8 Step Untuk Menginstal Router WiFi Di Rumah Yang Bisa Dilakukan Sendiri Dengan Mudah

Menginstal Router WiFi Di Rumah

Setelah Anda membeli router WiFi, saatnya untuk menginstal dan mengkonfigurasinya. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali memasang router WiFi

8 Step Untuk Menginstal Router WiFi Di Rumah Dengan Mudah

Mungkin ada beberapa pengaturan. Ini jelas tergantung pada model dan merek router WiFi yang Anda gunakan. Namun secara umum, proses instalasi sebenarnya tidak jauh berbeda.

Ini adalah langkah-langkah untuk menginstal router WiFi di rumah

1. Hidupkan dan hubungkan modem ke router

Hubungkan router dengan mencolokkan kabel daya ke stopkontak terdekat. Kemudian hidupkan router dengan menekan tombol power ke posisi ON.

Hubungkan modem menggunakan kabel Ethernet. Untuk beberapa tipe dan seri, beberapa sudah mendukung koneksi USB.

Baca Juga :  Begini Cara Melihat Riwayat Postingan Tiktok Yang Di Like Dengan Mudah

Colokkan kabel ke soket di router Anda atau yang disebut WAN atau uplink. Saat menghubungkan perangkat ke jaringan kabel, pastikan setiap ujung kabel tersambung dengan benar dan tidak kendor. Pastikan juga perangkat modem sudah dikenali oleh router.

2. Hubungkan komputer Anda ke router

Hubungkan komputer ke router dengan kabel jaringan. Perlu dicatat bahwa penggunaan koneksi WiFi router tidak disarankan untuk instalasi awal, karena parameter WiFi tidak dikonfigurasi dengan benar.

Penggunaan kabel instalasi pada router juga dimaksudkan untuk menghindari koneksi yang tidak stabil pada saat instalasi.

3. Buka menu administrasi router dan masuk

Sebuah fois l ‘biasa terhubung ke router, ouvrez browser Web. Entrez ensuite alamat jalan untuk masuk ke menu admin. Umumnya, beberapa rangkaian router dapat mengakses alamat web di “http:/192.168. 1.1 “atau ” http: //2.168.0.1 “untuk mengakses menu administrasi .

Jika Anda kehilangannya, lihat manual router Anda masing-masing. Jika sudah masuk menu d ‘administration du routeur, isikan nama anda d ‘ utilisateur et votre mot de pass.

Biasanya, nama pengguna default adalah “admin ” dengan kata sandi “sandi Dianjurkan untuk segera mengubah rincian parameter administrasi router untuk memulai keingintahuan utama jouer avec votre réseau.

Baca Juga :  Cara Konversi PDF Ke Excel Dengan Online Dan Offline Secara Mudah

4. Masukkan data dan informasi koneksi internet Anda

Untuk terhubung ke Internet, masukkan informasi dan pengaturan router Anda sesuai dengan jaringan atau penyedia Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan Internet DSL, Anda harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi PPPoE di router. Demikian juga, jika Anda menggunakan alamat IP statis.

5. Perbarui alamat MAC router

Beberapa ISP mengotentikasi pelanggan mereka dengan alamat MAC. Anda dapat memperbarui alamat MAC router melalui menu administrasi router. Untuk informasi lebih lanjut, lihat manual dari masing-masing router.

6. Ingatlah untuk mengubah nama jaringan (SSID)

Router yang lebih baru umumnya menggunakan nama default sesuai dengan pabrikannya. Untuk alasan keamanan, Anda dapat mengubah nama SSID.

Jika demikian, coba periksa koneksi LAN antara komputer dan router. Pastikan komputer Anda dapat menerima informasi alamat IP dari router dengan benar. Periksa juga apakah komputer dapat terhubung ke Internet.

7. Menghubungkan komputer atau perangkat lain ke router

Anda kemudian dapat langsung menghubungkan komputer atau laptop dengan kabel Ethernet melalui konektor LAN jika tersedia.

Baca Juga :  5 Cara Facebook Meningkatkan Kualitas Konten Dengan Fitus News Feed

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan jaringan nirkabel, pastikan nama jaringan (SSID) yang dipilih cocok dengan SSID router, serta kata sandi yang telah ditetapkan sebelumnya di langkah 3.

8. Tentukan fitur keamanan jaringan

Untuk mengkonfigurasi fitur keamanan jaringan dan melindungi sistem router dari penyusup dan peretas, Anda dapat menggunakan fitur enkripsi nirkabel WPA2.

Juga, pastikan router Anda mendukung fungsionalitas WPA2. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca tips keamanan router pada pembahasan Tips melindungi router WiFi dari serangan hacker.

Jika semua langkah sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menentukan di mana menempatkan router WiFi. Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman jauh dari apa pun yang dapat merusak router, seperti air dan dalam jangkauan anak-anak.

Demikian 8 Step Untuk Menginstal Router WiFi Di Rumah Dengan Mudah

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.