5 Perbedaan Reksa Dana Vs Investasi Saham Dan Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Perbedaan Reksa Dana Vs Investasi Saham

5 Perbedaan Reksa Dana Vs Investasi Saham Dan Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Reksa dana dan invest saham langsung sering dibandingkan dan diperdebatkan bagi kalangan bisnisman.

Kemudian timbul pertanyaandi benak kepala bisnisman, manakah di antara keduanya yang lebih menguntungkan? Daripada sibuk menebak-nebak, bingung mendengarkan terlalu banyak perkataan orang, lebih baik menyimpulkan berdasarkan perbedaan keduanya.

Lalu apa saja yang membuat kedua jenis investasi ini berbeda? Ulasan berikut akan menjawab pertanyaan kita semua yang awam sebelum berinvestasi!

1.Minimum pembukaan rekening atau modal awal

Perbedaan pertama antara kedua jenis investasi ini adalah modal awal saat berinvestasi. Umumnya, Investasi Ekuitas Langsung menetapkan jumlah antara Rs 5 crore sebagai dana awal untuk membuka rekening investasi. Namun, baru-baru ini untuk siswa, dana investasi awal dapat dimulai hanya dengan Rs 100.000. Sedangkan dana awal minimal untuk investasi reksa dana adalah Rp100.000. Bahkan, ada juga beberapa reksa dana online yang menghasilkan dana investasi awal Rp 10.000.

Baca Juga :  6 Cara Bisnis Online Baju Untuk Pemula Agar Sukses Dan Untung

2. keuntungan investasi

Perbedaan selanjutnya antara reksa dana dan ekuitas adalah pengembaliannya. Saham memiliki dua bentuk pendapatan, yaitu kenaikan harga atau capital gain dan dividen atau sebagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.

Keuntungan akibat kenaikan harga itu sendiri bisa berasal dari banyak hal, seperti laba bersih yang lebih tinggi, fundamental bisnis, kondisi ekonomi yang lebih baik, dana asing, spekulasi investor.

Lalu bagaimana dengan reksa dana? Pada umumnya keuntungan reksa dana tidak berasal dari dividen. Keuntungan datang dari pasar uang, dll.

3. Risiko fluktuasi harga

Perbedaan antara reksa dana dan ekuitas adalah risiko fluktuasi harga. Risiko terbesar berinvestasi di saham adalah penurunan harga saham yang fluktuatif yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti keadaan aset dan kondisi ekonomi yang memburuk.

Baca Juga :  9 Cara Membuat Chanel YouTube Dengan Gampang Dan Cepat Menghasilkan Cuan 2022

Risikonya tergolong sangat tinggi karena penurunan harga saham bisa mencapai puluhan persen dalam beberapa hari.

Risiko fluktuasi juga terjadi pada reksa dana. Bedanya, persentase kerugian reksa dana cenderung lebih rendah karena manajer investasi sudah melakukan diversifikasi.

4. Risiko likuiditas

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua saham aktif diperdagangkan di bursa. Selain itu, sedikitnya jumlah saham publik yang beredar di bursa dapat membuat sekuritas kurang diperdagangkan.

Dengan kata lain, produknya tidak cair. Risiko likuiditas cenderung lebih rendah dibandingkan reksa dana saham karena di reksa dana manajer investasi harus membayar investor minimal 7 hari kerja saat instruksi pencairan tiba.

Persyaratan ini mewajibkan pengelola investor untuk memperhatikan aspek likuiditas dan kesiapan berinvestasi di UCITS.

Baca Juga :  7 Bisnis Online Yang Menjanjikan Dan Minim Resiko Untuk Pemula

5. Pajak

Perhitungan pajak antara reksa dana dan saham juga berbeda. Perhitungannya adalah 0,1% atau nilai penjualan saham termasuk dalam perhitungan harga pokok penjualan. Dividen yang diterima oleh investor ekuitas akan dikenakan pajak final sebesar 10%. Biaya ini sudah dipotong pada saat pembayaran. Namun, dalam reksa dana investasi, keuntungan yang diperoleh menurut peraturan perundang-undangan tidak dikenakan pajak.

Reksa dana dan kepemilikan saham memiliki keunggulan, terutama jika dipertimbangkan dalam konteks perencanaan keuangan. Itu semua tergantung kebutuhan. Menurut Anda, mana yang paling menguntungkan?

5 Perbedaan Reksa Dana Vs Investasi Saham Dan Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.