Berikut 15+ Perlengkapan Berkemah Yang Penting Untuk Dibawa Buat Liburan

Perlengkapan Berkemah Yang Penting Untuk Dibawa Buat Liburan

TipsSeo Info – Liburan tidak hanya harus menginap di hotel atau resort mahal. Berkemah atau camping bisa menjadi alternatif untuk dicoba jika Anda menginginkan liburan yang tidak merogoh kocek dalam-dalam. Kegiatan ini sangat menarik bagi banyak orang, terutama bagi para orang tua yang ingin mendekatkan anaknya dengan alam.

Ya, berkemah memiliki banyak keuntungan. Selain baik untuk kesehatan, berkemah juga bisa mendekatkan kita dengan alam yang ada di sekitar kita untuk menjaga lingkungan. Nah, jika Anda baru pertama kali mencoba camping, yuk kita catat dulu.

Banyak sekali perlengkapan yang perlu kamu persiapkan agar tidak bingung nantinya. Barang apa saja yang perlu disiapkan terlebih dahulu? Berikut adalah peralatan berkemah yang penting.

Berikut 15+ Perlengkapan Berkemah Yang Penting Untuk Dibawa Buat Liburan

Setiap kemping berbeda dan di sini di BukaReview kami telah menyusun daftar fasilitas mulai dari tempat perkemahan dasar hingga glamper mewah.

Lihat daftar kebutuhan berkemah di bawah ini dan beberapa tambahan opsional untuk dipertimbangkan sebelum perjalanan berkemah Anda berikutnya.

Ada baiknya untuk membuat daftar perlengkapan Anda sebelum Anda pergi untuk memastikan Anda tidak melupakan sesuatu yang sulit ditemukan ketika Anda tiba di kamp.

1. Perlengkapan Berkemah – Tenda

Tidak bisakah kamu berkemah tanpa tenda? Ada berbagai jenis tenda, mulai dari tenda explorer hingga tenda dome dan kanopi. Saat ini tenda dome lebih banyak diminati oleh banyak orang. Pasalnya, tenda jenis ini lebih mudah dipasang dan lebih mudah diangkut.

Jika Anda tidak memiliki tenda, Anda tidak perlu membelinya. Anda bisa menyewanya untuk satu atau dua malam dan harga tendanya cukup tinggi. Bahkan jika Anda menyewa, jangan membatasi diri Anda pada pilihan.

Pastikan tenda yang Anda sewa berkualitas tinggi. Cek semua kelengkapannya, mulai dari jumlah tiang, tiang, dll. Oh ya, kamu juga harus memastikan sobat camping paham cara memasang dan mendirikan tenda.

Baca Juga :  Berikut 7 Tips Naik Pesawat Dengan Nyaman Yang Tidak Akan Membahayakan Tubuh Anda

2. Perlengkapan Berkemah – Kompor dan gas memasak

Kompor juga merupakan elemen penting yang tidak boleh hilang. Tidak perlu membawa kompor ke rumah, Anda bisa membeli kompor khusus yang didesain untuk kegiatan di luar ruangan. Kompor portabel yang lebih kecil dengan sumbu besar.

Selain itu, kompor camping bisa dibawa kemana-mana dan ringan saat dibawa. Beratnya kurang dari satu pon, yang membuatnya mudah disimpan dalam tas besar.

Jika ingin membawa kompor ini, jangan lupa membawa gas yang berbentuk seperti tabung pilox. Kompor dan gas biasanya dijual terpisah. Anda bisa menemukannya di toko-toko yang menjual perlengkapan outdoor.

3. Peralatan masak

Untuk kenyamanan saat berkemah, harap membawa peralatan masak yang cukup.

Tidak perlu membawa wajan besar, karena yang Anda butuhkan hanyalah panci kecil, spatula, sendok garpu, dan peralatan makan seperti piring plastik, sendok, garpu, dan gelas lipat.

Jika tidak ingin repot, Anda bisa menyewa semua peralatan untuk memasak di luar ruangan. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk meminimalkan default bawang.

4. Kantong tidur atau matras

Di mana pun Anda berkemah, Anda akan selalu membutuhkan tempat tidur di tenda. Oleh karena itu, perlu membawa kasur seperti sleeping bag.

Membawa tempat tidur sendiri juga akan membuat tidur Anda lebih nyaman karena kantong tidur akan menghilangkan suhu dingin saat Anda tidur.

Ada dua jenis sleeping bag yang bisa dipilih, yaitu tipe blanket dan tipe mummy. Keduanya sama-sama nyaman dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda juga tidak perlu membeli ini, karena Anda dapat menyewanya dari persewaan peralatan outdoor.

5. Perlengkapan Berkemah – Kasur

Meski sudah membawa sleeping bag, sebaiknya juga membawa kasur agar tidur lebih nyaman. Sebelum menggunakan sleeping bag, tutup terlebih dahulu dengan matras. Ini untuk menghangatkan tubuh.

Barang unik ini tidak hanya berguna untuk tidur dengan nyaman, tetapi juga bisa digunakan untuk bertemu teman atau keluarga di luar tenda. Ada banyak jenis kasur yang berbeda, tetapi kasur roller adalah jenis kasur yang paling umum digunakan untuk berkemah.

6. Korek Atau Pemantik api

Benda kecil ini seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang, padahal memiliki fungsi yang sangat penting. Ya, korek api adalah perlengkapan berkemah berikutnya yang harus dimiliki.

Baca Juga :  10+ Tips Traveling Untuk Traveler Yang Punya Riwayat Penyakit Maag

Pemantik api bisa Anda gunakan untuk menyalakan kompor saat korek api dimatikan atau Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat api unggun.

