4 Tipe Standar Lighting Kamera Yang Bisa Kamu Pilih Untuk Kebutuhan Fotografi Anda

Tipe Standar Lighting Kamera Yang Bisa Kamu Pilih

Bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer, ada kalanya Anda akan menjumpai situasi yang membutuhkan pencahayaan tambahan agar foto yang dihasilkan terlihat lebih profesional.

Meskipun cahaya yang tersedia seringkali dapat digunakan untuk menghasilkan foto berkualitas, pencahayaan yang proporsional dan jelas proporsional diperlukan dalam kondisi tertentu.

Nah, sebagai permulaan tentu akan sulit untuk menentukan lampu studio atau kamera mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

TipsSeo akan membahas 4 Tipe Standar Lighting Kamera Yang Bisa Kamu Pilih Untuk Kebutuhan Fotografi Anda.

Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Speedlight Lighting Kit

Seperti namanya, Anda mungkin sudah sering melihat lampu studio ini. Pengoperasiannya juga sama dengan flash kamera standar, baik eksternal maupun internal.

Lampu kilat memancarkan cahaya segera setelah tombol rana ditekan. Perbedaannya adalah Anda dapat menggunakan flash ini dari jarak jauh dan menginstalnya di tempat lain, dan memiliki kecepatan yang lebih cepat daripada flash standar.

Baca Juga :  7+ Cara Merawat Kamera Mirrorless Yang Benar Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Selain itu, lampu studio ini juga dapat ditambahkan dengan softbox atau lampu payung untuk meratakan cahaya pada permukaan objek yang ingin dipotret.

Pencahayaan kamera ini juga sangat praktis dalam hal pemasangan. Anda hanya perlu memasangnya di tripod dan membawanya dalam tas. Jadi jangan heran bahwa jenis pencahayaan ini banyak digunakan oleh fotografer amatir dan profesional yang mencari fleksibilitas.

Cocok untuk foto: pre-wedding, pernikahan, produk dan olahraga.

2. Continuous Lighting Kit

Bagi Anda yang lebih fokus pada video daripada foto, lampu studio ini sangat cocok untuk Anda. Pengoperasian lampu studio ini berbeda dengan lampu kilat sebelumnya. Seperti namanya, lampu ini akan terus menyala untuk menerangi objek.

Jadi keuntungan yang jelas adalah Anda dapat melihat pencahayaan sebelum memotret. Lampu kamera ini cocok untuk pemula yang masih mengutak-atik pencahayaan.

Secara umum, ada tiga jenis lampu yang bisa Anda pilih untuk penerangan studio ini, yaitu lampu fluorescent, tungsten dan LED. LED mungkin merupakan pilihan terbaik, tetapi harganya sedikit lebih mahal daripada lampu neon yang lebih umum, sementara tungsten memanas lebih cepat.

Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Kamera GoPro Hero 10 Black Prosesor Baru & Fitur Lebih Canggih

Saran kami adalah memilih pencahayaan terus menerus dengan daya yang dapat disesuaikan. Dengan cara ini Anda dapat mengatur tingkat kecerahan cahaya, Anda tidak perlu membeli banyak lampu.

Cocok untuk foto: lukisan alam benda, produk, dan video.

3. Monolight Strobe Lighting

Anda mungkin sering mendengar istilah stroboscope. Lampu strobo pada dasarnya adalah flash, tetapi dapat digunakan di luar ruangan atau di luar sepatu Anda dan ditempatkan di lokasi yang berbeda dari kamera. Salah satu tujuannya adalah untuk membuat foto lebih dimensional ketika disinari dari sudut tertentu.

Nah, monolight adalah unit strobo, reflektor dan unit braket. Salah satu kelebihan lampu tunggal adalah tidak perlunya catu daya tambahan karena semua sudah tersedia di masing-masing lampu.

Pilih lampu strobo 150 watt atau lebih tinggi agar cahaya yang dihasilkan cukup terang untuk foto Anda. Monolight cocok untuk pencahayaan studio atau bahkan dibawa untuk beberapa fotografi outdoor.

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Action Kamera Dari China Harga Murah Yang Terjangkau Namun Canggih

Cocok untuk foto: model, produk.

4. Lighting Kamera DIY

Jika Anda masih pemula dan budget belum mencukupi, Anda bisa membuat sendiri pencahayaan kamera terlebih dahulu sambil mempelajari pengaturan pencahayaan untuk menghasilkan foto yang impresif.

Ada banyak cara untuk melakukan ini, salah satunya adalah dengan menggunakan lampu dan kertas putih sebagai diffuser. Anda dapat mempelajari caranya di Youtube.

Ingat, anggaran pasti ada batasnya, tapi kreativitas hanyalah batasnya.

Demikian 4 Tipe Standar Lighting Kamera Yang Bisa Kamu Pilih Untuk Kebutuhan Fotografi Anda

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai pencahayaan studio atau kamera yang lebih umum digunakan. Sudahkah Anda memilih flash kamera terbaik untuk Anda?

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.