13+ Software Wajib Install Di PC Dan Laptop Untuk Membantu Aktivitas Anda

Software Wajib Install Di PC Dan Laptop

Anda dapat menggunakan PC yang baru dirakit atau laptop yang baru dibeli, tetapi biasanya tidak ada aplikasi atau perangkat lunak penting untuk memastikan kelancaran aktivitas bisnis dan hiburan.

Sistem operasi Windows biasanya dilengkapi dengan aplikasi bawaan tetapi tidak menyertakan aplikasi yang diperlukan seperti browser, pengelola file, pemutar media, pengolah dokumen, dll.

13+ Software Wajib Install Di PC Dan Laptop Untuk Membantu Aktivitas Anda

Aplikasi Wahib diinstal di Windows

1. Software Peramban: Google Chrome

Rekomendasi ini jelas merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh pengguna PC atau laptop baru. Untuk beberapa alasan, browser Internet Explorer atau Microsoft Edge dianggap hilang untuk pengguna Windows, karena banyak orang mengunduh Google Chrome sejak hari pertama mereka menyalakan PC atau laptop baru.

Untuk mengunduh Google Chrome, kunjungi tautan ini.

2. Software Peramban Internet: Microsoft Edge

Internet Explorer, browser web Microsoft, tidak terlalu populer karena berat dan menghabiskan banyak memori. Oleh karena itu, aplikasi ini biasanya langsung dihapus setelah digunakan untuk mengunduh browser lain.

Menariknya, Microsoft Edge memiliki kualitas yang jauh lebih baik, kami juga dapat mengatakan bahwa ini adalah salah satu browser terbaik yang tersedia saat ini. Ringan untuk dijalankan, tidak memakan banyak memori, dan tentunya tidak menguras banyak baterai laptop.

Baca Juga :  7 Penyebab Laptop Lemot Dan Solusi Mengatasinya Agar Performa Kencang Kembali

Selain itu, Microsoft Edge memiliki berbagai fitur tambahan yang hebat. Salah satunya memungkinkan browser menjalankan fungsi Dolby Vision. Fitur ini tidak tersedia di Google Chrome.

3. Software Manajer file: WinRAR

File .rar adalah salah satu file terkompresi yang paling populer, setelah .zip, .7z, dan lainnya. Tanpa program manajemen file seperti WinRAR, Anda tidak akan dapat membuka file .rar, .zip, .7z, dan file terkompresi lainnya. Untuk ini, WinRAR termasuk dalam daftar aplikasi yang akan datang untuk diinstal pada Windows.

4. Software Rapat online: Zoom

Salah satu aplikasi pembelajaran jarak jauh dan rapat online yang banyak digunakan di masa pandemi adalah Zoom. Bahkan setelah banyak orang kembali bekerja dan sekolah, aplikasi ini masih banyak digunakan.

Ini memiliki banyak fitur hebat seperti audio dan video berkualitas HD yang dapat digunakan di berbagai platform untuk merencanakan rapat.

5. Software Pemutar Video: Pemutar media VLC

Meskipun Windows 10 sudah memiliki aplikasi pemutaran video bawaan, Anda akan memerlukan pemutar video pihak ketiga yang menawarkan lebih banyak fitur. Salah satu pemutar video yang kami rekomendasikan adalah VLC Media Player, perangkat lunak pemutaran video sumber terbuka, yang mendukung banyak format video, subtitle, dan sepenuhnya gratis.

6. Software Pengelola Unduhan: Pengelola Unduhan Internet (IDM)

Internet Download Manager (IDM) adalah aplikasi yang paling banyak dicari oleh mereka yang ingin tahu cara meningkatkan kecepatan mengunduh file dari Internet. IDM dapat meningkatkan kecepatan unduh Anda hingga 5x, dengan fitur tambahan yang akan mempermudah tugas unduhan Anda.

7. Software VPN: NordVPN

Apakah Anda ingin menyembunyikan alamat IP, lokasi, dan identitas Anda saat menjelajah? Anda dapat menggunakan aplikasi VPN. Nah, salah satu aplikasi VPN terbaik yang bisa Anda gunakan adalah NordVPN. Ini adalah salah satu perangkat lunak penting yang perlu Anda instal.

NordVPN tidak melacak, mengumpulkan, atau membagikan data. Itu juga tidak menyimpan informasi, alamat IP, lalu lintas dan sesi. Kecepatan internet juga cepat meskipun VPN ini berjalan.

