7+ Penyebab Selangkangan Gatal Dan Menghitam, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab selangkangan gatal bisa disebabkan beberapa hal. Gatal selangkangan adalah kondisi umum yang sering terjadi pada semua orang, pria dan wanita. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui penyebab selangkangan yang gatal.

Penyebab Selangkangan Yang Sering Gatal Dan Menghitam

Penyebab Selangkangan Yang Sering Gatal Dan Menghitam

Salah satu penyebab paling umum dari selangkangan gatal adalah infeksi jamur seperti kurap. Posisi selangkangan yang berada di dalam dan terdapat lipatan dapat dengan mudah dimasuki jamur.

Jamur dapat berkembang biak karena selangkangan menjadi basah dan mudah panas. Gejala yang sering terjadi saat selangkangan terkelupas gatal, melepuh, kemerahan, nyeri. Kondisi ini akan semakin parah jika Anda sering menggaruk diri sendiri.

Berikut ulasan Liputan6.com tentang penyebab gatal selangkangan yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/2/2022).

1. Infeksi jamur

Penyebab selangkangan gatal yang sering terjadi pertama kali adalah infeksi jamur. Selangkangan merupakan tempat yang strategis untuk perkembangbiakan jamur yang cepat karena lembab dan panas. Infeksi jamur pada selangkangan disebut tinea cruris atau kurap. Padahal, jamur penyebab kurap hidup secara alami pada kulit mati, rambut, dan jaringan kuku.

Pada dasarnya, keberadaan jamur ini tidak berbahaya. Namun, jamur berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika daerah tempat mereka tinggal hangat dan lembab. Selain selangkangan, area lain yang rentan terkena infeksi adalah paha bagian dalam dan bokong. Infeksi ini dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak kulit langsung.

Baca Juga :  Berikut 7 Cara Menghilangkan Bekas Cupang di Leher Dalam Waktu Singkat

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengoleskan krim antijamur yang dapat menyerang sel jamur penyebab infeksi dan menjaga sel kulit tetap sehat dan tidak terluka.

2. Kutu kelamin

Penyebab gatal selangkangan selanjutnya adalah kutu rambut. Kutu rambut merupakan parasit yang dapat menyebabkan selangkangan gatal. Parasit ini biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual. Jika Anda mengalami gatal-gatal, iritasi, dan bintik-bintik putih kecil muncul di rambut kemaluan Anda, Anda mungkin memiliki kutu rambut.

Gatal ini sering lebih buruk pada malam hari ketika kutu paling aktif dan memakan darah manusia. Kutu kemaluan juga menyebabkan luka di area genital dengan tanda kecil berwarna biru keabu-abuan yang disebut macula cerulae. Solusinya adalah berkonsultasi dengan dokter. Gunakan sampo atau losion yang mengandung permetrin atau piretrin dengan piperonil butoksida, yang akan membunuh kutu.

3. Iritasi kulit

Penyebab gatal selangkangan selanjutnya adalah iritasi kulit. Menggosok kulit di antara paha dan selangkangan saat berlari atau berjalan dapat menyebabkan kulit di paha menjadi lunak dan meradang.

Jika Anda menggosok atau menggaruk area yang gatal, maka akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit. Akibatnya, kulit selangkangan menjadi merah, ruam seperti terbakar, gatal bahkan kulit bersisik. Jika tidak segera diobati, ruam merah ini akan menjadi lebih lembap dan lembab akibat keringat, sehingga membuat lepuh semakin parah.

Baca Juga :  Manfaat Main Bersama Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak

4. Dermatitis kontak

Penyebab selangkangan gatal selanjutnya adalah dermatitis kontak. Dermatitis kontak terjadi ketika kulit bersentuhan dengan iritan. Kemungkinan penyebabnya, deterjen atau pelembut kain. Anda mungkin juga merasa gatal di bagian tubuh lainnya.

Sedangkan Dermatitis Kontak Irritatif terjadi ketika kulit teriritasi oleh suatu zat meskipun tidak alergi terhadap zat tertentu. Zat yang menyebabkan iritasi bisa berupa keringat, urin, feses, kosmetik, perhiasan, dan pakaian ketat.

Iritasi selangkangan akan menyebabkan lebih banyak gatal. Secara umum, gatal dermatitis kontak tidak parah, tetapi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Intertrigo (kemerahan pada lipatan kulit)

Penyebab selangkangan gatal selanjutnya adalah intertrigo. Gejala intertrigo termasuk ruam merah dan gatal yang muncul di area yang sangat lembab karena keringat, seperti selangkangan, di lipatan perut, di bawah lengan atau di antara jari kaki.

Biasanya area yang muncul intertrigo akan tampak kemerahan atau coklat seperti ruam “bidang” besar pada lipatan yang dipisahkan oleh garis putih. Kulit Anda juga akan terlihat kering dan berkerak, terasa sangat gatal bahkan memiliki bau yang tidak sedap.

6. kutil kelamin

Kutil kelamin adalah gejala umum dari human papillomavirus (HPV). Saat disentuh itu lembut dan berwarna-warni. Bahkan mungkin terlihat seperti kembang kol. Kutil yang muncul bisa soliter atau berkelompok. Cara menyembuhkannya adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter akan meresepkan obat yang mengandung imiquimod, yang akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghilangkan kutil.

Baca Juga :  8+ Tips Berolahraga Secara Teratur Dan Konsisiten Untuk Anda Yang Mulai Berolahrga

7. Herpes

Penyebab selangkangan gatal selanjutnya adalah herpes. Herpes disebabkan oleh virus herpes simpleks. Gejala herpes adalah pembengkakan, kehangatan, kemerahan dan nyeri. Tidak jarang lepuh atau lepuh berisi cairan terbentuk.

Menurut Mayo Clinic, beberapa orang mungkin mengalami gejala ini beberapa kali dalam setahun, dan beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala apa pun. Penyakit ini tidak dapat ditularkan melalui sentuhan, tetapi akan menyebar selama hubungan seksual.

8. Kurangnya kebersihan alat kelamin

Penyebab selangkangan gatal selanjutnya adalah tidak menjaga kebersihan alat kelamin. Selangkangan merupakan area tubuh yang selalu tertutup dan rawan penyakit. Daerah ini sering ditutupi dengan beberapa lapis pakaian, membuat udara di sekitarnya jauh lebih hangat.

Jika Anda tidak membersihkan area genital secara teratur, area selangkangan akan menjadi basah dan lembab. Kehadiran rambut kemaluan juga menyebabkan Anda lebih banyak berkeringat, sel-sel mati dan kuman cenderung tumbuh. Inilah yang menyebabkan kulit selangkangan gatal pada manusia. Solusinya adalah dengan membersihkan alat kelamin secara rutin dan mengganti pakaian dalam 2 kali sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.