Inilah 6+ Sungai Terelok Di Indonesia Yang Pasti Akan Memukau Hati Anda.

Salah satu keindahan alam Indonesia adalah sungai. Tentu saja, ada sejumlah sungai yang menjadi tujuan wisata. Karena panoramanya kerap memesona hati para wisatawan.

Inilah 6+ Sungai Terelok Di Indonesia Yang Pasti Akan Memukau Hati Anda.

Sungai Terelok Di Indonesia

Selain hutan, gunung dan lautan, ada banyak sungai indah di Indonesia. Tentu saja, kecantikan termanifestasi saat melakukan aktivitas seperti berselancar atau eksplorasi. Inilah tujuh sungai terindah di Indonesia yang pasti akan memukau hati Anda.

1. Sungai Kampar teluk Mearnti Riau

Jika Anda suka berselancar, Anda tidak selalu harus menemukan pantai. Sungai Kampar di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau menawarkan ombak pantai yang bisa Anda manfaatkan untuk berselancar.

Fenomena ombak di sungai yang indah ini jarang terjadi. Gelombang terbentuk oleh pertemuan arus sungai dengan arus laut. Dari sana, ombak muncul menuju muara sungai. Ombak yang disebut Gelombang Bono cukup tinggi, panjang dan tidak terputus. Ada yang bilang Gelombang Bono ini adalah gelombang terbesar kedua di dunia.

Tingginya mencapai 6-10 meter, dengan panjang 42 kilometer, dan memiliki kecepatan hingga 40-60 km/jam. Itu sebabnya ombak Bono sangat bagus dan dicari oleh para peselancar di seluruh dunia.

2. Sungai arut Kalimantan Tengah

Terletak di Pangkalan Bin, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, jika telah diubah menjadi dasar vida de la comunidad sekitarnya. Porque, el río adalah tujuan wisata di luar sungai. Keindahan sungai Arut jika puede apreciar mejor ke final de la tarde. Menggunakan bote, los turistas encontrarán una hermosa puesta de sol aquí.

Baca Juga :  7 Keajaiban Dunia Yang Dipilih Secara Voting Oleh Orang Di Seluruh Dunia

Sungai Arut akan diterangi oleh lampu-lampu kota tepi sungai saat matahari mulai terbenam. Pemandangan itu membuat warga sekitar menamakan tempat tinggalnya Kampung Pelangi. Karena lampu di gang-gang kota berwarna-warni seperti motif pelangi.

Jika ke sana, Anda bisa melakukan aktivitas menggunakan getek, perahu kayu yang disewa oleh penduduk setempat. Sekali jalan, biayanya hanya 10 lakh. Anda akan diajak berpetualang menyusuri sungai sejauh kurang lebih dua kilometer menggunakan getek.

3. Sungai Maron Pacitan – Jatim

Sungai ini merupakan objek wisata populer di Pacitan, Jawa Timur. Dibuka sejak 2012, tempat wisata ini menawarkan pemandangan indah di kedua sisi sungai.

Warna air sungainya hijau kebiruan karena pantulan cahaya dari pepohonan yang rimbun. Di tepi kiri dan kanan sungai, pepohonan tampak hijau. Makanya banyak wisatawan yang memberi julukan baru, yaitu “Green Canyon ” Pacitan.

Sungai dengan kedalaman hingga 20 meter ini merupakan surga tersembunyi di Jawa Timur. Sejauh mata memandang, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang tenang dan rindang. Wisatawan akan disarankan untuk menyeberangi sungai sejauh 4,5 km dengan perahu. Keberadaan hutan hujan yang rindang di dekat sungai membuat sungai ini menghadirkan nuansa petualangan Amazon.

4. Sungai Cukang Taneuh Jabar

Jika Anda pecinta trekking, camping atau berperahu, Anda wajib mengunjungi tempat wisata yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata Di Salatiga Yang Lagi Hits Dan Populer Cocok Untuk Referensi Liburan Bersama Keluarga

Begitu Anda tiba, Anda akan disambut oleh deretan perahu kayu yang disebut ketintings yang berjejer di tepi sungai. Perahu akan membawa wisatawan menyusuri sungai, membelah air hijau jernih dan menciptakan ombak kecil di kedua sisi.

Berjalan menyusuri sungai, wisatawan akan disambut oleh hijaunya pepohonan di sepanjang tepian sungai. Selain itu, ada juga goa yang memiliki air terjun yang tidak luput dari pandangan mata. Terkadang wisatawan juga akan menjumpai ular atau cicak yang melompat ke sungai atau muncul ke permukaan.

Untuk urusan air sungai, tidak ada alasan untuk ragu. Airnya sangat bersih dan jernih. Anda pasti tidak akan terkejut dengan serunya menyusuri sungai di Cukang Taneuh.

5. Sungai Tamborasi SulTeng

Sungai ini merupakan sungai terpendek di dunia. Terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, sungai ini hanya memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar 15 meter.

Namun, hal ini sama sekali tidak mengurangi daya pikat keindahan alam Sungai Tamborasi. Airnya berwarna hijau muda. Hulu dan hilir berada di tempat yang sama. Gunung ini hanya berjarak 20 meter dari sungai yang mengalir langsung ke laut.

Satu sisi sungai ditumbuhi pepohonan rindang, sedangkan sisi lainnya berbatasan langsung dengan pantai berpasir dan Tamborasi. Satu-satunya yang ada adalah air sungainya sejuk dan segar, tetapi air pantainya sebenarnya hangat.

Dengan begitu, jika Anda berwisata ke Sungai Tamborasi, Anda akan mendapatkan dua objek wisata sekaligus, yaitu sungai dan pantai. Anda dapat menikmati semuanya secara bersamaan.

Baca Juga :  5 Tempat Destinasi Wisata Balon Udara Di Indonesia Yang Pemandangannya Menakjubkan!

6. Sungai Musi

Berbicara tentang sungai terindah, tentu tidak sebanding jika tidak menyertakan sungai Musi. Musi merupakan sungai yang menjadi tumpuan perekonomian Sumatera Selatan khususnya kota Palembang.

Sungai ini sangat istimewa di malam hari. Bukan hanya karena jembatan Ampera yang dibanjiri cahaya, tetapi karena banyak kapal dan speedboat dengan sedikit kerlap-kerlip lampu yang membuat kesan menarik.

Juga, ada restoran terapung di tepi sungai, yang merupakan tempat paling menyenangkan dan romantis untuk mengagumi pemandangan indah Sungai Musi. Pastinya tidak ada yang siap melewatkan momen ini.

7. Sungai Bawah Tanah Goa Pindul

Terakhir, bayangkan sebuah sungai di bawah gua. Lalu turun ke sungai. Apa yang kamu lakukan? Tentu saja, itu akan dimuat dan hangat. Namun, itu akan memberikan nuansa unik tersendiri. Juga, jika niat Anda adalah untuk mengalami petualangan dan menjelajahi sungai dan gua.

Ya, pengalaman ini bisa kamu dapatkan di Gua Pindul, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini, Anda akan merasa dibawa ke dunia lain.

Saat Anda berada di sungai, Anda akan mendengar gemericik air dan saat Anda bermandikan cahaya. Perasaan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Inilah 6+ Sungai Terelok Di Indonesia Yang Pasti Akan Memukau Hati Anda.

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.