5 Panduan Pemula Untuk Memilih Kamera Digital Murah Sebelum Membelinya

Jejaring sosial seperti Instagram (IG) dan Facebook (FB) membuat kamera digital lebih menarik. Selain memudahkan untuk mentransfer foto, kamera digital juga menghasilkan foto yang bagus, tidak hanya untuk fotografer profesional.

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan, kini semakin banyak pilihan dan jenis kamera digital yang terjangkau. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Nah, jika Anda seorang pemula dengan anggaran terbatas, ada baiknya Anda memilih kamera digital yang tepat.

Tidak hanya berdasarkan kebutuhan, sesuaikan keinginan Anda untuk membeli kamera digital berdasarkan anggaran dan fasilitas atau fitur yang Anda miliki.

5 Panduan Pemula Untuk Memilih Kamera Digital Murah Sebelum Membelinya

Berikut panduan memilih kamera digital yang tepat untuk pemula:

Panduan Pemula Untuk Memilih Kamera Digital

1. Sesuaikan keinginan membeli kamera digital dengan budget atau harga kamera digital

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah anggaran yang Anda miliki untuk membeli kamera. Ada banyak kamera untuk dipilih dan kisaran harganya juga bervariasi. Setelah Anda menentukan jumlah anggaran yang Anda siapkan, carilah kamera yang spesifikasi dan fiturnya paling sesuai dengan kebutuhan pemotretan Anda.

Harga kamera digital menjadi poin terpenting yang harus diperhatikan saat memilih kamera digital, karena selain kamera dan lensa tentunya Anda juga akan membeli aksesoris lainnya, seperti tas kamera, alat pembersih kamera, tripod dan lainnya. . Karena itu, pastikan anggaran Anda mencakup dana yang diperlukan untuk membeli aksesori yang Anda butuhkan. Anda dapat membandingkan harga kamera digital di sini.

Baca Juga :  4 Tipe Standar Lighting Kamera Yang Bisa Kamu Pilih Untuk Kebutuhan Fotografi Anda

2. Sesuaikan kamera digital dengan kebutuhan fotografi Anda

Apa yang ingin Anda lakukan di masa depan dengan kamera baru ini? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menemukan kamera terjangkau yang memenuhi kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin membawa kamera praktis untuk dibawa bepergian? Atau apakah Anda ingin kamera tahan air? Atau Anda juga menginginkan kamera dengan kualitas video yang bagus untuk merekam momen bersama teman atau keluarga?

Sebelum memilih jenis kamera digital, Anda perlu memahami cara menentukan kriteria umum kualitas sebuah kamera. Kualitas kamera dapat dilihat dari kualitas foto yang dihasilkan. Kualitas gambar ditentukan oleh ukuran sensor gambar dan generasi prosesor gambar.

Jadi, perhatikan juga performanya. Performa kamera dapat dilihat pada kecepatan pengoperasian, kecepatan foto selanjutnya dan kecepatan eksekusi fungsi kamera otomatis. Jadi, perhatikan juga kualitas aksesoris seperti lensa dan flash pada kamera serta kenyamanan memegang dan menggunakan kamera. Ini sangat penting sebelum akhirnya menentukan jenis kamera yang Anda butuhkan.

3. Pilih jenis kamera digital, kecil dan simple atau besar tetapi dengan kualitas gambar yang bagus

Setelah mengetahui kebutuhan Anda, kini saatnya mencari tahu jenis kamera digital apa saja yang tersedia.

  • 1. Kamera Saku/compact: Kamera saku memiliki lensa yang tidak dapat diubah, tetapi ringkas dan mudah digunakan. Kamera seperti ini cocok untuk bepergian atau sekedar memotret untuk kebutuhan sehari-hari. Kamera digital saku juga dilengkapi dengan kemampuan video dan memiliki resolusi HD atau bahkan Full HD. Resolusi ini cukup memadai untuk kebutuhan merekam momen-momen penting atau untuk perjalanan sehari-hari Anda.
  • 2. Kamera prosumer atau superzoom: kekuatan utama kamera jenis ini adalah zoom yang dapat bervariasi dari 20 hingga 50x atau bahkan lebih. Ini terlihat seperti kamera DSLR, tetapi umumnya lebih kecil dan lebih ringan. Harganya juga lebih murah. Lensa juga tidak dapat dipertukarkan, dan sensor gambar biasanya relatif kecil, tetapi sedikit lebih besar daripada kamera saku.
  • 3. Kamera DSLR dan mirrorless: Kedua jenis kamera ini paling banyak dicari dalam beberapa tahun terakhir. Lensa kedua kamera dapat dipertukarkan. Jika Anda memiliki kamera DSLR atau mirrorless untuk pertama kalinya, bodi kamera biasanya sudah dilengkapi dengan lensa kit. Lensa ini biasanya diperbesar dengan rentang fokus yang dapat mencakup sejumlah besar skenario pemotretan.
Baca Juga :  7 Tips Membeli Lensa Kamera DSLR Yang Bagus Agar Tidak Salah Pilih

