Inilah 9+ Minuman Khas Indonesia Untuk Menambah Stamina & Meningkatkan Imun Tubuh

Di malam hari atau saat cuaca dingin karena hujan, yang paling nikmat adalah meminum minuman hangat. Jika Anda bosan dengan teh atau kopi, Anda bisa mencoba minuman panas khas Indonesia.

Berikut ini banyak minuman panas khas Indonesia yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan wajib dicoba. Tidak peduli apa?

Inilah 9+ Minuman Khas Indonesia Untuk Menambah Stamina & Meningkatkan Imun Tubuh

Minuman Khas Indonesia Untuk Menambah Stamina

Sungguh sia-sia jika Anda belum pernah mencoba minuman panas yang menyegarkan ini.

1. Wedang Jahe

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan wedang jahe, minuman hangat yang bisa melegakan tenggorokan dan menambah stamina. Telah lama dipercaya bahwa jahe dapat meredakan kedinginan, demam, perut kembung, dan nyeri otot berkat sifat anti-inflamasinya. Jahe juga mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari polusi udara.

Jika Anda ingin menikmati minuman jahe yang nyaman, Anda harus mencoba dua minuman ini.

Bejo dengan jahe merah

Cara mudah untuk memetik manfaat jahe merah, seperti meredakan batuk, mengatasi gangguan pencernaan, atau membantu mengurangi gejala demam, mungkin bisa dengan menikmati Bejo Jahe Merah ini. Tersedia dalam sachet yang bisa diminum rapi atau dicampur dengan air hangat agar uapnya bisa dihirup.

Saat membuka bungkusnya, Anda akan merasakan aroma segar jahe yang membantu melegakan hidung, sehingga pernapasan menjadi lebih nyaman. Saat diresapi dengan air hangat, aroma jahe segar juga membantu mengurangi sakit kepala dan mual. Sangat bermanfaat untuk meredakan masuk angin, masuk angin dan perut kembung. Rasa tidak nyaman di perut akan berkurang dan Anda akan tidur lebih nyenyak setelah mengonsumsi jahe merah bejo ini, seiring dengan bertambahnya suhu tubuh.

Baca Juga :  Inilah 5+ Adat Batak Yang Wajib Di Ketahui Saat Berkunjung Ke Tanah Batak

Bejo Ginger Merah juga mengandung madu, sehingga rasanya yang manis sangat cocok dan membantu meningkatkan stamina. Juga aman dikonsumsi anak-anak dalam dosis setengah dari dosis dewasa.

Bejo Wedang Sujamer dengan susu jahe merah

Pecinta susu jahe wajib mencoba produk herbal yang satu ini. Tidak hanya baik dan bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, tetapi juga mengandung bahan aktif gingerol dan zingiberene yang berasal dari jahe merah dan susu rendah lemak atau skim yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi nyeri otot. Jahe merah juga mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu meredakan demam dan mengurangi rasa sakit seperti sakit kepala.

Cara membuatnya mudah, cukup diseduh dengan air hangat kemudian dikonsumsi setelah makan. Kenyamanan akan terasa dari perut untuk memberikan sensasi menenangkan pada hidung dan tenggorokan. Anda juga dapat memberikannya kepada anak Anda ketika dia demam atau demam, dengan setengah dosis orang dewasa. Manisnya sempurna dan rasa hangatnya membuat si kecil tidur lebih nyenyak.

2. Minuman Wedang Uwuh

Minuman panas ini berasal dari Jawa dan banyak ditemukan di wilayah Yogyakarta. Wedang uwuh adalah bahasa Jawa untuk minuman sampah. Tentu bukan pemborosan yang sebenarnya karena sampah yang dimaksud di sini adalah daun atau bumbu yang menjadi bahan untuk membuatnya.

Wedang uwuh terbuat dari kayu secang, serai, kapulaga, jahe, cengkeh, kayu manis, pala dan gula. Jangan kaget dengan warnanya, oke? Minuman ini berwarna kemerahan yang berasal dari warna kulit cangkir. Wedang uwuh dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh.

3. Wedang Ronde

Wedang bulat adalah minuman jahe dengan tambahan bulatan. Bulat ini adalah kue bulat berwarna-warni yang diisi dengan kacang manis yang dihaluskan.

Awalnya, putaran itu dari Cina. Sehingga kue ini menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Di Jawa, ronde disajikan dengan sentuhan lokal. Wedang bulat juga mendapat irisan roti, keju, dan taburan kacang tanah.

