Persyaratan Untuk Naik Pesawat Dan Kereta Api Untuk Pelancong Domestik

Persyaratan Untuk Naik Pesawat Dan Kereta Api

Penggunaan transportasi udara dan kereta api tidak lagi seperti dulu. Pemerintah telah mengeluarkan aturan baru untuk menangani pandemi Covid-19.

Kebijakan kepatuhan pembatasan aktivitas masyarakat berbasis tier, atau PPKM terbaru, mengharuskan Anda melakukan beberapa hal terlebih dahulu.

Aturan perjalanan jarak jauh juga terus berubah, terutama terkait penggunaan transportasi udara dan kereta api. Untuk Lebaran 2022 kali ini, pemerintah mengizinkan masyarakat untuk pulang asalkan sudah mendapat dosis booster. Ini adalah persyaratan untuk naik pesawat dan kereta jarak jauh terbaru.

Persyaratan untuk pesawat jarak jauh dan kereta api untuk pelancong domestik

Pelancong Domestik (PPDN) harus mengikuti aturan berikut:

1. Wisatawan Dalam Negeri (PPDN) yang telah memberikan vaksin dosis ketiga atau dosis booster tidak wajib menunjukkan hasil PCR test atau rapid antigen test.

2. DPDN yang menerima dosis vaksinasi kedua harus memiliki hasil rapid antigen test negatif, diambil sampelnya dalam waktu 1 x 24 jam, atau hasil tes PCR negatif, diambil sampelnya dalam waktu 1 x 24 jam 3 x 24 jam sebelumnya. keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Baca Juga :  Inilah 10+ Barang Yang Tidak Boleh Di bawa Saat Naik Pesawat

3. DPDN yang menerima vaksinasi dosis pertama harus menunjukkan hasil tes RT-PCR negatif yang sampelnya diambil paling lambat 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

4. DPDN dengan kondisi kesehatan tertentu atau penyakit penyerta yang menghalangi vaksinasi pemudik, sebagai syarat perjalanan harus memiliki hasil tes PCR negatif yang diambil sampelnya paling lambat 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. dan kewajibannya adalah melampirkan surat keterangan sehat. rumah sakit pemerintah (RS) yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

5. DPDN di bawah usia 6 tahun dikecualikan dari peraturan vaksinasi dan tidak diharuskan menunjukkan hasil PCR negatif atau tes antigen cepat, tetapi harus bepergian dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi persyaratan vaksinasi dan vaksinasi. Ujian COVID-19 dan terapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga :  Inilah 7+ Fasilitas Barang Hotel Yang Boleh Di Ambil Dari Kamar Hotel

Aturan pelaksanaan protokol kesehatan yang akan dilaksanakan

Selama perjalanan tetap harus mengikuti protokol kesehatan ya, berikut aturannya.

1. Setiap orang yang melakukan perjalanan wajib menerapkan dan menghormati protokol kesehatan 3M, yaitu: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari keramaian, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

2. Kenakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutupi hidung, mulut, dan dagu.

3. Ganti masker secara rutin setiap 4 jam dan buang masker bekas pada tempat yang telah ditentukan.

4. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang pernah disentuh orang lain.

5. Jaga jarak minimal 1,5 meter dari orang lain dan hindari keramaian

6. Komunikasi satu arah atau dua arah melalui telepon atau secara langsung dilarang sepanjang perjalanan menggunakan angkutan umum darat, kereta api, laut, sungai, danau, penyeberangan dan udara.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata Alam Di Indonesia Dengan Pemandangan Indah

7. Dilarang makan dan minum selama perjalanan dengan pesawat untuk perjalanan kurang dari dua jam, kecuali bagi orang yang wajib minum obat untuk pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Nah, ini dia syarat terakhir untuk pulang naik kereta atau pesawat. Apakah Anda memenuhi persyaratan ini?

Demikian ulasan Persyaratan Untuk Naik Pesawat Dan Kereta Api Untuk Pelancong Domestik

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.