Pilih Kamera Mirrorless Atau DSLR Begini Cara Mempertimbangkan Sebelum Membeli Kamera Digital

Ada dua jenis kamera yang populer saat ini, yaitu kamera digital lensa tunggal (DSLR) dan kamera mirrorless. Ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan ketika memilih jenis kamera yang tepat untuk Anda.

Sebelum membeli kamera digital, baik itu mirrorless maupun DSLR, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan kamera digital Anda.

Apakah Anda ingin menjadi fotografer profesional atau hanya membutuhkan kamera untuk mengisi feed Instagram Anda? Sebab, jika bisa dikatakan demikian, akan lebih bermanfaat dan lebih murah, jika yang Anda beli adalah karena kebutuhan, bukan karena Anda menginginkannya.

Pilih Kamera Mirrorless Atau DSLR Begini Cara Mempertimbangkan Sebelum Membeli Kamera Digital

Pilih Kamera Mirrorless Atau DSLR

Untuk lebih jelasnya, inilah perbedaan antara mirrorless dan DSLR dan beberapa pertimbangan sebelum membeli kamera digital.

Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Kamera Panasonic Lumix GH6 Bisa Merekam Video 57K!

1. Ada perbedaan besar antara mirrorless dan DSLR

Kamera DSLR, seperti namanya, memiliki cermin antara objek di foto dan sensor yang merekam gambar. Fungsi cermin ini mengembalikan objek fotografi ke dalam jendela bidik.

Sedangkan mirrorless yang dalam bahasa Indonesia artinya mirrorless, persis kebalikan dari DSLR, sensor kameranya langsung merekam subjek foto dalam waktu yang bersamaan.

Namun, kamera DSLR saat ini seperti Canon, Nikon, dan Sony juga memiliki fitur live view yang sebelumnya hanya tersedia pada kamera mirrorless.

2. Mirrorless, meski kecil dan ringan, hasilnya bisa maksimal

Semakin besar dan rumit tombol kamera, semakin bagus fotonya, itu hanya mitos! Misalnya, kamera mirrorless Sony Alpha A7 II dapat menghasilkan foto full frame yang sebelumnya hanya tersedia di DSLR.

Selain itu, karena tidak menggunakan cermin, maka mirrorless ini lebih tipis dan ringan – cocok untuk Anda yang suka memotret kemana-mana tapi malas membawa kamera yang berat. .

Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Kamera GoPro Hero 10 Black Prosesor Baru & Fitur Lebih Canggih

3. Kualitas foto juga ditentukan oleh lensa

DSLR telah melampaui hibrida, sehingga pilihan lensa tetap yang paling komprehensif, terutama untuk merek Canon dan Nikon, yang memiliki sejarah panjang jauh sebelum era digital.

Sedangkan untuk lensa mirrorless, pilihan lensanya tidak sespesifik DSLR. Sebagai hasil dari pemeriksaan berbagai merek, Olympus dan Fuji memiliki pilihan lensa mirrorless yang cukup lengkap.

4. Mirrorless bisa mengabadikan momen lebih cepat

Foto seperti foto melayang atau melayang sangat membutuhkan kecepatan perekaman kamera. Secara sistem kerja, mirrorless jelas jauh lebih unggul karena objek fotografi dan sensor perekaman gambar berhadapan langsung tanpa ada halangan, tidak seperti DSLR yang ada cermin di antara objek dan sensor.

Misalnya, DSLR Canon EOS-1D X Mark II untuk pemotretan bersambungan hanya mampu merekam 14 frame per detik (fps), dibandingkan dengan mirrorless Olympus OM-D E-M1 Mark II yang mampu memotret terus menerus hingga 60fps.

5. Harga kamera mirrorless lebih murah

Coba cek harganya, Anda pasti sudah tahu jawabannya. Ya, ketika membandingkan DSLR dan kamera mirrorless dengan spesifikasi yang hampir sama, harga kamera mirrorless jauh lebih rendah daripada DSLR. Ada juga perbedaan yang tidak sampai setengah harga DSLR.

Baca Juga :  Kamera Mirrorless VS DSLR, Mana Yang Lebih Baik?

6. Masa pakai sensor kamera DSLR lebih baik

Dalam mode tanpa cermin, subjek dalam foto dibidik menggunakan tinjauan langsung atau muncul langsung di layar. Selama tinjauan langsung, sensor kamera terus bekerja untuk menerima cahaya dari objek fotografi dan mempersingkat masa pakai sensor.

Sedangkan pada DSLR, sensor baru bekerja saat tombol shutter ditekan, kecuali untuk fungsi movie atau aktivasi mode live view.

Karena pada DSLR, saat memotret objek fotografi dari jendela bidik, bayangan objek foto tersebut dipantulkan dari cermin di dalam bodi kamera ke jendela bidik. Meskipun sensor tidak bekerja sampai tombol rana ditekan, menyebabkan cermin terbalik, sensor merekam objek di foto.

Jika Anda telah membaca beberapa pertimbangan di atas, akan lebih mudah bagi Anda untuk memutuskan kamera mana yang terbaik untuk Anda, bukan? Selamat berburu kamera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.