Baca Juga :  Cara Instal Windows 10 Dengan Mudah Dan Cepat, 100% Berhasil

8. Software Pemroses Dokumen: Office WPS

Pengguna Windows 10 umumnya sudah tidak asing lagi dengan paket pengolah dokumen Microsoft Office, antara lain Microsoft Word, Excel, dan lain-lain. Namun, paket Microsoft Office tidak gratis, sehingga Anda memerlukan alternatif gratis yang dapat menggantikan fitur Microsoft Office untuk sementara. Rekomendasi kami adalah WPS Office, yang menyediakan suite pemrosesan dokumen seperti .doc, .docx, .xls, .xlsx, .ppt, .pptx, dll.

9. Software Hiburan audio: Spotify Music

Beberapa orang dapat mengakses koleksi musik di akun Spotify mereka melalui Spotify Web Player. Ini tidak praktis jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih lancar di Windows 10. Daripada menambah beban RAM komputer atau laptop Anda dari browser dengan puluhan tab, gunakan Spotify Music untuk Windows 10.

Spotify Music untuk Windows 10 menawarkan fitur standar Spotify secara umum, dengan perbedaan utama adalah tombol pintas sebelumnya, putar / jeda, dan berikutnya yang dapat Anda akses melalui bilah tugas Windows 10.

10. Software Pembaca PDF: Adobe Acrobat Reader DC

File PDF sangat populer akhir-akhir ini karena memberikan konsistensi dalam format dan kualitas grafis dokumen, terutama di e-book dan e-zine. Untuk membuka file PDF, diperlukan aplikasi seperti Adobe Reader DC.

11. Software Game Boost : Razer Cortex

Razer Cortex adalah aplikasi peningkatan game dengan fitur untuk meningkatkan kinerja sistem operasi saat bermain game. Dirancang untuk seluruh ekosistem komponen PC, tidak eksklusif untuk Intel atau AMD. Fitur utama Razer Cortex sebagai game enhancer antara lain membersihkan sistem komputasi yang telah di-cache atau disimpan di sistem.

Razer Cortex juga memiliki fitur untuk meningkatkan FPS dengan menetapkan pemrosesan sistem ke game yang sedang berjalan.

12. Software Integrasi Smartphone: telepon Anda

Your Phone adalah aplikasi yang dibuat oleh Microsoft untuk menciptakan sinergi antara ekosistem Android dan PC Windows 10. Untuk melakukan ini, yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Telepon Anda dari Google Play Store. Jika Anda sudah menggunakan Windows 10 versi 1803 (update 10 April 2018), Anda sudah dapat memanfaatkan fitur ini.

Baca Juga :  7+ Fitur Windows 11 Yang Harus Diketahui Sebelum MengInstallnya

13. Aplikasi Kompresi Video – Kompres dan Pemotong Video

Aplikasi utama Windows 10 berikutnya adalah Video Compressor & Trimmer, yang sesuai dengan namanya memiliki fitur untuk memperkecil ukuran video, baik dalam resolusi maupun ukuran file. Aplikasi yang dapat Anda unduh dari Microsoft Store ini memiliki desain UI Metro “halus ” modern dengan antarmuka Windows 10.

14. Software Penyimpanan Berbasis Cloud: Google Drive

Hampir semua pengguna pasti memiliki akun Gmail. Artinya, Anda dapat menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud Google, yaitu Google Drive. Ya, cukup menggunakan akun Gmail atau Google, Anda dapat mengakses layanan ini secara gratis.

Menariknya, Google Drive hadir dengan berbagai aplikasi yang hadir di semua platform populer. Oleh karena itu, Anda dapat mengakses data yang tersimpan di penyimpanan cloud hampir dari mana saja, selama perangkat terhubung ke internet.

Besaran kapasitas yang Anda dapatkan secara gratis adalah 15GB, kapasitas tersebut dibagi untuk berbagai akun Google seperti Gmail dan Foto. Jika Gmail Anda sudah menggunakan 1GB, misalnya, berarti kapasitas penyimpanan yang masih bisa Anda gunakan di Google Drive adalah 14GB. Anda dapat berlangganan untuk mendapatkan lebih banyak kapasitas.

15. Software Screnshot: ShareX

Tidak sulit untuk mengambil screenshot atau screenshot di Windows 10. Anda bisa menggunakan aplikasi Snipping Tool bawaan untuk kebutuhan ini. Sayangnya, fungsinya cukup sederhana.

Jika Anda ingin memiliki aplikasi screenshot gratis dengan fungsi yang lebih lengkap, Anda dapat menginstal ShareX. Aplikasi ini dilengkapi dengan mode akuisisi gambar yang berbeda, editor terintegrasi, fungsi otomatis yang dapat membantu dengan definisi setelah akuisisi gambar sebelumnya, ‘penuangan outil “ambil ” warnanya.

Demikian 13+ Software Wajib Install Di PC Dan Laptop Untuk Membantu Aktivitas Anda

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.