Bagaimana Menghubungkan Headset Bluetooth Ke Android Smartphone

Menghubungkan Headset Bluetooth Ke Android

Mendengarkan musik saat bepergian di luar ruangan bisa sama serunya dengan mendengarkan lagu di dalam ruangan jika Anda menggunakan headphone Bluetooth. Mampu menggunakannya secara nirkabel, tentu saja, merupakan keunggulan utama headphone Bluetooth. Karena menggunakan koneksi jaringan Bluetooth, headset jenis ini tidak perlu dipusingkan dengan kabel yang berantakan.

Bagaimana menghubungkan headset Bluetooth ke Android Smartphone

Menggunakannya cukup menghubungkan ke perangkat yang mendukung koneksi Bluetooth. Jangkauannya juga hingga 10 meter, sehingga Anda dapat mengontrol pemutaran lagu dari jarak jauh. Konektivitas juga tidak perlu diragukan, karena beberapa jenis headset Bluetooth masih dapat digunakan dalam cuaca buruk.

Bahkan jika Anda tidak memiliki kabel, jangan berpikir kualitas suara headset Bluetooth rata-rata. Kualitas suara yang dihasilkan oleh headphone jenis ini tidak bisa dianggap remeh. Kualitasnya cukup bagus. Bahkan, sudah ada beberapa headphone Bluetooth yang mendukung 360 sound atau surround sound, lho.

Karena beberapa jenis earphone Bluetooth dirancang untuk mendengarkan musik di luar ruangan, earphone Bluetooth juga dilengkapi dengan fungsi tahan air. Bahkan, beberapa perangkat dirancang untuk dipakai saat berolahraga. Ya, Anda bisa berlari sambil mendengarkan musik dengan nyaman.

Baca Juga :  7 Tips Membeli Drone Terbaik Agar Tidak Salah Pilih Yang Harus Diketahui Pemula

Banyak headphone Bluetooth yang beredar di tahun 2021 juga hadir dengan kemampuan Active Noise Cancelling (ANC). Fitur ini dapat memblokir suara luar sehingga Anda merasa seperti berada di ruangan yang tenang. Artinya Anda bisa lebih fokus mendengarkan musik. Sayangnya, headphone Bluetooth berkemampuan ANC relatif mahal.

Apa itu headset Bluetooth jika Anda tidak dapat menggunakannya? Jika belum paham, berikut cara menggunakan headset Bluetooth di smartphone Android.

1. Nyalakan headset Bluetooth

Untuk mulai menggunakan perangkat ini, Anda harus menyalakannya terlebih dahulu dengan menekan tombol daya. Jika headset menunjukkan warna berkedip, berarti headset dalam keadaan hidup.

2. Aktifkan mode berpasangan

Kemudian, atur headset Bluetooth ke mode berpasangan. Anda dapat melakukannya dengan menekan dan menahan tombol multifungsi (biasanya tombol untuk menerima panggilan) selama beberapa detik. Jika lampu berkedip merah dan biru, headset dalam mode berpasangan.

Jika Anda baru saja membeli headset Bluetooth dan menyalakannya untuk pertama kali, biasanya perangkat akan masuk ke mode berpasangan secara otomatis.

Oh ya, ada beberapa headset Bluetooth yang dijual dalam versi full version, yakni bagian kanan dan kiri sekaligus. Ada juga produk yang dijual hanya per potong. Anda tidak perlu khawatir tentang pasangan kiri dan kanan jika Anda membeli versi lengkap ini. Pasalnya, perangkat akan secara otomatis memasangkan kiri dan kanan secara bersamaan.

3. Aktifkan Bluetooth di ponsel cerdas Anda

Kemudian, nyalakan Bluetooth di ponsel cerdas Anda. Tunggu proses pemindaian hingga headset Bluetooth terdeteksi di smartphone Anda.

