6 Peluang Usaha Makanan Online Minim Resiko Dan Tips Memasarkan Untuk Pemula

Bisnis makanan online untuk pemula memudahkan penjual dan pembeli untuk saling bernegosiasi tanpa terikat waktu dan tempat. Ada berbagai jenis produk kuliner yang dijual di pasaran. Bisnis makanan online untuk pemula adalah prospek bisnis yang menjanjikan jika Anda ingin menekuninya.

Berikut beberapa ide bisnis makanan online yang bisa dicoba oleh pemula, berikut tips agar bisnis yang Anda jalankan sukses.

6 Peluang Usaha Makanan Online Minim Resiko Dan Tips Memasarkan Untuk Pemula

Peluang Usaha Makanan Online Minim Resiko

Tidak semua makanan bisa dijual di pasaran. Selanjutnya, jika pembeli berada di luar alamat penjual, maka ia harus menunggu paket dikirimkan oleh perusahaan angkutan.

Oleh karena itu, pemilihan jenis diet berkelanjutan akan membawa manfaatnya. Sehingga Anda tetap bisa menjualnya di pasaran dan jangkauan pembeli Anda lebih luas. Simak daftar rekomendasinya di bawah ini.

1. Aneka ragam sambal

Bisnis makanan online yang mudah dilakukan adalah sambal. Kebanyakan orang Indonesia suka makan sambal sebagai lauk.

Selain itu, ada banyak variasi sambal yang enak yang bisa disiapkan agar pembeli memiliki kebebasan untuk memilih rasa cabai yang diinginkan.

Contoh aneka saus yang bisa menggugah selera adalah sambal, saus tomat, saus cumi, saus bawang, saus ikan teri, saus tuna dan masih banyak lagi. Anda bisa membuat sambal ini di rumah menggunakan resep keluarga Anda jika ada atau dengan mencari tutorial di Internet.

Ingatlah untuk mencari bungkus cabai yang keras dan higienis. Paket cabai rawit yang dijual di pasaran biasanya dikemas dalam toples atau botol. Menggunakan toples sebagai wadah cabai akan memudahkan saat mengemas produk yang akan dikirim.

Juga, untuk pemula yang ingin pembeli mengingat merek cabai mereka, sebaiknya sertakan label pada kemasannya. Itu bisa berupa nama merek dan informasi tentang bahan sambal atau tanggal kedaluwarsa.

2. Makanan beku/frozen

Ide menjual makanan beku secara online merupakan bisnis makanan yang cukup populer di masyarakat saat ini. Seperti namanya, makanan ini dibekukan dan disimpan di lemari es atau freezer.

Baca Juga :  Lowongan Kerja Di Bappenas, Ada 2 Posisi Untuk Lulusan S1 Buat Karir Anda

Contoh makanan olahan beku bisa berupa nugget, hot dog, bakso, dan lain-lain. Cara penyajian yang simpel dan mudah ini ditujukan bagi konsumen sasaran yang ingin menghemat waktu dalam menyiapkan lauk pauk.

Bisnis makanan beku bisa dijalankan dari rumah. Oleh karena itu, tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menyewa akomodasi.

3. Keripik

Keripik merupakan camilan yang kering dan renyah saat dikunyah. Anda dapat menjual berbagai jenis keripik, dari yucca hingga pisang raja. Tentunya dengan berbagai rasa.

Contoh variasi rasa keripik kentang yucca antara lain podcast, salty, atau barbeque. Adapun keripik pisang, mereka bisa asli, cokelat, dll. Yang terbaik adalah meneliti selera pembeli terlebih dahulu hari ini.

Sama seperti jajanan kering, Anda perlu memastikan keripik bisa sampai ke tangan pembeli tanpa terkelupas dengan menambahkan bubble wrap atau kardus.

4. Camilan/snack kering

Bisnis makanan online yang mudah didapatkan untuk pemula berikutnya adalah sandwich kering. Peluang kerja ini cukup menjanjikan karena kebanyakan orang suka makan di waktu senggang. Apalagi jika jajanan yang Anda jual sesuai dengan selera pasar, maka akan laris manis.

