan tanda terima pembelian Anda. Setidaknya bisa membuat Anda langsung bertindak saat terjadi kejahatan kartu kredit.

Jika Anda memiliki masalah, hubungi perusahaan kartu kredit Anda segera. Cari tahu tentang kejahatan sesegera mungkin, jauh lebih baik daripada nanti, sebelum kerugian meningkat.

Baca Juga :  8+ Cara Menghindari Jebakan Utang Kartu Kredit Agar Terhidar Darri Masalah

3. Tanya info tentang penjualnya

Ini benar, sebenarnya, untuk pembelian online melalui transfer bank atau kartu kredit. Memang hal ini penting karena penjual yang kredibel akan terlihat dari testimoni atau rate yang diberikan oleh pelanggan lain.

Untuk itu perhatikan keluhan yang masuk, apakah ada keluhan tentang kartu kredit atau bagaimana respon penjual terhadap calon pembeli. Jika Anda bahkan tidak dapat menemukan apa pun di penjual, Anda harus berhenti membeli.

Jangan tergiur dengan promosi jika tidak mengetahui informasi penjual. Pilih promosi yang aman dan menguntungkan dari penjual terpercaya.

4. Gunakan hanya satu kartu kredit

Tidak ada yang melarang Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit. Namun, ketika Anda menggunakannya untuk pembelian online, Anda hanya perlu menggunakan kartu kredit. Tujuannya agar lebih mudah mendeteksi adanya pencurian atau kejahatan kartu kredit.

5. Manfaatkan fungsi peringatan perusahaan kartu kredit

Jika bisnis Anda memiliki fitur peringatan, Anda harus menggunakannya. Fitur ini akan secara otomatis mengirimkan informasi tentang aktivitas tidak wajar yang berlaku pada kartu kredit Anda, langsung ke ponsel atau email Anda sehingga jika ada hal yang mencurigakan, Anda dapat segera mengambil tindakan lebih lanjut.

Baca Juga :  6 Aplikasi Authenticator Terbaik untuk 2FA dan Keamanan Akun yang Ditingkatkan

6. Jangan membayar tagihan secara online di tempat umum

Selama ada Wi-Fi, bayar tagihan dulu, ah. Bahkan, itu bisa menyakitimu. Kecuali Anda yakin Wi-Fi di area tersebut aman dan tidak bisa ditipu oleh scammer kartu kredit. Tetapi jika tidak, Anda harus menunggu dan memilih tempat lain yang lebih aman.

7. Lengkapi komputer Anda dengan antivirus

Khusus untuk anda yang sering bertransaksi online melalui e-banking, anda perlu melengkapi komputer anda dengan software antivirus.

Semuanya dilakukan hanya sebagai tindakan pencegahan, melindungi identitas Anda dari peretas atau keyloggers sehingga identitas kartu kredit yang Anda masukkan melalui jaringan dapat tetap terlindungi.

Sekarang Anda tahu rahasia belanja online menggunakan kartu kredit dengan aman, bukan? Pembelian yang bagus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.