6 Manfaat Teh Chamomile Untuk Kesehatan Tubuh Mulai Nyeri Haid Hingga Kanker

Chamomile telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai kondisi kesehatan. Chamomile adalah ramuan yang berasal dari bunga seperti bunga aster dari keluarga tanaman Asteraceae. Bunga ini telah dikonsumsi selama berabad-abad sebagai obat alami untuk berbagai masalah kesehatan.

Chamomile mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid, sejenis nutrisi yang ditemukan di banyak tanaman, dan mereka memainkan peran penting dalam efek obat chamomile.

Untuk membuat chamomile, bunganya dikeringkan kemudian direndam dalam air panas.

6 manfaat teh chamomile untuk kesehatan tubuh Mulai Nyeri Haid Hingga Kanker

Berikut adalah beberapa manfaat chamomile yang dikutip oleh Medical News Today:

Manfaat Teh Chamomile Untuk Kesehatan

1. Mengurangi nyeri haid

Beberapa penelitian telah menghubungkan chamomile untuk mengurangi keparahan kram menstruasi.

Baca Juga :  3 Buah Kaya Nutrisi Untuk Mempercepat Kesembuhan Pasien Demam Berdarah

Sebuah studi 2010 menemukan bahwa minum teh chamomile selama sebulan mengurangi rasa sakit kram menstruasi.

Dalam penelitian, wanita melaporkan lebih sedikit kecemasan dan kesusahan yang terkait dengan nyeri menstruasi.

2. Mengobati diabetes dan menurunkan gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chamomile dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Penelitian tidak menunjukkan bahwa chamomile adalah pengganti yang layak untuk obat diabetes.

Tapi chamomile adalah tambahan yang berguna untuk perawatan yang ada. Demikian pula, sebuah studi tahun 2008 pada tikus menemukan bahwa konsumsi konstan chamomile mencegah lonjakan gula darah.

Efek ini mengurangi risiko komplikasi diabetes jangka panjang, menunjukkan bahwa chamomile dapat meningkatkan hasil diabetes.

3. Memperlambat atau mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah hilangnya kepadatan tulang secara progresif. Kehilangan ini meningkatkan risiko patah tulang dan postur membungkuk.

Meskipun siapa pun dapat mengembangkan osteoporosis, osteoporosis lebih sering terjadi pada wanita pascamenopause. Kecenderungan ini mungkin disebabkan oleh efek estrogen.

Baca Juga :  7+ Penyebab Selangkangan Gatal Dan Menghitam, Begini Cara Mengatasinya

Sebuah studi tahun 2004 menemukan chamomile memiliki efek anti-estrogenik. Chamomile juga membantu meningkatkan kepadatan tulang sehingga tulang anda menjadi kuat dan sehat.

4. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Chamomile mengandung bahan kimia yang dapat mengurangi peradangan.

Namun, peradangan jangka panjang terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk wasir, nyeri gastrointestinal, radang sendi, gangguan autoimun, dan bahkan depresi.

5. Pengobatan dan pencegahan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chamomile dapat menyerang sel kanker atau bahkan mencegahnya tumbuh.

Namun, penelitian sejauh ini tidak meyakinkan dan para ilmuwan mengatakan lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk mengkonfirmasi klaim bahwa chamomile bersifat karsinogenik.

Selain itu, sebagian besar penelitian berfokus pada model klinis pada hewan, bukan manusia. Sebuah studi 2012 membandingkan kekuatan antikanker dari teh calendula dan teh chamomile. Keduanya secara selektif dapat menyerang tumor kanker, tetapi efek teh calendula lebih kuat.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengetahui Obat Palsu Dan Menghindarinya

6. Membantu Anda tidur dan rileks

Chamomile dipercaya dapat membantu orang rileks dan tertidur, karenaBeberapa studi klinis telah mengujinya. Beberapa penelitian menunjukkan chamomile mengikat reseptor benzodiazepine.

Dalam tinjauan bukti saat ini, 10 dari 12 pasien kardiovaskular tertidur tak lama setelah mengonsumsi teh chamomile. Beberapa studi model klinis lainnya juga menunjukkan bahwa chamomile dapat membantu orang rileks.

Dalam sebuah penelitian pada tikus, ekstrak chamomile membantu tikus dengan gangguan tidur tertidur. Banyak peneliti percaya chamomile dapat bekerja seperti benzodiazepin. Benzodiazepin adalah obat resep yang dapat mengurangi kecemasan dan menginduksi tidur.

Demikian Manfaat Teh Chamomile Untuk Kesehatan

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.