Lensa kit DSLR dilengkapi dengan sensor APS-C, crop factor 1,5x atau 1,6x, dan biasanya memiliki rentang fokus 18-55mm atau 16-50mm. Sedangkan kamera mirrorless dilengkapi dengan sensor Micro Four Thirds, crop factor 2x dan lensa kit dengan rentang fokus 14-42mm atau 12-32mm.

4. Perhatikan juga fitur lainnya

Setelah Anda menentukan jenis kamera yang tepat untuk kebutuhan Anda, Anda juga harus memperhatikan fitur lain yang ditawarkan oleh setiap jenis kamera digital, seperti konektivitas, flash built-in, dan banyak lagi.

Konektivitas: Bagi sebagian orang, kriteria kamera saat ini adalah harus memiliki fungsi WiFi atau NFC untuk mentransfer gambar atau foto dari kamera ke ponsel, tablet, atau komputer, di antara media lainnya. Anda juga harus memiliki fungsi GPS dan geotagging untuk membagikan foto dan tempat pengambilan foto. Jadi apakah kamera target Anda pernah menyediakan fitur ini?

Built-in Flash: Beberapa kamera memiliki built-in flash, yang lain tidak. Selain itu, saya akan membantu éclairage, flash terintegrasi peut également tre utilisé untuk membantu mise au point automatique sur l ‘muncul foto dan utusan sinyal de clenchement sans fil pour le flash situé l ‘di luar kamera.

Mode dan Efek Pemandangan: Fitur seperti mode panorama, berbagai filter dan efek kreatif, HDR otomatis, dan berbagai mode pemandangan bisa menjadi sangat penting bagi sebagian orang. Kamera DSLR atau mirrorless biasanya sudah memiliki fitur tersebut.

Baca Juga :  Spesifikasi Dan Harga Kamera Sony Alpha 1, Kamera Mirrorless Full-frame Tercanggih Dari Sony

Slot Kartu Memori: Sebagian besar kamera saat ini menerima kartu memori SD (Secure Digital) dan / atau CF (Compact Flash). Kartu memori tipe SD lebih kecil dan lebih lambat dari kartu CF, tetapi lebih murah dan lebih banyak digunakan. Kebanyakan kamera DSLR sudah menggunakan kartu CF yang lebih kuat dan memiliki kapasitas lebih besar.

Battery Grip: Aksesori ini berguna untuk menyimpan baterai ekstra dan juga memudahkan untuk memegang kamera saat memotret dalam orientasi potret. Di sebagian besar kamera, pegangan baterai juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kecepatan foto berikutnya.

5. Anda dapat membeli kamera digital murah secara online

Jika Anda sudah memutuskan, saatnya membeli kamera. Membeli kamera dapat dilakukan secara online karena akan lebih nyaman dan mudah. Anda juga bisa membelinya di e-commerce yang menjual produk fotografi.

Namun hati-hati, pilihlah e-commerce yang menggunakan rekening bersama untuk memastikan perlindungan konsumen dan menghindari penipuan, misalnya Bukalapak. Dengan menggunakan akun bersama, Anda akan terhindar dari penipuan oleh penjual karena segala sesuatu mulai dari pembayaran hingga pelacakan pesanan kurir telah dilacak dan dikonfirmasi oleh e-commerce.

Jika perlu, Anda juga bisa menanyakan layanan apa yang Anda dapatkan setelah melakukan pembelian. Jika kamera rusak, apakah ada pusat layanan? Apakah suku cadang cepat dan mudah ditemukan? Dan pertanyaan lainnya.

Jika Anda telah menetapkan anggaran, kebutuhan fotografi, dan juga mengetahui fitur kamera apa yang Anda butuhkan, inilah saatnya untuk memilih rangkaian kamera digital terbaik. Berikut 5 panduan memilih kamera digital yang terjangkau untuk pemula. Ini bisa berguna!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.