5 Masalah Monitor LED PC Komputer Dan Cara Memperbaikinya Dengan Mudah

Masalah Monitor LED PC Komputer

Masalah Monitor LED PC Komputer Dan Cara Memperbaikinya Dengan mudah

Membeli perangkat elektronik itu mudah, tetapi merawatnya lebih sulit. Berbagai jenis masalah sering muncul dengan monitor LED.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena beberapa masalah yang terjadi pada monitor LED biasanya dapat diselesaikan sendiri.

Jadi apa masalah monitor LED yang paling umum dan bagaimana cara memperbaikinya?

1. LED monitor sering berkedip

Salah satu masalah yang biasanya muncul di monitor LED adalah layar tiba-tiba sering berkedip. Jika itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Komputer memiliki kapasitas maksimum monitor untuk menampilkan gambar dalam satu detik, yang disebut kecepatan refresh.

Jika layar tiba-tiba banyak berkedip, mungkin ada masalah dengan pengaturan kecepatan refresh, yang menyebabkan kecepatan bingkai terlalu rendah.

Cara mengatasinya cukup mudah. Klik Display Properties terlebih dahulu, lalu klik Settings. Kedua, klik Advanced, pilih tab Monitor. Ketiga, akan muncul opsi refresh rate. Coba kecepatan refresh yang sesuai hingga monitor berhenti berkedip. Namun, jika Anda sudah mencoba perawatan ini dan monitor LED Anda terus berkedip, sebaiknya segera bawa ke penyedia layanan, ya.

Baca Juga :  Cara Menggunakan VPN Untuk PC Dan 8 Daftar VPN Terbaik Yang Bisa Dicoba

2. Layar monitor LED kabur/buram

Masalah lain yang sering terjadi adalah layar monitor LED buram. Meski bukan masalah serius, tentu tampilan buram monitor LED akan mengganggu kenyamanan Anda.

Ini biasanya terjadi pada monitor LED yang memiliki masa pakai lebih dari tiga tahun. Penggunaan monitor LED dalam waktu lama dapat menyebabkan masalah pada rangkaian amplifier.

Untuk mengatasi masalah ini, buka casing monitor LED, lalu perbaiki papan amplifier video dengan papan sasis.

3. LED monitor tidak menyala

Masalah berikutnya dan paling mudah untuk mendeteksi adalah ketika LED pada monitor tidak menyala. Jika Anda sudah menekan tombol power tetapi monitor LED tetap tidak menyala, ada beberapa solusi yang bisa Anda coba. Yang terpenting pastikan tombol power dalam posisi on.

Pertama, solusinya jika lampu monitor menyala. Anda dapat memastikan bahwa kabel video yang menghubungkan monitor ke prosesor telah terpasang dengan benar. Jika LED monitor tidak menyala setelah ini, masalahnya mungkin pada sinyal video dari kartu adaptor CRT. Bawa ke ahlinya untuk diproses lebih lanjut.

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Komputer PC All-in-One Terbaik Dengan Harga Murah Dan Berkualitas

Kedua, solusi jika lampu tidak menyala. Anda dapat memastikan bahwa kabel daya stopkontak dan kabel daya monitor telah tersambung dengan benar. Jika monitor LED tidak menyala nanti, ganti dengan kabel daya lain.

4. Ketidakcocokan ukuran layar pada tampilan tidak sesuai

Masalah keempat adalah ukuran layar pada monitor LED tidak sesuai. Yang tidak dipahami adalah ukuran font, ikon, menu, atau layar apa pun yang muncul di monitor LED.

Ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat menggunakan monitor. Penyebabnya biasanya pada resolusi monitor LED.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cara berikut. Pertama, klik kanan pada desktop. Properti klik kedua. Ketiga, klik Pengaturan. Kemudian Anda dapat mengubah resolusi monitor LED sesuai kebutuhan. Jika gambar yang ditampilkan terlalu kecil, Anda hanya perlu meningkatkan resolusi monitor LED Anda.

5. Warna monitor LED berubah

Masalah terakhir yang sering terjadi pada monitor LED adalah perubahan warna. Hal ini bisa terjadi karena perangkat elektronik yang ada menghasilkan medan magnet, sehingga warnanya berubah.

Baca Juga :  5 PC Gaming Digital Aliance Terbaik 2022, Spesifikasi Handal Idola Para Gamer

Terkadang bintik biru mungkin muncul di monitor LED. Cara mengatasi masalah seperti ini adalah dengan mencoba mendekatkan magnet ke sudut monitor LED.

Anda juga dapat mencoba menggunakan fungsi degauss di menu kontrol monitor.

Demikian ulasan Masalah Monitor LED PC Komputer Dan Cara Memperbaikinya

Ini 5 masalah yang biasanya muncul di monitor LED. Cara mengatasinya cukup sederhana dan bisa Anda coba terapkan. Namun, jika monitor LED Anda yang rusak tidak kembali normal, segera bawa ke ahlinya untuk penanganan yang lebih serius.

Masalah pemantauan sering kali disebabkan oleh perangkat keras yang rusak, sehingga memerlukan penanganan khusus. Semoga artikel ini menambah persepsi Anda, ya!

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.