6 Pengaturan Ponsel Android Yang Akan Meningkatkan Kinerja Ponsel Anda

Android 13 ada di sini untuk beberapa ponsel Google Pixel dan diharapkan tiba di ponsel Android lainnya pada akhir tahun. Namun, Anda tidak perlu menunggu pembaruan agar ponsel Anda tetap berfungsi dengan baik. Apa pun ponsel Android yang Anda miliki (Samsung Galaxy, Google Pixel, atau Motorola), ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda hari ini.

Di bawah ini, Anda akan menemukan pengaturan yang dapat Anda konfigurasi untuk membantu kinerja Android Anda lebih baik, tetapi sebelum Anda memulai, Anda perlu mengetahui di mana pengaturan ini dan apa sebenarnya yang dapat mereka lakukan untuk Anda.

Dalam panduan ini, kita akan melihat 6 pengaturan yang dapat membantu meningkatkan kinerja keseluruhan ponsel cerdas Android Anda, apakah Anda ingin meningkatkan masa pakai baterai, membersihkan kekacauan, rumah, atau menyingkirkan bug yang mengganggu.

Pengaturan Ponsel Android Yang Akan Meningkatkan Kinerja Ponsel Anda

6 Pengaturan Ponsel Android Yang Akan Meningkatkan Kinerja Ponsel Anda

Catatan: Tidak semua perangkat Android sama, dan produsen ponsel sering kali memasang perangkat lunak mereka sendiri di Android. Jadi perlu diketahui bahwa beberapa pengaturan mungkin hilang atau berada di lokasi yang berbeda tergantung pada versi Android yang Anda gunakan dan pabrikan ponsel Anda.

Ingin lebih banyak kiat Android? Lihat 5 tips ini untuk menjaga Android Anda terlihat seperti baru dan cara berhenti memberikan izin invasif ke aplikasi Android Anda (dan mengapa itu penting).

1. Layar yang terlalu terang akan menguras baterai dengan sangat cepat.

Pengaturan untuk meningkatkan masa pakai baterai

Hidup dengan ponsel dengan baterai rendah bisa menjengkelkan, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memaksimalkan setiap pengisian daya di awal:

1. Matikan kecerahan layar otomatis atau kecerahan adaptif dan sesuaikan penggeser tingkat kecerahan menjadi kurang dari 50%. Semakin terang layarnya, semakin besar konsumsi baterainya.
Untuk mengakses pengaturan, buka menu konteks di bagian atas layar dan sesuaikan penggeser, jika ada. Beberapa telepon mungkin memiliki sakelar kecerahan otomatis di panel koneksi; jika tidak, Anda perlu membuka aplikasi pengaturan dan mencari “brightness ” untuk menemukan pengaturan dan menonaktifkannya.

2. Gunakan baterai adaptif dan pengoptimalan baterai. Fitur-fitur ini berfokus pada mempelajari cara Anda menggunakan ponsel, termasuk aplikasi yang Anda gunakan dan kapan, kemudian mengoptimalkan aplikasi dan berapa banyak baterai yang digunakan.

Baca Juga :  5 Konten YouTube Yang Sering Ditonton Dan Digemari Banyak Orang

Beberapa ponsel Android akan memiliki bagian baterai khusus di aplikasi Pengaturan, sementara ponsel lain (melihat Anda, Samsung) akan mengubur pengaturan tersebut. Ini sedikit berbeda untuk setiap ponsel. Saya sarankan membuka pengaturan dan mencari “baterai ” untuk menemukan tampilan yang benar. Ponsel mungkin juga memiliki pengaturan pengisian daya adaptif yang dapat mengontrol kecepatan pengisian baterai ponsel dalam semalam untuk membantu menjaga kesehatan baterai.

2. mode gelap adalah temanmu

Cara lain untuk meningkatkan masa pakai baterai dan melindungi mata Anda adalah dengan menggunakan mode gelap khusus Android. Ponsel Android apa pun yang menjalankan Android 10 atau lebih baru akan memiliki opsi mode gelap khusus.

Menurut Google, mode gelap tidak hanya mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh layar ponsel cerdas pada mata kita, tetapi juga meningkatkan masa pakai baterai, karena lebih sedikit daya yang diperlukan untuk menampilkan latar belakang gelap pada layar OLED (digunakan di sebagian besar ponsel unggulan. ) dengan latar belakang putih.

Bergantung pada versi Android di ponsel Anda dan perusahaan yang membuat ponsel, Anda mungkin perlu menggali aplikasi pengaturan untuk menemukan mode gelap. Jika ponsel Anda menjalankan Android 10 atau lebih baru, Anda akan dapat mengaktifkan mode gelap di seluruh sistem. Jika Anda menggunakan Android 9, jangan putus asa. Banyak aplikasi memiliki opsi mode gelap sendiri dalam pengaturan yang dapat Anda gunakan terlepas dari apakah Anda memiliki Android 10 atau tidak.

Untuk mengaktifkannya dalam mode gelap, buka aplikasi Pengaturan dan cari mode gelap, tema gelap, atau bahkan mode malam (sebutan Samsung). Saya sarankan untuk selalu menggunakan mode gelap, tetapi jika Anda tidak yakin, Anda selalu dapat mengatur mode gelap untuk menyala secara otomatis sesuai dengan jadwal, misalnya dari pukul 19:00 hingga 7:00 setiap hari, atau memungkinkan untuk beralih secara otomatis berdasarkan posisi Anda saat matahari terbenam dan matahari terbit.

Baca Juga :  Cara Mengubah Kata Sandi Gmail Anda

Menggunakan mode gelap di ponsel apa pun adalah cara sederhana dan estetis untuk menghemat masa pakai baterai.

