Kenali 5 Alasan Dan Solusi Untuk Memperbaiki Jaringan WiFi Yang Menurun

Solusi Untuk Memperbaiki Jaringan WiFi Yang Menurun
Siapa di antara Anda yang tidak punya hari tanpa koneksi WiFi? Sepertinya hampir semua orang membutuhkan jaringan ini, terutama untuk kebutuhan WFH atau SFH.

Tahukah Anda bagaimana perasaan Anda ketika koneksi Wi-Fi yang biasa Anda gunakan tiba-tiba terputus atau Anda bahkan tidak dapat terhubung dengan benar ke perangkat Anda? Daripada mengeluh, ada baiknya untuk mencari tahu apa yang menyebabkan jaringan WiFi terputus.

Berikut adalah 2 alasan dan solusi untuk memperbaiki jaringan WiFi yang menurun.

1. Jaringan radio Wi-Fi terputus

– Sinyal radio dari berbagai perangkat elektronik di rumah atau di sekitar router dapat mengganggu sinyal jaringan WiFi. Sering kali, barang-barang elektronik yang bahkan tidak Anda sadari dapat mengganggu kesenangan Anda saat menjelajah Internet.

Barang-barang elektronik ini dapat berupa telepon nirkabel, perangkat dengan konektivitas Bluetooth, pembuka pintu garasi otomatis, dan oven microwave. Item ini dapat mengganggu sinyal radio Wi-Fi saat diaktifkan atau digunakan.

Solusi: Sama seperti berurusan dengan dua hewan yang tidak akur, pisahkan mereka. Cara lain adalah dengan mengubah beberapa pengaturan radio dari jaringan WiFi untuk menghindari masalah ini.

Baca Juga :  Cara Terbaru Akun WhatsApp Agar Tidak Dibajak, Dijamin Work 100% Berhasil

– Sinyal WiFi dapat memengaruhi perangkat keras juga. Misalnya, letakkan router WiFi di luar ruangan. Nah, sinyal WiFi bisa berisik atau malah drop saat di dalam kamar. Kekuatan sinyal akan berkurang karena terhalang oleh dinding beton.

Solusi: Tempatkan router Wi-Fi di luar ruangan, tanpa hambatan. Saya yakin sinyalnya akan tetap kuat.

2. Daya atau jarak jaringan Wi-Fi

– Setelah jauh dari gangguan perangkat lain, perangkat masih menerima sinyal WiFi yang lemah. Kemungkinan kedua adalah masalah daya dan jarak dari router. Perangkat yang digunakan untuk terhubung ke WiFi terlalu jauh dari sumber WiFi atau bahkan dalam beberapa kasus mungkin perangkat terlalu dekat dengan router.

Solusi: Stabilitas jaringan Wi-Fi sangat bergantung pada kondisi jarak. Ini seperti hubungan romantis, terlalu jauh dibatasi oleh keinginan, terlalu dekat mudah bosan. Memindahkan lokasi laptop atau komputer Anda dapat menjadi solusi yang mudah, tetapi itu tidak selalu merupakan solusi yang tepat.

Cara lain adalah dengan mengupgrade antena router . Item baru umumnya memiliki kualitas yang lebih dapat diandalkan. Jika masih tidak berfungsi, periksa masa garansi dan terus ganti dengan barang baru selama mungkin.

Anda juga dapat membeli WiFi extender, dengan alat jenis ini Anda dapat memperpanjang koneksi WiFi Anda di mana pun Anda inginkan.

3. Jaringan kelebihan beban

Kelebihan apa pun benar-benar tidak disarankan. Begitu juga dengan jaringan WiFi. Setiap jaringan WiFi memiliki bandwidth terbatas. Ketika bandwidth ini mencapai batas maksimumnya, koneksi akan melambat atau bahkan terputus di tengah jalan. Bahkan jika itu menyenangkan untuk berlayar. Ini akan terjadi jika jaringan Wi-Fi Anda terhubung ke sejumlah perangkat yang melebihi batas kapasitas.

Baca Juga :  Cara Update Browser Google Chrome Dengan Mudah Untuk Perbaiki Bug Terbaru 2022

Solusi: Matikan semua perangkat yang menggunakan Wi-Fi saat tidak digunakan. Periksa apakah ada yang mengunduh sesuatu dengan program intensif bandwidth. Cara lain yang lebih kejam adalah dengan diam-diam mengubah kata sandi Wi-Fi ketika terlalu banyak orang mengakses jaringan Wi-Fi.

Biasanya lebih dari 5 perangkat dapat mengakses router WiFi. Jika Anda menemukan banyak perangkat yang terhubung ke router, kecepatan biasanya akan berkurang.

Anda dapat melihat siapa yang terhubung ke router WiFi melalui halaman administrasi router. Biasanya, halaman dapat dilihat di alamat IP 192.168.1.1, tergantung pada jenis router. Anda dapat melihat alamat IP yang tepat di manual router WiFi yang disertakan dalam paket penjualan.

Jika ada perangkat yang tidak dikenal, segera mulai matikan.

4. Perlu memperbarui driver jaringan atau firmware

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi menggunakan perangkat lunak kecil yang disebut driver perangkat. Sedangkan perangkat router biasanya disebut firmware. Kedua program ini mungkin kedaluwarsa dan perlu diperbarui untuk meningkatkan perolehan atau transmisi sinyal WiFi.

Solusi: Jangan ragu jika Windows atau Mac Anda memerlukan pembaruan perangkat lunak. Juga, jika ponsel cerdas atau router Anda memerlukan pembaruan tertentu. Paket pembaruan ini mungkin menyertakan perbaikan firmware atau driver perangkat yang dapat mengatasi masalah koneksi WiFi yang lambat ini.

Baca Juga :  8 Step Untuk Menginstal Router WiFi Di Rumah Yang Bisa Dilakukan Sendiri Dengan Mudah

5. Tidak sengaja terhubung ke jaringan yang salah

Koneksi yang buruk tidak hanya dapat terjadi pada jaringan telepon, tetapi koneksi WiFi juga dapat mengalami hal yang sama. Apalagi jika jaringan WiFi yang tersedia memiliki nama SSID yang sama. Perangkat Anda mungkin terhubung ke jaringan yang salah tanpa sepengetahuan Anda. Sederhananya, jika alamat rumah Anda salah, pemilik rumah juga akan menolak Anda masuk. “Maaf, Anda mencari siapa? ” »

Solusi: Mode “Always connected ” memang nyaman, namun tidak ada salahnya untuk selalu memeriksa prosedur keamanan dengan benar untuk memastikan komputer atau perangkat terhubung ke jaringan yang diinginkan.

Ok, solusi yang akan disajikan di bawah ini tidak ada hubungannya dengan masalah di atas, tetapi semoga dapat membantu Anda memperkuat koneksi WiFi Anda.

Demikian 5 alasan dan solusi untuk memperbaiki jaringan WiFi yang menurun

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.