Hindari 5 Pantangan Wajib Dihindari Saat Wisata Liburan Ke Padang Agar Selamat

Pantangan Wajib Dihindari Saat Wisata Liburan Ke Padang

Setiap daerah di Indonesia memiliki larangan atau pantangan tersendiri. Kota Padang salah satunya. Jika Anda berlibur di wilayah asal suku Minangkabau, Anda harus mengikuti sederet pantangan khas suku Minangkabau.

Anda ingin liburan Padang Anda aman dan bebas hambatan, bukan? Hal-hal yang tabu adalah sebagai berikut.

Hindari 5 Pantangan Wajib Dihindari Saat Wisata Liburan Ke Padang Agar Selamat!

1. Berbicara buruk atau kasar

Di Minangkabau, tabu ini biasanya dikaitkan dengan Pangulu atau kepala adat Minangkabau. Dalam pantangan ini, Pangulu dilarang mengucapkan kata-kata kasar atau tidak sopan. Hal ini karena Pangulu adalah panutan bagi orang-orang yang dipimpinnya, sehingga Pangulu harus melanjutkan pembicaraannya.

Namun, pantangan ini juga berlaku saat Anda berlibur ke Padang. Dengan melindungi mulut Anda dari kata-kata buruk atau kasar, Anda akan terhindar dari hukuman sosial berupa pelecehan, cacian, dan pemukulan dari orang-orang di sana. Tentu saja, Anda ingin menghindari rintangan ini.

Baca Juga :  10 Tempat Nongkrong Terbaik Di Sentul Bogor Dengan View Pemandangan

2. marah

Seperti tabu sebelumnya, tabu ini juga berlaku bagi seorang Pangulu. Pangulu tidak berhak marah, apalagi jika amarahnya melampaui batas normal. Meski harus marah, Pangulu harus tetap mengunggulkan kebijaksanaan dan kebaikan.

Seperti pantangan-pantangan sebelumnya, pantangan ini juga berlaku bagi Anda yang akan berlibur ke Padang nantinya. Dengan menghindari tabu ini, Anda akan terhindar dari permusuhan atau kesalahpahaman, yang merupakan hukuman sosial masyarakat. Selain itu, menghindari pantangan tersebut juga akan membuat Anda lebih ramah terhadap orang Minang yang tinggal di kota ini.

3. Berjalan terburu-buru dan menghalangi jalan orang lain.

Dalam adat suku Minangkabau terdapat pantangan atau larangan yang disebut “Sumbang Jalan “. Tabu ini merupakan pantangan dalam hal berjalan kaki, terutama bagi kaum hawa. Dalam pantangan ini, wanita harus menjaga cara berjalannya, misalnya: saat berjalan, jangan terburu-buru dan jangan mengganggu orang lain yang berjalan juga.

Baca Juga :  Inilah 5 Fakta Desa Trunyan Yang Punya Tradisi Pemakaman Yang Unik

Meski pantangan ini bagi para wanita Minangkabau, namun pada kenyataannya pantangan ini juga berlaku bagi Anda jika ingin berlibur ke Padang nanti. Selama di Padang, usahakan untuk tidak terburu-buru dan menghalangi jalan orang lain. Dengan cara ini, Anda pasti akan terhindar dari “memaksa ” berupa dicap kasar oleh orang-orang di sana.

4. Bertanya macam-macam seperti ingin mengancam

Tabu ini sebenarnya berlaku bagi perempuan Minangkabau dan merupakan bagian dari tata krama dan pantangan khas Minang. Namun, ada baiknya juga menghindari tabu ini untuk menghindari hukuman sosial.

Untuk menghindari pantangan ini, sebaiknya Anda bertanya dengan sopan, santun dan tepat, khususnya masyarakat Minang ibu kota Sumatera Barat. Selain menghindari pantangan-pantangan di atas, cara ini juga akan menyelamatkan Anda dari hukuman sosial berupa dicap kasar dan suka memerintah oleh masyarakat Kota Padang.

5. Jawab pertanyaan secara alami

Selain melontarkan berbagai macam pertanyaan, seperti mengancam orang, Anda pun tidak mau menjawab dengan santai, apalagi jika nanti orang Padang menanyakannya. Hindari ini, Anda pasti akan menghindari terlihat kasar atau bermusuhan oleh orang-orang di sana, yang merupakan hukuman sosial untuk tabu ini. Sebaliknya, tanggapi dengan cara yang sopan dan santun, terutama saat orang bertanya kepada Anda.

Baca Juga :  Inilah 5 Kopi Indonesia Terbaik Yang Harus Dicoba Bagi Pecinta Coffe

Itulah sederet pantangan khas Minangkabau yang harus Anda hindari agar liburan Anda di Padang aman dan bebas hambatan. Padahal, pantangan di atas berlaku bagi sebagian suku Minangkabau. Namun, sebaiknya hindari juga pantangan-pantangan di atas, untuk menghindari beberapa hukuman sosial yang sudah disebutkan sebelumnya.

Hindari 5 Pantangan Wajib Dihindari Saat Wisata Liburan Ke Padang Agar Selamat

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.