Inilah 7 Sumber Daya Alam Terbarukan Dan Manfaatnya Bagi Manusia

Sumber Daya Alam Terbarukan Dan Manfaatnya

Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan semakin hari semakin meningkat seiring dengan banyaknya permasalahan alam di dunia dan di Indonesia. Kita perlu memahami sumber daya alam apa yang perlu kita lestarikan.

Ada dua jenis sumber daya alam: sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya tak terbarukan sudah dikenal luas. Beberapa di antaranya adalah minyak mentah, batu bara, dan timah.

Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui sumber daya alam terbarukan. Memang, sumber daya ada di sekitar kita.

Inilah 7 Sumber Daya Alam Terbarukan Dan Manfaatnya

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya yang terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi secara berlebihan. Sumber daya ini memiliki kemampuan untuk meregenerasi dirinya sendiri. Namun, meski jumlahnya melimpah, bukan berarti sumber daya ini bisa dimanfaatkan. Pemanfaatannya harus dijaga agar cukup berkelanjutan.

Berikut ini adalah beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

1. Udara

Sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui, air sangat penting bagi manusia. Tanpa air, manusia tidak dapat hidup.

Baca Juga :  Berikut 5 Desa Terbersih Di Dunia Salah Satunya Berada Di Indonesia

Oleh karena itu, air harus disimpan dan dipelihara. Tidak hanya agar dapat terus eksis, tetapi juga berkualitas dan mudah digunakan seumur hidup.

Air memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mandi dan mencuci, sebagai pembangkit listrik, untuk keperluan pertanian, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan lainnya. .

2. Angin

Angin adalah udara yang bergerak karena perbedaan tekanan atmosfer dan rotasi bumi. Angin bergerak dari suhu rendah ke suhu tinggi atau bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Kapasitas angin tidak akan pernah habis.

Angin memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain pembangkit listrik, penggerak perahu nelayan, penunjang perjalanan udara, pertanian, dan keperluan lainnya.

3. Tanah

Tanah adalah bagian dari kerak bumi yang terdiri dari mineral dan bahan organik. Fungsi tanah sangat penting bagi makhluk hidup, baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan.

Tanah juga penting sebagai penyangga kehidupan makhluk hidup dan keseimbangan alam.

Bumi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain pemanfaatannya sebagai lahan pertanian, sebagai bahan baku produksi dan peralatan rumah tangga, sebagai sumber air sumur, dan lain-lain.

Baca Juga :  Inilah 6+ Sungai Terelok Di Indonesia Yang Pasti Akan Memukau Hati Anda.

4. Hewan

Hewan adalah organisme eukariotik multiseluler yang membentuk kerajaan biologis animalia. Ada banyak jenis hewan diantaranya mamalia, serangga, burung, ikan, amfibi, reptil dan lain-lain.

Beberapa manfaat hewan bagi kehidupan manusia antara lain sebagai sumber makanan, sebagai sumber penghidupan ternak, tambak dan berburu, sebagai sumber sandang, sebagai alat transportasi, dan lain-lain.

5. Tanaman

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang berbeda dengan manusia dan hewan. Dalam biologi, tumbuhan adalah organisme eukariotik multiseluler yang termasuk ke dalam tumbuhan, termasuk beberapa clades seperti tumbuhan berbunga, tumbuhan berbiji, paku-pakuan, lumut, dan ganggang hijau.

Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain sebagai penghasil oksigen bagi kehidupan, untuk makanan, untuk pendingin udara, untuk bahan bangunan, untuk pakaian, untuk kebutuhan medis, untuk menjaga keseimbangan alam dan lain-lain.

6. Batu

Batuan adalah benda padat atau padat yang secara alami tersusun dari mineral dan/atau mineraloid. Lapisan luar padat bumi, litosfer, terdiri dari batuan.

Ada banyak sekali jenis batuan dengan berbagai bentuk, warna, fungsi dan karakteristiknya.

Baca Juga :  Mau Berlibur? Berikut 5+ Wisata Desa Di Jawa Tengah Yang Layak Di Kunjungi

Batu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain bahan bangunan, keperluan bangunan, bahan interior ruangan, penambah energi, keperluan sanitasi, pondasi industri bahan bangunan, dll. Konstruksi dan lain-lain.

7. matahari

Matahari merupakan bintang di pusat tata surya yang berbentuk hampir bulat dan tersusun dari plasma panas yang bercampur dengan medan magnet.

Fungsi matahari sangat penting bagi keseimbangan alam dan bagi makhluk hidup, baik itu sinar matahari, sinar matahari maupun energi matahari.

Energi matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain sebagai sumber energi yang tidak terbatas, sebagai pembangkit listrik, sebagai penerangan alami, membantu proses fotosintesis tanaman, membantu proses pengeringan, menjaga kesehatan tubuh dan lain-lain.

Ini adalah contoh sumber daya alam terbarukan. Semoga dengan mengetahui contoh-contoh ini kita bisa menjaganya.

Demikian artikel Inilah 7 Sumber Daya Alam Terbarukan Dan Manfaatnya Bagi Manusia

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.