Pengaturan Ponsel Android Yang Akan Meningkatkan Kinerja Ponsel Anda

3. Jaga agar layar beranda Anda tetap rapi

Berencana pergi ke Google Play Store untuk banyak aplikasi Android baru? Bersiaplah untuk banyak ikon yang berantakan di layar beranda, tempat pintasan muncul setiap kali Anda menginstal sesuatu.

Jika Anda tidak mau, ada jalan keluar yang mudah: tekan lama pada area kosong di layar beranda dan ketuk Pengaturan. Cari opsi bernama Add Icon to Home Screen atau Add New Apps to Home Screen dan matikan.

Segera! Lebih banyak ikon di layar beranda saat Anda menginstal aplikasi baru. Anda masih dapat menambahkan pintasan dengan menyeret ikon aplikasi keluar dari laci aplikasi, tetapi pintasan tersebut tidak akan muncul di layar beranda kecuali Anda menginginkannya.

4. Setel Jangan Ganggu

Jika ponsel Anda menghabiskan malam di nakas secara teratur, Anda mungkin tidak ingin ponsel itu berbunyi bip atau berdering setiap kali ada panggilan, pesan, atau peringatan Facebook, terutama saat Anda mencoba untuk tidur.

Android menawarkan mode Jangan Ganggu yang akan membuat ponsel Anda lebih atau kurang senyap selama waktu yang ditentukan. Pada beberapa ponsel, ini disebut pengaturan waktu idle atau bahkan waktu hening.

Buka Pengaturan> Suara (atau Pemberitahuan), lalu cari Jangan Ganggu atau nama serupa. Jika Anda tidak dapat menemukannya, cari menggunakan fungsi pencarian yang ada di dalam pengaturan Anda.

Dengan menggunakan fungsi ini, Anda dapat mengatur interval waktu saat Anda ingin mematikan gangguan digital. Tapi jangan khawatir, notifikasi apa pun yang Anda dapatkan saat mode Jangan Ganggu aktif akan tetap menunggu Anda saat Anda bangun. Selain itu, Anda biasanya dapat membuat pengecualian yang memungkinkan panggilan berulang dan panggilan dari kontak favorit Anda lewat. Hidupkan. Jika seseorang menelepon Anda dalam keadaan darurat, Anda mungkin akan terus mencoba.

Apa yang akan dilihat oleh seseorang yang menemukan ponsel Android yang hilang atau dicuri setelah menggunakan Temukan Perangkat Saya untuk menguncinya.

5. Bersiaplah jika Anda kehilangan ponsel Anda

Apakah ada yang lebih buruk dari ponsel yang hilang atau dicuri? Sekedar pengetahuan bahwa saya dapat menemukannya jika saya mengaktifkan fitur Temukan Perangkat Saya di Google.

Untuk mempersiapkan penyetelan ulang yang berhasil, inilah yang perlu Anda lakukan: Buka aplikasi Pengaturan, lalu cari Temukan perangkat saya. Biasanya ditemukan di bagian Keamanan pada aplikasi Pengaturan.

Baca Juga :  5 Aplikasi Recovery Data Gratis Terbaik Untuk File Yang Hilang Di Flashdisk

Atau, jika Anda memiliki perangkat Samsung, Anda dapat menggunakan layanan Temukan Ponsel Saya dari Samsung yang terletak di Pengaturan> Biometrik & Keamanan> Temukan Ponsel Saya.

Setelah diaktifkan, Anda dapat membuka android.com/find dari PC atau perangkat seluler apa pun dan masuk ke akun Anda. Pengguna Samsung dapat mengunjungi findmymobile.samsung.com untuk menemukan ponsel yang hilang.

Kehilangan ponsel bukanlah pengalaman yang menyenangkan.

Jika Anda mengalami masalah dalam mengatur semuanya, pastikan untuk membaca panduan lengkap kami untuk menemukan ponsel Android yang hilang.

Dengan asumsi ponsel Anda aktif dan online, Anda seharusnya dapat melihat lokasi Anda di peta. Dari sana, Anda dapat memanggilnya, menguncinya, membuat catatan di layar kunci untuk memberi tahu siapa pun yang memilikinya cara mengembalikannya kepada Anda atau, dalam kasus terburuk, menghapus semuanya dari jarak jauh.

6. Dan selalu perbarui aplikasi ponsel Anda

Sejelas kelihatannya, bug dan masalah lain yang memperlambat perangkat Android Anda dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak sederhana.

Sebelum mengunduh dan menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru, pastikan perangkat Anda terhubung ke Wi-Fi; jika tidak, itu tidak akan berhasil.

Sekarang buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Perbarui. Kemudian Anda akan melihat Pembaruan Perangkat Lunak atau Pembaruan Sistem – pilih satu atau yang lain. Kemudian unduh perangkat lunak, tunggu beberapa menit dan instal ketika Anda siap. Perangkat Android Anda akan reboot dan menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru yang tersedia.

Selalu perbarui ponsel Anda dengan perangkat lunak terbaru untuk menghindari bug dan masalah lainnya.

Masih banyak lagi yang harus dipelajari tentang ponsel baru, tentu saja. Jika Anda memiliki ponsel yang menjalankan Android 12, berikut adalah beberapa fitur tersembunyi yang harus Anda ketahui. Juga, periksa daftar casing terbaik TipsSeo untuk ponsel Samsung Anda. Lebih banyak penggemar Apple? Kami juga memiliki tips untuk meningkatkan kinerja iPhone Anda.

Itulah 6 Pengaturan Ponsel Android Yang Akan Meningkatkan Kinerja Ponsel Anda

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.