Inilah 8+ Cara Mengatasi Android Tidak Dapat Connect Ke WiFi

Ponsel Android Tidak Dapat Connect Ke WiFi

8+ Cara Mengatasi Ponsel Android Tidak Dapat Connect Ke WiFi

Apakah ponsel Android (HP) Anda tidak dapat terhubung ke Wi-Fi? Ada beberapa cara untuk memeriksa Android Anda untuk masalah.

Dengan mengidentifikasi masalahnya, Anda dapat mencoba 9 cara untuk memperbaiki Android yang tidak dapat terhubung ke WiFi.

1. Pastikan Wi-Fi Android Anda dihidupkan

Apakah koneksi wifi mati? Ini biasanya terjadi secara tidak sengaja, tetapi cukup sering terjadi. Tentu saja karena Anda dapat dengan mudah mengaktifkan Wi-Fi di Android melalui widget di panel notifikasi.

Dan sebaliknya, Wi-Fi dapat dimatikan secara tidak sengaja tanpa sepengetahuan Anda. Yang pasti, Anda juga bisa mengecek apakah ponsel Android Anda dalam mode pesawat.

Saat mode pesawat aktif, mode Wi-Fi dimatikan sehingga Anda tidak dapat menggunakan koneksi internet.

2. Verifikasi penggunaan jaringan dengan kata sandi yang benar

Apakah Anda memilih koneksi jaringan dengan mengetikkan kata sandi yang benar? Masalah koneksi dapat terjadi karena Anda terhubung ke jaringan yang salah.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Gangguan WiFi Tidak Ada Koneksi Internet

Ini dapat terjadi ketika beberapa jaringan berasal dari ISP yang sama. Juga, pastikan Anda mengetikkan kata sandi yang benar dengan sensitivitas huruf besar-kecil.

Mungkin juga pemilik router Wi-Fi telah memperbarui kata sandi perangkat. Oleh karena itu, harap segera perbarui kata sandi router Anda.

3. Mulai ulang/restart ponsel Android Anda

Jika ponsel Android Anda tidak dimatikan atau dihidupkan ulang untuk waktu yang lama, sistem yang sedang berjalan mungkin membeku. Setiap update, membuka halaman website dan menjalankan aplikasi akan menambahkan berbagai kode di Android.

Oleh karena itu, penumpukan kode dapat menyebabkan HP menjadi crash. Jadi bagaimana Anda menghapus kode-kode ini? Salah satu caranya adalah dengan me-restart HP.

Nah, ini juga bisa berlaku untuk Wi-Fi. Mungkin ada kode yang menyebabkan sistem Wi-Fi ponsel mogok. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk me-restart ponsel Android.

4. Coba koneksi Wi-Fi lain atau jaringan lain

Jika Anda memiliki dua koneksi Wi-Fi di rumah, coba sambungkan ponsel Anda ke kedua jaringan secara bersamaan.

Jika ternyata Anda dapat terhubung dari satu jaringan Wi-Fi, jaringan lainnya bermasalah. Bukan ponsel Android Anda yang salah.

Kalau di rumah tidak ada dua koneksi, coba ke mall atau tempat lain yang menyediakan Wi-Fi, coba sambungkan ke internet ya.

Baca Juga :  Tips 4 Cara Mudah Isi Pulsa Token Listrik Untuk Pemula

5. Hidupkan dan matikan dengan mode pesawat

Jika Anda terlalu malas untuk menunggu lama sebelum me-restart ponsel Anda, Anda dapat mencoba menyalakan dan mematikan mode pesawat.

Coba nyalakan selama 30 detik, matikan, dan sambungkan ke jaringan Wi-Fi. Terkadang sinyal ponsel dapat memblokir sinyal Wi-Fi.

Untuk mengaktifkan mode ini, klik Pengaturan> Jaringan & Internet, lalu alihkan ke mode pesawat.

6. Mulai ulang router WiFi

Ada kemungkinan fungsi router di Android menyebabkan masalah koneksi WiFi. Untuk mengatasi masalah ini, cabut router dari stopkontak dan tunggu setidaknya 30 detik sebelum mencolokkannya kembali.

Setelah itu, Anda perlu menunggu satu atau dua menit agar router dimulai ulang. Setelah router dihidupkan, Anda dapat menghubungkan kembali Android Anda ke jaringan WiFi.

7. Hubungkan kembali dengan ‘Lupakan Jaringan ‘

Bagaimana saya bisa mengaturnya? Ini biasanya terjadi ketika Anda telah mengaktifkan fitur koneksi otomatis pada beberapa koneksi WiFi. Dalam hal ini, Anda harus memutuskan jaringan WiFi Anda dengan Android, untuk menyambung kembali.

Anda dapat menemukan pengaturan ini di menu Pengaturan> Wi-Fi> dan kemudian Anda dapat memilih jaringan Wi-Fi yang terhubung sebelumnya.

Sebuah jendela baru akan muncul di layar dengan tombol “Lupakan ” untuk memutuskan koneksi WiFi. Jika demikian, ulangi proses koneksi jaringan dengan memasukkan kembali kata sandi jaringan Wi-Fi.

Baca Juga :  4 Cara Unduh Video Instagram Dengan Mudah Dan Tanpa Ribet 2022

8. Lakukan reset pabrik

Jika langkah-langkah di atas tidak memperbaiki masalah konektivitas Wi-Fi di perangkat Android Anda, opsi lain yang dapat Anda lakukan adalah mencoba mengembalikan ke setelan pabrik.

Pengaturan ini akan menghapus semua bug di Android yang mungkin menyebabkan masalah koneksi Wi-Fi.

Untuk melakukan langkah ini, langkahnya tidak sulit dan bisa dilakukan dengan cepat. Namun, reset pabrik akan menghapus semua data (gambar, aplikasi, dan dokumen) di ponsel Android Anda. Jadi, sebelum memilih menu ini, pastikan Anda sudah membackup data Anda.

9. Pastikan router Wi-Fi tidak ramai penggunanya

Router Wi-Fi tidak dapat meng-host perangkat dalam jumlah tidak terbatas, yaitu ada batasnya. Kemudian, buka pengaturan router.

Lihat berapa banyak perangkat yang terhubung ke router. Jika ada banyak, hapus atau “hapus ” gadget yang tidak digunakan.

Bagaimana Anda bisa terhubung kembali dengan Wi-Fi?

Demikian Inilah 8+ Cara Mengatasi Android Tidak Dapat Connect Ke WiFi

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.