Baca Juga :  Berikut 6+ Cara Aturan Makan Sushi Yang Benar Menurut Budaya Jepang

4.Sekoteng

Di beberapa daerah, Anda masih bisa menemukan pedagang Sekoteng yang menjual minuman ini menggunakan gerobak atau gerobak. Mereka biasanya berlari di malam hari.

Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah. Minuman ini juga memiliki bahan dasar jahe, sehingga menghangatkan dan enak diminum dingin. Dalam semangkuk sekoteng terdapat kacang tanah, kacang hijau, irisan roti dan henna cina. Jangan lupa tambahkan susu sampai terasa manis.

5. Bajigur

Minuman panas ini berasal dari Jawa Barat. Bahan utamanya hanya gula aren dan santan. Ada juga pedagang yang menambahkan jahe.

Anda tetap bisa menikmati bajigur jika bertemu dengan penjualnya menggunakan gerobak dorong. Penjual ini juga biasanya menawarkan ubi rebus, kacang rebus, dan pisang raja rebus sebagai pelengkap saat menyantap bajigur.

Bajigur sekarang juga dijual dalam kemasan instan. Cukup siapkan dengan air panas untuk diminum.

6. Bandrex

Selain bajigur, Jawa Barat juga memiliki minuman panas populer bernama bandrek. Bandrek biasanya juga dijual bersama dengan bajigur. Bandrek juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ringan, seperti flu biasa.

Bandrek terbuat dari jahe dan gula merah. Beberapa penjual menambahkan variasi bahan lain, seperti serai, pandan, hingga telur ayam. Ada juga yang menambahkan susu pada minuman ini.

Baca Juga: Lawan Virus Corona Dengan 7 Suplemen Herbal Untuk Stamina Tubuh Itu

7. Bir Pletok

Namanya menyandang kata “bir “, namun minuman Betawi ini sama sekali tidak beralkohol. Bir Pletok sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Dans le passé, les Betawi voulaient resent le plaisir de boire de la bière, tetapi tampaknya dia pecandu alkohol dan menyebabkan l ‘ivresse, dia akhirnya tidak menciptakannya versi bière to Believe bière pletok qui pourrait body réchauffer.

Minuman ini terbuat dari berbagai bumbu, antara lain jahe, serai, kayu manis, pala, adas, cengkeh, daun jeruk, kapulaga, merica, daun pandan dan gula. Ada juga bir pletok yang menggunakan cangkir untuk menghasilkan warna merah pada minumannya.

Baca Juga :  Inilah 6+ Adat Minangkabau Yang Harus Diketahui Dan Dipatuhi Saat Bertraveling

Saat ini, beberapa perusahaan domestik menyeduh bir pletok dan mengemasnya. Bir pletok bisa dinikmati tidak hanya panas, tapi juga dingin.

8. Kopi Rarobang

Bagi pecinta kopi wajib mencoba minuman kopi Ambon yang satu ini. Rasanya beda dari kopi biasa!

Ambon memang bukan penghasil kopi, namun warga Ambon bisa memodifikasi minuman kopi arabika agar lebih sehat dengan racikan bumbu yang mudah ditemukan di Ambon.

Rempah-rempah yang terdapat pada kopi Rarobang antara lain jahe, cengkeh, serai, dan kayu manis. Tambahkan juga gula sesuai selera. Nah, yang membuat minuman ini semakin istimewa adalah ditaburi kacang.

9. Kunyit asem

Indonesia juga memiliki minuman tradisional yang disebut jamu. Ada banyak jenis jamu dan salah satunya adalah kunyit asam atau kunyit asam. Saat ini jamu asam jawa dan kunyit sudah tersedia dalam bentuk bubuk dan bisa langsung diinfus. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi kunyit, antara lain detoksifikasi tubuh, pemeliharaan berat badan, penyembuhan radang tenggorokan, keteraturan siklus menstruasi, penghilangan bau badan, kontraksi perut buncit dan masih banyak lagi.

10. Beras Kencur

Sesuai dengan namanya “nasi kencur “, minuman tradisional Indonesia ini terbuat dari beras dan kencur. . Di Indonesia. Beras kencur merupakan minuman yang sering dikonsumsi di Indonesia karena kaya akan manfaat bagi tubuh.

Beberapa diantaranya ditujukan untuk mengatasi pegal linu, menambah nafsu makan, menebalkan lapisan lambung, melawan masuk angin, meningkatkan stamina dan melangsingkan tubuh. Berbeda dengan jenis jamu lainnya, rasa nasi kencur ini enak! Campuran asam, manis dan juga sedikit pahit (tapi tidak terlalu pahit)

Inilah 9+ Minuman Khas Indonesia Untuk Menambah Stamina & Meningkatkan Imun Tubuh

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.