PC Vs Laptop? Panduan Memilih Yang Terbaik Bagi Anda Gamer Pemula

PC Vs Laptop

PC Vs Laptop? Panduan Memilih Yang Terbaik Bagi Anda Gamer Pemula

Video game menjadi lebih halus secara grafis dan kaya akan sejarah, menambahkan aspek imersif yang dapat membenamkan pemain dalam resolusi monitor dan kartu grafis yang digunakan.

Namun, platform PC dan laptop memiliki kelebihan dan kekurangan, meskipun keduanya menggunakan sistem operasi yang sama, seperti Linux atau Windows. Bagi Anda yang berencana membangun PC gaming atau laptop gaming, Anda perlu mengetahui perbandingan antara keduanya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami mencoba memberikan penjelasan umum mengenai kelebihan dan kekurangan PC atau laptop sebagai perangkat gaming, serta pilihan terbaik untuk Anda.

Perbandingan PC Gaming vs Laptop Gaming

1. Performa: keunggulan utama game desktop atau PC

Laptop gaming umumnya memiliki banderol harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan laptop kelas bisnis atau kasual. Hal ini dikarenakan komponen pada laptop gaming lebih kuat dibandingkan pada laptop lainnya.

Baca Juga :  7 Situs Kamus Bahasa Online Online Terbaik Selain Google Translate

Namun, jika Anda membandingkan laptop gaming kelas atas dengan harga puluhan juta, laptop gaming akan selalu tertinggal dari PC gaming atau desktop dalam hal kinerja. prosesor desktop, serta kartu grafis dengan kinerja yang sedikit berkurang.

Alasan produsen laptop melakukan ini adalah untuk mencegah overheating karena terbatasnya ruang untuk pembuangan panas di sasis laptop, sangat berbeda dengan ruang super luas pada PC gaming untuk menampung kipas pendingin ukuran penuh di menara. Desktop.

2. Portabilitas: Laptop pasti lebih unggul

Aspek pertama perbandingan PC vs laptop gaming adalah portabilitas, yang tentunya bisa Anda simpulkan sendiri; laptop adalah pemenang mutlak dalam hal ini.

Tentunya untuk bermain di PC membutuhkan desktop tower yang memakan banyak ruang di dalam ruangan, yang pastinya tidak portable sama sekali. Saya belum mempertimbangkan perangkat lain seperti keyboard, mouse, monitor, speaker, dll.

Di sisi lain, laptop gaming membuat bermain game menjadi mudah dalam desain yang ramping dan ringkas yang dapat Anda bawa ke mana pun Anda pergi. Anda juga harus tahu bahwa ada banyak produsen laptop gaming yang mengoptimalkan produk mereka untuk membuatnya lebih ramping dari hari ke hari.

Baca Juga :  8 Daftar Chromebook Terbaik Yang Mempunyai Fitur Canggih Dan Layak Dibeli Di 2022

3. Grafik: Desktop unggul, dengan sedikit margin

Berbicara mengenai kemampuan grafis tentunya hal tersebut tidak lepas dari budget yang ingin dikeluarkan oleh pengguna, karena pada intinya semakin mahal komponen yang digunakan maka semakin baik pula kemampuan grafisnya.

Dalam hal ini, PC lebih unggul karena menara desktop dapat memberikan aliran udara yang lebih baik serta komponen GPU yang ditemukan dalam varian bandwidth penuh. Ini berarti bahwa kartu grafis menara desktop dapat membuat aset 3D lebih baik dari segi kuantitas dan kualitas.

Namun, komponen GPU laptop menjadi lebih canggih dan kemungkinan dapat bersaing dengan GPU desktop, meskipun dengan selisih yang tipis. Tentu saja, ini tergantung pada anggaran pengguna, karena laptop gaming di kisaran Rs 20 crore saat ini tidak sebagus desktop dengan versi seharga Rs 15 crore dalam hal penanganan.

4. Kontrol: keyboard mekanical vs chiclet

Kontrol video game dapat menjadi aspek yang sepenuhnya subjektif tergantung pada selera pengguna. Dalam hal perbandingan desktop gaming dan laptop gaming, dapat dikatakan bahwa kenyamanan kontrol game seimbang.

Biasanya, jika Anda memutuskan untuk membuat atau membeli desktop tower dengan spesifikasi game, kemungkinan besar Anda akan memilih keyboard mekanis untuk kenyamanan kontrol tertinggi. Bahkan, hal yang sama berlaku untuk laptop gaming, di mana secara default mereka menggunakan keyboard chiclet yang kurang nyaman untuk bermain game, tetapi masih dapat menggunakan keyboard eksternal untuk kenyamanan kontrol yang lebih besar.

Baca Juga :  5 Tips Meningkatkan FPS Di PC Dan Laptop Agar Stabil Saat Bermain Game

Sama seperti poin sebelumnya, kenyamanan controller tak lepas dari budget yang ingin dikeluarkan pengguna, terutama portable gamers.

Apa pun keunggulan PC gaming dibandingkan laptop gaming, jawabannya akan terserah Anda sebagai pengguna akhir.

Apakah kinerja tinggi atau portabilitas perangkat game menjadi prioritas? Jika performanya tinggi, PC gaming lebih cocok. tetapi jika menyangkut portabilitas untuk bermain game saat bepergian, maka laptop gaming adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Demikian Ulasan PC Vs Laptop? Panduan Memilih Yang Terbaik Bagi Anda Gamer Pemula

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.