4 Perbedaan Sinyal Jaringan WiFi 24GHz Dan 5GHz

Perbedaan Sinyal Jaringan WiFi 24GHz Dan 5GHz

Perbedaan Sinyal Jaringan WiFi 24GHz Dan 5GHz, Manakah yang lebih bagus?

Jika ingin atau sudah membeli router WiFi, pastikan membaca spesifikasi jaringan 2.4GHz atau 5GHz pada paket penjualan. Sebenarnya, apa artinya itu? Jika Anda ingin tahu, Anda mungkin bermaksud bahwa modem 5GHz memiliki kecepatan konektivitas yang lebih cepat untuk digunakan. Apakah Anda dapat mengidentifikasinya atau tidak dengan mengetahui perbedaan antara koneksi jaringan 2.4GHz dan 5GHz, mana yang lebih cepat?

Untuk mempermudah, ada baiknya melihat perbedaan pada tabel di bawah ini. Setelah Anda membacanya, Anda akan langsung mengerti!

perbedaan jaringan wifi

2,4 GHz

5 GHz

Kelebihan

Cakupan area sinyal yang lebih luas; terbaik untuk menembus benda padat

Koneksi lebih cepat; tidak ada gangguan hingga 2,4 GHz; umumnya sedikit yang menggunakan frekuensi ini

Baca Juga :  7 Cara Screenshot Di PC Dan Laptop Dengan Cepat Dan Mudah

Kurangnya

Tidak terlalu ketat; banyak gangguan; biasanya lebih banyak perangkat menggunakan frekuensi ini

Cakupan kecil dari area sinyal; tidak begitu baik dalam hal penetrasi benda padat

Kecepatan koneksi maksimum yang didukung

Hingga 150Mbps

Hingga 1 Gbit / dtk

Cakupan sinyal router maksimum

sekitar 125 meter

Kurang dari 125 meter

Nah, pada tabel di atas Anda sudah bisa melihat perbedaan antara jaringan 2.4GHz dan 5GHz. Kami akan menjelaskan perbedaannya secara rinci di bawah ini.

1. Perbandingan Wi-Fi 2,4GHz vs Wi-Fi 5GHz: Rentang frekuensi jaringan

Salah satu perbedaan antara frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz adalah jarak di antara keduanya. Jaringan pada frekuensi 2,4 GHz dapat mencapai jarak konektivitas yang lebih jauh daripada jaringan pada frekuensi 5 GHz. Ini karena karakteristik dasar gelombang yang memudar lebih cepat pada frekuensi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan konektivitas jaringan untuk jarak antar perangkat yang lebih jauh, Anda dapat memilih frekuensi 2,4 GHz, bukan 5 GHz.

2. Perbandingan Wi-Fi 2,4GHz vs Wi-Fi 5,0GHz: Kecepatan Data (Bandwidth)

Bagaimana pengaruhnya terhadap jaringan WiFi? Jika bandwidth jaringan Anda lebih tinggi, itu berarti Anda dapat mengunggah dan mengunduh data lebih cepat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati streaming video yang lebih cepat dan lancar.

Menggunakan jaringan dengan frekuensi yang lebih tinggi memungkinkan pengiriman data yang lebih cepat, sehingga dalam hal ini, menggunakan jaringan dengan frekuensi 5 GHz akan memberikan koneksi data yang jauh lebih cepat daripada frekuensi 2 GHz .4GHz

Dari tabel di atas, kita juga dapat melihat bahwa frekuensi 2.4GHz hanya mendukung kecepatan data hingga 150Mbps. Sementara itu, 5.0GHz mendukung kecepatan data hingga 1Gbps.

Baca Juga :  Apa Itu VPN? Berikut Manfaat Dan Cara Kerja VPN Untuk Pemula Yang Belum Tahu

Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah bahwa kecepatan data yang dapat dikirimkan router WiFi Anda selalu tergantung pada ISP yang digunakan. Misalnya, jika Anda menggunakan ISP dengan internet 170 Mbps, Anda masih akan mendapatkan kecepatan hingga 150 Mbps pada frekuensi 2,4 GHz. Jika Anda menggunakan frekuensi 5.0 GHz, Anda akan mendapatkan kecepatan internet hingga 170 Mbps. dukungan untuk frekuensi 5.0 GHz adalah 1 Gbps).

Jadi meskipun Anda menggunakan frekuensi 5.0 GHz, Anda tidak akan mendapatkan kecepatan 1 Gbps. Itu masih tergantung pada ISP.

3. Perbandingan Wi-Fi 2.4GHz dan 5.0GHz: Interferensi dengan perangkat jaringan nirkabel

Maksud kamu apa? Penggunaan perangkat yang menggunakan konektivitas Wi-Fi menyebabkan berbagai gangguan gelombang. Sebagian besar perangkat menggunakan frekuensi jaringan 2,4 GHz, seperti oven microwave dan telepon nirkabel. Semakin banyak perangkat dengan frekuensi yang sama dapat meningkatkan interferensi dengan perangkat lain. Hal ini dapat menurunkan kecepatan jaringan nirkabel yang digunakan.

Oleh karena itu sebaiknya menggunakan jaringan dengan frekuensi 5 GHz agar tidak terpengaruh oleh gangguan frekuensi 2,4 GHz. Singkatnya, jaringan 5 GHz lebih eksklusif daripada jaringan 2,4 GHz.

4. Perbandingan Wi-Fi 2,4 GHz dan 5,0 GHz: Kompatibilitas perangkat dengan frekuensi jaringan

Apakah mungkin untuk menghubungkan semua gadget dengan frekuensi yang berbeda? Sayangnya tidak, seperti yang disebutkan di atas, frekuensi 5 GHz dapat dianggap lebih eksklusif daripada perangkat 2,4 GHz.

Baca Juga :  Inilah 6 Kesalahan Menjadi Blogger Pemula Yang Wajib Diketahui Dan harus Di Hindari

Jika Anda menggunakan laptop untuk dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi frekuensi 5GHz, laptop Anda mungkin tidak mendukung frekuensi jaringan yang sama, sehingga Wi-Fi tidak dapat digunakan. Di sisi lain, perangkat dengan frekuensi 5 GHz masih dapat terhubung ke frekuensi jaringan 2,4 GHz.

Jadi pilih frekuensi WiFi 2.4GHz atau 5.0GHz?

Itu semua tergantung pada kebutuhan dan juga pada dukungan perangkat. Saat ini banyak router WiFi yang mendukung dua frekuensi sekaligus, yaitu 2.4GHz dan 5.0GHz. Ini berarti bahwa router dapat menyiarkan Internet pada dua frekuensi secara bersamaan.

Rata-rata ponsel, laptop, dan tablet di luar sana harus mendukung WiFi dengan frekuensi 2,4 GHz. Jika perangkat Anda hanya mendukung satu frekuensi, Anda jelas perlu berselancar di frekuensi itu.

Ada juga perangkat yang mendukung kedua frekuensi. Nah, jika itu terjadi, Anda tinggal memilih frekuensi yang akan digunakan. Jika Anda ingin menggunakan internet melalui WiFi di lokasi yang jauh dari router, cukup pilih 2.4GHz karena memiliki kekuatan sinyal yang lebih baik. Karena itu, kecepatan internetnya tidak secepat 5.0GHz.

Nah, jika Anda menggunakan perangkat yang dekat dengan router dan membutuhkan kecepatan tinggi, gunakan saja frekuensi 5.0 GHz.

Demikian ulasan 4 Perbedaan Sinyal Jaringan WiFi 24GHz Dan 5GHz

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.