3 Manfaat Metode Otentikasi Keamanan Di Smartphone Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Metode Otentikasi Keamanan Di Smartphone

3 Manfaat Metode Otentikasi Keamanan Di Smartphone Yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa cara untuk melindungi keamanan smartphone. Dari yang paling konvensional dengan kata sandi, kode dan pola PIN, hingga teknik otentikasi modern berdasarkan biometrik.

Saat ini, teknik otentikasi keamanan berbasis biometrik sedang menjadi tren. Jika perangkat Anda tidak memiliki setidaknya salah satu dari fitur ini, perangkat akan terlihat usang. Ketiga teknik otentikasi tersebut adalah pemindai sidik jari, pengenalan wajah, dan pemindai iris mata.

Nah, kali ini kita akan mencoba mengenali manfaat dari 3 metode otentikasi keamanan di smartphone saat ini:

1. Pembaca sidik jari/Fingerprint

Sensor sidik jari mungkin sudah tidak asing lagi di perangkat yang lebih baru. Dari kategori smartphone budget hingga yang lebih mahal, fitur ini seringkali sudah tersedia.

Nah, dengan fungsi ini kita bisa mengunci smartphone kita untuk menghindari tangan-tangan ugal-ugalan. Dalam praktiknya, dengan sensor sidik jari kita dapat membuka smartphone dengan satu sentuhan.

Baca Juga :  Rekomendasi 10 Ponsel 3 Jutaan Terbaik 2022 Dengan Spesifikasi Dan Harga Terbaru

Selain itu, sidik jari juga dapat digunakan untuk otentikasi pembayaran, menggantikan PIN pengguna. Berbagai merek smartphone seperti Samsung dan Apple bahkan telah meluncurkan metode pembayarannya sendiri, Samsung Pay dan Apple Pay.

Kelebihan lain dari sidik jari, selain digunakan sebagai fungsi autentikasi, juga dapat digunakan untuk navigasi dan shortcut menu, dll. Misalnya sebagai touchpad pada menu Gallery, pengguna dapat menggeser ke kiri dan kanan untuk melihat sebelumnya dan selanjutnya. gambar, seperti pada Google Pixel.

Di Moto Z, gerakan sidik jari dapat digunakan sebagai pengganti navigasi dengan tombol kembali, aplikasi terbaru, dan beranda. Atau beberapa smartphone lain juga bisa menggunakan sidik jari Anda sebagai shutter untuk mengambil gambar.

2. Pengenalan wajah/face recognation

Seperti halnya sidik jari, pengenalan wajah juga merupakan fitur smartphone yang fungsi utamanya adalah fungsi otentikasi pengguna.

Operasi pengenalan wajah terdiri dari mengenali identitas pengguna dari tampilan wajah, mata, hidung, mulut, dll. Fitur ini sebenarnya bukan fitur yang sangat istimewa, bahkan sekarang dapat ditemukan di smartphone kelas Advan i6 anggaran. .

Baca Juga :  4 Rekomendasi Ponsel Xiaomi Poco Terbaik Dan Berkualitas

Namun, teknologi pengenalan wajah dapat dianggap optimal jika respons pemindaian bekerja dengan cepat dan dapat mengenali wajah pengguna dengan benar.

Beberapa smartphone kelas flash meningkatkan kemampuan pengenalan wajah untuk bekerja secara optimal dan akurat. Misalnya di iPhone X, di mana teknologi ini tersedia di FaceID. Pemindaian wajah tidak hanya dilakukan dengan mengambil bentuk 2D pada objek, tetapi juga mengolahnya menjadi gambar 3D.

Ada juga pengenalan wajah yang dilengkapi dengan sensor infra merah, sehingga ketika kita ingin membuka kunci wajah di ruangan yang gelap, teknologi ini tetap bisa bekerja secara maksimal.

Keuntungan menggunakan pengenalan wajah, tentu saja, Anda dapat membuka smartphone tanpa menyentuhnya, cukup dengan mengarahkan wajah ke kamera depan ponsel. Misalnya, jika tangan Anda basah atau berminyak setelah makan, Anda tetap dapat membuka layar ponsel untuk melihat notifikasi yang masuk.

3. Penganalisa iris/Pemindai mata

Seperti namanya, pemindai iris digunakan untuk mengautentikasi pengguna berdasarkan pemindaian mata (iris). Teknologi ini seharusnya jauh lebih aman daripada pembaca sidik jari dan pengenalan wajah. Karena pengenalan sidik mata masih sangat sulit ditembus.

Baca Juga :  Alasan Kenapa Banyak Pengguna Android Beralih Ke IPhone

Pemindai Iris adalah fitur yang menonjol dan hadir pada ponsel pintar andalan Samsung dari Galaxy S8 ke atas dan Galaxy Note 8 ke atas. Beberapa smartphone budget juga memiliki fitur ini, misalnya ZTE Blade S7. Sayangnya, tingkat akurasinya masih jauh dari optimal.

Nah, itulah tiga cara otentikasi keamanan pada smartphone yang mungkin fiturnya sudah tersedia di smartphone kamu saat ini. Dengan manfaat masing-masing, ini mungkin mengapa Anda menggunakan satu lebih sering daripada yang lain.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa menikmati fitur-fiturnya secara bersamaan. Misalnya, jika sensor sidik jari perangkat Anda ada di bagian belakang, Anda dapat menggunakan pengenalan wajah atau pemindai iris mata saat perangkat Anda diletakkan di atas meja. Praktis, bukan?

Demikian 3 Manfaat Metode Otentikasi Keamanan Di Smartphone Yang Perlu Anda Ketahui

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.