Contoh camilan kering yang lezat termasuk stik podcast, stik keju, saus cokelat kering, astor, dll. Anda dapat menjualnya per kilo atau mengemasnya dalam satuan berat seperti seperempat pon atau tiga ons.

Bungkus sandwich kering dalam plastik dan pastikan plastik tertutup rapat. Karena jika ada lubang di plastiknya, jajanan tersebut akan kurang enak sekali dimakan. Ini mungkin mengecewakan pembeli.

Pemula harus memperhatikan kemasan snack kering yang akan dikirimkan kirimannya. Pembeli sering mengeluh bahwa barang dagangan hancur di jalan. Oleh karena itu, perlu untuk membungkus snack dengan bubble wrap atau kardus agar awet.

5. Selai

Rekomendasi dagang kuliner online di masa pandemi mendatang sedang krisis. Selai adalah makanan yang biasa dijadikan pendamping saat makan roti. Anda pasti pernah melihat iklan selai menyebar, bukan?

Ada banyak rasa selai yang berbeda, karena Anda bisa membuatnya dengan rasa buah seperti anggur, stroberi, jeruk, nanas, atau dengan rasa populer seperti cokelat dan kacang. Bagi pembeli yang suka makan roti untuk sarapan, menjual selai adalah pilihan yang baik.

Selain roti, selai juga bisa dioleskan pada makanan lain tergantung selera. Kemas selai dalam wadah yang aman seperti pembungkus saus sambal.

6. Bakso ACI

Baso aci biasanya dijual di warung-warung, namun makanan ini bisa Anda jadikan ide untuk dijual secara online dengan menjualnya secara instan. Sudah banyak di pasaran yang menjual bakso instan asam dan cukup direbus sesuai petunjuk.

Baca Juga :  Amankah Cryptocurrency Apabila Terjadi Pencurian Aset Pengguna Crypto?

Isi siomay sendiri biasanya cikur, cuanki, siomay atau siomay. Jika dijual instan, Anda harus memasukkan bubuk yang akan dicampur dengan saus.

Peluang Usaha Makanan Online Minim Resiko

Cara memulai bisnis makanan online untuk pemula

Anda tidak dapat langsung memulai bisnis. Ada langkah-langkah yang harus diikuti agar perencanaan bisnis makanan lebih matang. Berikut cara memulai bisnis makanan yang harus diperhatikan.

1. Tentukan ide bisnis

Cara memulai bisnis kuliner kecil-kecilan sesegera mungkin dengan menentukan ide bisnis. Sebelumnya Anda telah membaca beberapa tips ide jualan online untuk pemula. Pilih salah satu yang menarik perhatian Anda.

Pilihlah ide jualan makanan jika mampu menjalaninya agar dalam proses menjalankan bisnis kedepannya tidak akan merasa kewalahan. Tentu saja, semua makanan berpotensi menghasilkan uang bagi Anda, tetapi putuskan mana yang paling Anda sukai.

2. Ketahui target pasar Anda

Setelah mengetahui apa yang akan dijual, hal selanjutnya adalah mengetahui target pasar Anda. Target ini nantinya akan menjadi kriteria tipe pembeli yang membutuhkan produk Anda. Dengan mengetahui target pasar Anda, Anda dapat menentukan langkah bisnis, seperti menetapkan harga atau menjalankan promosi.

Coba tanyakan kepada teman atau keluarga terdekat Anda untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan pasar saat ini.

3. Siapkan anggaran

Sekarang setelah Anda memiliki gambaran tentang penjualan dan siapa target pembelinya, selebihnya tinggal anggaran. Di bagian ini perlu memetakan biaya yang mungkin Anda keluarkan. Dari produksi hingga pengiriman ke pembeli.