7. Senter atau proyektor

Namanya juga berkemah, jelas Anda tidak akan menemukan sumber listrik untuk menyalakan lampu di malam hari. Penerangan senter ponsel tidak cukup. Oleh karena itu, penting untuk membawa senter atau headlamp. Jika perlu, Anda bisa membawa lampu Petromak sebagai sumber penerangan malam hari.

Bagi yang ingin membawa headlamp, jumlahnya harus disesuaikan dengan jumlah orang yang berkemah. Oh ya, pastikan kamu juga membawa baterai cadangan, ya!

8. Jas Hujan Tahan air

Jangan mengira jas hujan hanya diperlukan di atas sepeda motor, karena benda ini juga harus dibawa ke perkemahan. Jas hujan akan dibutuhkan saat keluar di alam liar.

Anda tidak pernah tahu kapan akan turun hujan, jadi penting untuk membawa ini. Untuk akses mudah dan penggunaan langsung dalam cuaca hujan, simpan jas hujan di bagian atas kemasan.

Selain jas hujan, Anda juga bisa membawa jaket tebal untuk melindungi diri dari udara dingin.

9. Kantong sampah

Tujuan berkemah di luar kesenangan adalah untuk lebih dekat dengan alam yang ada di sekitar kita. Nah, jika Anda memahami hal ini, jangan pernah meninggalkan sampah di area camping.

Selalu simpan kantong plastik atau kantong sampah di dalam tas Anda. Kantong plastik tidak hanya berguna untuk menyimpan sampah, tetapi juga dapat digunakan untuk menyimpan pakaian kotor. Jadi, jaga kebersihan lingkungan ya!

10. Botol minum

Air sangat penting untuk kelangsungan hidup di alam dan semakin jauh Anda pergi, semakin cepat akan habis.

Hal terakhir yang diinginkan seorang kemping adalah dibiarkan tanpa pasokan air bersih, terutama karena minum dari kolam atau danau dapat menyebabkan penyakit bakteri yang serius.

Meski gurun yang Anda tuju hanya berjarak beberapa meter dari mobil, bawalah air minum kemasan untuk kebutuhan Anda saat berkemah. Jadi, siapkan filter atau tablet penjernih air jika Anda perlu mengisi ulang air dari sungai terdekat.

11. Obat-obatan dan pertolongan pertama

Anda tidak mungkin mengalami cedera yang mengancam jiwa saat berkemah, tetapi mendaki sepanjang hari dapat menyebabkan lecet yang memerlukan perban.

Bahkan luka dan goresan kecil dapat dengan cepat terinfeksi jika tidak ditangani, jadi siapkan perban dan antiseptik. Kotak P3K juga harus mencakup kebutuhan lain: gunting, lakban, kain kasa, sabun, pelindung mulut CPR, dan peluit darurat.

Baca Juga :  7 Tips Mendaki Gunung Bagi Pendaki Wanita Pemula

Pastikan untuk memasukkan tabir surya dan semprotan serangga ke dalam botol juga. Kulit terbakar matahari dan gigitan serangga dapat menunda perjalanan Anda.

12. PisauSaku atau pisau lipat

Pisau saku adalah alat serbaguna di luar ruangan. Pisau dapat digunakan untuk memotong tali, memotong tali, memotong umpan, mengiris keju atau sosis, membuka kemasan yang tertutup rapat, mengasah tongkat, menangani sekrup yang kusut dan mengencangkan sekrup. Tanpa pisau, tugas seperti itu hampir tidak mungkin.

13. Kain atau Tisu

Penyintas berat mungkin menganggap kertas toilet sebagai barang mewah yang tidak perlu di alam bebas, tetapi banyak petualang bersumpah dengan kebutuhan akan tisu bayi.

Kulit kayu dan daun adalah pengganti yang buruk untuk tugas membersihkan tinja kita dalam hal kenyamanan dan kebersihan, dan punggung yang pecah-pecah dapat membuat duduk terasa sakit. Selain itu, perkemahan dengan toilet terkadang kekurangan sapu tangan.

Jika Anda berkemah jauh di dalam hutan dan khawatir dengan dampak lingkungan dari penggunaan kertas toilet, belilah tisu yang dapat terurai secara hayati, alias tisu serat bambu, atau bawalah kantong sampah untuk menyimpan limbah kain.

14. Tempat tidur gantung atau hammock

Tidak ada yang seperti bersantai di tempat tidur gantung di bawah naungan pohon di ujung perjalanan panjang. Pilih hammock ringan yang mudah dibersihkan dan cepat kering.

Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan pohon yang cocok dan tempat tidur gantung akan siap dalam waktu singkat.

15. sekop

Anda akan membutuhkan sekop untuk menggali lubang, memperbaiki kayu gelondongan atau bara api, mengetuk pasak tenda dan membersihkan ladang. Jika Anda harus pergi ke toilet di semak-semak, sekop juga akan berguna untuk menggali toilet sementara.

16. Pengisi daya portabel

Melakukan perjalanan atau berkemah di luar ruangan? Pengisi daya portabel adalah suatu keharusan dalam daftar perlengkapan berkemah Anda.

Anda dapat pergi ke daerah terpencil mana pun tanpa khawatir jika Anda memiliki cadangan daya. Jackery Portable Power Station adalah generator ramah lingkungan yang dapat membantu Anda mengisi daya laptop, drone, kulkas mini, dan perangkat elektronik luar ruangan lainnya. Catu daya portabel ini memiliki baterai lithium, sehingga tidak memerlukan bahan bakar atau bensin.

Demikian Ulasan 15 + Perlengkapan Berkemah Yang Penting Untuk Dibawa Buat Liburan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.