Untuk mengaktifkan Bluetooth, Anda dapat mengunjungi bagian Pengaturan. Anda biasanya akan segera menemukan opsi Bluetooth di bagian atas. Jika Anda tidak dapat menemukannya, klik bagian Cari.

Baca Juga :  Rekomendasi 8 Gadget Smarthome Keren Yang Bisa Dibeli Dengan Harga Murah

Ponsel akan secara otomatis mencari perangkat Bluetooth terdekat. Jika Anda tidak dapat menemukan headset yang Anda cari, Anda dapat mencoba mematikan dan menghidupkannya kembali. Anda juga dapat menggunakan Bluetooth di ponsel Anda dengan cara yang sama, yaitu dengan mematikan dan menghidupkannya kembali.

Pastikan Anda telah mengaktifkan pengaturan Bluetooth Discovery. Tolong jangan nonaktifkan fitur ini, saya khawatir kedua perangkat tidak dapat menemukan satu sama lain.

4. Hubungkan kedua perangkat

Jika perangkat sudah ditemukan, sambungkan langsung headset ke smartphone. Biasanya akan muncul notifikasi berupa kode PIN yang harus Anda masukkan. Namun, di headset Bluetooth saat ini, kode PIN tidak lagi diperlukan. Biasanya, perangkat akan terhubung secara otomatis berdasarkan kode PIN.

Setelah muncul pesan yang menunjukkan bahwa headset terhubung, headset siap digunakan.

Nah, jika headset Bluetooth dan smartphone sudah terhubung, koneksi selanjutnya akan jauh lebih mudah. Cukup aktifkan headset dan Bluetooth di smartphone Anda, maka kedua perangkat akan otomatis berpasangan.

Sebagai informasi tambahan, sebagian besar headset Bluetooth memiliki metode aktivasi, penonaktifan, koneksi, warna terang, dan bahkan kode PIN yang sama. Jadi, satu panduan saja sudah cukup untuk menggunakan semua jenis headset Bluetooth!

Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk menghubungkan headset Bluetooth ke smartphone Android. Mengapa kami katakan dasar? Pasalnya, ada berbagai headset Bluetooth yang bentuknya cukup berbeda. Nah, yang paling aman adalah membaca manualnya. Jadi jangan lupa baca panduan atau dokumennya ya!

Baca Juga :  IPad Terbaik Tahun 2022 Yang Layak Anda Beli

Metode dasar untuk menggunakan headset Bluetooth

Nah, itulah tadi cara menyambungkan headset Bluetooth ke ponsel Android di tahun 2021. Berikut akan kami uraikan beberapa cara umum menggunakan headset Bluetooth, terutama saat mendengarkan musik.

1. Hentikan musik

Untuk menghentikan musik, Anda hanya perlu menekan tombol pada headset Bluetooth. Tombol yang Anda tekan bisa berada di earbud kiri atau kanan. Baca manual untuk lokasi yang tepat.

Untuk menghidupkan kembali musik, cukup tekan tombol sekali lagi.

2. Musik maju cepat

Untuk memajukan lagu dengan cepat, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggeser headset Bluetooth ke kanan atau ke kiri (baca manual untuk lokasi tepatnya).

3. Memundurkan Musik

Untuk memundurkan lagu, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggeser headset Bluetooth ke kiri atau ke kanan (baca manual untuk lokasi tepatnya).

4. Terima atau nonaktifkan panggilan telepon

Saat ada panggilan masuk, cukup tekan tombol pada headset Bluetooth. Tombol yang Anda tekan bisa berada di earbud kiri atau kanan. Baca manual untuk memastikan.

Sama seperti menghubungkan headphone Bluetooth ke Android, metode ini mungkin berbeda untuk setiap merek. Cara ini merupakan cara yang umum digunakan. Untuk cara yang tepat, silakan baca manual yang disediakan dalam paket penjualan.

Demikian ulasan Bagaimana menghubungkan headset Bluetooth ke Android Smartphone

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.