Inilah 5 Penyebab Komputer Crash Atau Hang Saat Digunakan

Penyebab Komputer Crash Atau Hang

Komputer yang sering membeku atau tiba-tiba menjadi diam dan tidak dapat digunakan memang sangat mengganggu. Juga, biasanya terjadi ketika kita menggunakannya untuk menciptakan bisnis atau pekerjaan.

Berbeda dengan layar biru yang sering ditandai dengan layar biru, crash umumnya ditandai dengan program yang tiba-tiba menjadi tidak responsif, mouse membeku, keyboard tidak berfungsi, program crash, menutup dan berhenti secara tidak normal dan restart secara otomatis.

Inilah 5 Penyebab Komputer Crash Atau Hang Saat Digunakan

Nah, penyebab komputer crash sering terjadi karena masalah hardware. Dari spesifikasi komputer yang kurang mumpuni saat menjalankan program berat, hingga masalah panas dan kerusakan.

Baca Juga :  4 Cara Screenshot Game Di Laptop Atau PC Dengan Simple, Mudah & Praktis

1. Kapasitas RAM minimum dan terbatas

Memori RAM benar-benar perangkat yang vital. Kapasitas RAM yang minimal tentunya juga mempengaruhi kemampuan Anda dalam menjalankan program komputer.

Jika kapasitas RAM Anda benar-benar terbatas, jangan terlalu banyak membuka jendela atau aplikasi tab. Untuk memeriksa aplikasi mana yang sedang berjalan, tekan CTRL + SHIFT + ESC secara bersamaan. Kemudian tutup aplikasi yang tidak lagi digunakan.

2. RAM rusak atau kotor karena debu dan kotoran

Selain kapasitas yang minim, RAM yang bermasalah atau kotor pun bisa menyebabkan komputer sering crash saat digunakan.

Masalah paling umum pada komputer adalah komponen RAM yang kotor karena debu. Masalah ini biasanya dapat diselesaikan dengan membersihkan pin atau tab dengan penghapus.

3. Suhu komputer naik, menyebabkannya terlalu panas

Perangkat elektronik apapun tentunya tidak lekang oleh waktu dengan masalah suhu atau panas. Hal yang sama berlaku untuk perangkat komputasi yang mengalami panas berlebih.

Baca Juga :  9 Cara Merawat Laptop Dan Komputer Baru Beli Supaya Awet Tahan Lama

Overheating atau suhu yang berlebihan dapat terjadi karena kipas pendingin komputer tidak bekerja secara maksimal atau karena sirkulasi udara di dalam dan di luar komputer tidak baik. Hal ini mungkin terjadi karena debu sudah mulai menumpuk.

4. Hardisk bermasalah atau banyak bad sector

Selain perangkat di atas, masalah hard drive juga dapat menyebabkan komputer Anda membeku secara tiba-tiba.

Secara umum kinerja harddisk dapat disebabkan oleh bad sector atau usia komputer. Untuk ini, coba periksa dengan menjalankan scan atau memeriksa disk untuk melihat kinerjanya. Padahal, jika kinerja harddisk mengalami penurunan yang signifikan, maka harus diganti dengan yang baru.

5. Virus dan aplikasi yang tidak pantas

Selain masalah perangkat keras, masalah lain, seperti virus dan perangkat lunak atau aplikasi yang tidak sesuai, juga dapat menyebabkan komputer sering mogok.

Baca Juga :  7 Situs Kamus Bahasa Online Online Terbaik Selain Google Translate

Untuk virus itu sendiri, hal ini biasanya terjadi karena virus memaksa komputer bekerja keras dengan membebani semua program yang berjalan di komputer.

Namun, jika kerusakan hanya terjadi saat perangkat lunak atau aplikasi sedang berjalan, sumber masalahnya jelas terletak pada program. Biasanya hal ini terjadi karena aplikasi tidak mendukung atau tidak sesuai dengan spesifikasi komputer Anda.

Inilah 5 Penyebab Komputer Crash Atau Hang Saat Digunakan

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa komputer sering crash secara tiba-tiba saat sedang digunakan. Jika masalah yang Anda alami lebih terkait dengan spesifikasi atau usia komputer, mungkin sudah saatnya untuk melakukan upgrade.

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.