Manfaat Main Bersama Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak

Manfaat Main Bersama Keluarga

Manfaat Main Bersama Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak

Ibu berperan sangat penting dalam tumbuh kembang bayi dalam banyak hal, termasuk perkembangan kemampuan bahasa anak.

Psikolog dari Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Airlangga (UNAIR) Endah Mastuti, S.Psi., M.Si., mengatakan semakin banyak waktu yang orang tua habiskan untuk melakukan kegiatan joint attention, semakin kaya kosakata anak.

Orang dewasa memiliki keterlibatan terbatas dalam pendidikan bahasa langsung, tetapi memainkan peran penting dalam memfasilitasi penerimaan bahasa di antara anak-anak.

Manfaat Main Bersama Keluarga

“Ibu merupakan sosok yang sangat efektif untuk menelusuri arah perhatian anak sehingga dapat melabeli objek yang sedang diamati oleh anak ” Endah dikutip pada Website Unair, Sabtu (30/7/2022). .

Baca Juga :  11 Cara menyembuhkan Jerawat Dengan Cepat Hanya Dengan Satu Hari

Ini mengungkapkan bahwa selama dua tahun pertama kehidupan seorang anak, orang tua dapat berbicara dengan anak mereka dengan menandai objek dan peristiwa dan menanggapi komunikasi anak-anak.

Demikian juga, ketika perilaku komunikatif bayi berkembang, ibu secara tidak sadar mengubah perilakunya. Sedangkan bentuk komunikasi yang terjadi membutuhkan keterlibatan anak yang lebih besar.

“Pada pertengahan dua tahun, ibu dapat melabeli dan menamai objek dalam jumlah yang cukup seimbang dan dialog mulai terbentuk. Selain itu, ibu mulai membentuk bicara bayi dengan membedakan secara lebih baik antara respons yang dapat diterima dan tidak dapat diterima. Ibu juga bisa mengubah cara bicaranya yang dikenal dengan motherse atau kurung,” jelas Endah.

Lebih lanjut Endah menjelaskan bahwa anak-anak dapat berpartisipasi secara efektif saat berkomunikasi, berkat kemampuan ibu untuk melakukan percakapan. Sehingga orang dewasa tidak perlu menyederhanakan bahasa yang mereka gunakan dengan anak-anak.

Baca Juga :  3 Buah Kaya Nutrisi Untuk Mempercepat Kesembuhan Pasien Demam Berdarah

Dialog yang berkesinambungan dan berirama tergantung pada kesamaan struktur tuturan ibu dan anak, serta kesesuaian tuturan ibu dalam peristiwa tertentu.

“Mainan yang digunakan oleh anak-anak juga mempengaruhi jumlah dan jenis produksi bahasa orang dewasa. Secara umum, mainan yang mendukung permainan peran, seperti boneka, menimbulkan lebih banyak variasi bahasa pada orang tua “, jelasnya.

Bermain merupakan kegiatan penting dalam kehidupan anak usia dini. Bermain diartikan sebagai kegiatan aktif dan sukarela yang secara umum bermakna dan menyenangkan bagi anak.

Endah mengatakan permainan akan membantu anak-anak menjelajahi dunia mereka dan mempelajari hal-hal baru. Bermain juga merupakan tempat di mana anak-anak dapat memecahkan masalah, mengaktifkan imajinasi dan kreativitas mereka, dan mengalami kesenangan melakukan aktivitas untuk diri mereka sendiri.

Baca Juga :  7+ Penyebab Selangkangan Gatal Dan Menghitam, Begini Cara Mengatasinya

”Melalui kegiatan bermain, anak-anak bisa belajar bersosialisasi, berbagi dan bernegosiasi dengan anak lain,” ujarnya.

Demikian ulasan Manfaat Main Bersama Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.