Pemetaan biaya yang dikeluarkan akan membantu Anda menentukan harga jual produk, serta keuntungan yang diperoleh setiap kali produk terjual. Pengeluaran kecil dari bisnis kuliner online bisa dihemat jika tidak menyewa tempat untuk melakukan proses produksi.

4. Bergabunglah dengan pasar marketplace

Karena tujuan awal bisnis restoran online pemula adalah berjualan online, sebaiknya Anda memasarkan produk Anda. Khusus untuk pemula, membuat website sendiri untuk menjual produk akan menghasilkan alokasi dana yang lebih besar.

Inilah sebabnya mengapa mendaftar di pasar adalah ide yang bagus. anda baru saja menjalankan promosi agar pembeli datang mengunjungi kios anda.

5. Buat akun media sosial bisnis

Salah satu strategi untuk menghadirkan produk kepada masyarakat umum adalah dengan membuat akun media sosial khusus perusahaan.

Berkat kehadirannya di jejaring sosial ini, pelanggan akan mengetahui katalog produk yang Anda jual dan informasi lainnya.

Selain itu, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai platform untuk berkomunikasi dengan pembeli sehingga bisnis Anda dapat berkembang.

Baca Juga :  7 Bisnis Online Yang Menjanjikan Dan Minim Resiko Untuk Pemula

Peluang Usaha Makanan Online Minim Resiko

Tips memasarkan bisnis makanan online untuk pemula

Pemula tentunya masih belum tahu banyak tentang pemasaran sebuah perusahaan. Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa tips bermanfaat untuk memasarkan produk Anda agar dapat menjangkau masyarakat umum.

1. Tawarkan diskon

Siapa yang tidak suka diskon? Kebanyakan orang membeli suatu barang karena mendapat potongan harga dari harga normalnya.

Saat Anda memulai bisnis untuk pertama kalinya, Anda dapat memberikan persentase diskon tertentu pada pembukaan pertama atau jika ada hari penting pada tanggal tersebut.

2. Pasang gambar profil produk yang menarik

Karena dijual secara online, tentunya pembeli tidak bisa langsung mengecek status produk yang dijual.

Oleh karena itu, memasang foto makanan asli akan menghilangkan keraguan pembeli dalam hal menambahkan produk ke keranjang belanja online.

3. Tunjukkan testimoni pelanggan

Testimonial memegang peranan penting di mata pembeli ketika mereka mengunjungi warung bisnis makanan online pemula. Toko yang baru dibuka biasanya tidak menunjukkan banyak testimoni. Anda dapat meminta bantuan teman atau keluarga Anda untuk memesan di pasar dan memberikan ulasan yang baik.

4. Menyetujui atau mendapat manfaat dari iklan

Tidak ada yang bisa menjamin penjualan online makanan yang Anda jual setiap hari. Jadi untuk terus menghasilkan uang, Anda dapat membayar iklan media sosial atau mendukung influencer.

5. Komunikatif dalam pengelolaan jejaring sosial perusahaan

Ada yang bilang pembeli adalah raja. Anda harus melayani mereka dengan sepenuh hati agar mereka menjadi pembeli yang loyal.

Untuk melakukan ini, menggunakan media sosial khusus untuk bisnis Anda, Anda perlu berinteraksi dengan pembeli dan menjawab semua pertanyaan terkait produk.

Pemula perlu belajar banyak untuk menjadi mahir. Mengetahui ide, cara dan tips menjalankan bisnis makanan online untuk pemula adalah langkah yang tepat untuk menambah informasi.

Jika Anda ingin membuka bisnis makanan online, Anda bisa memanfaatkan pasar seperti Bukalapak. Bukalapak menawarkan layanan pengiriman Bukasend super mudah untuk mengirimkan pesanan pelanggan.

Kualitas makanan atau minuman akan tetap terjaga karena ada same day delivery service. Anda bisa memilih berbagai jenis pengiriman laut sesuai dengan kebutuhan dan tentunya banyak promo menariknya.

Itulah 6 Peluang Usaha Makanan Online Minim Resiko Dan Tips Memasarkan Untuk Pemula

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.