Apa Itu VPN? Berikut Manfaat Dan Cara Kerja VPN Untuk Pemula Yang Belum Tahu

Di era internet, semakin banyak hal yang dapat dilakukan secara online, mulai dari mengakses data perusahaan hingga mentransfer uang dan melakukan transaksi bisnis.

Data yang digunakan untuk tujuan ini bersifat pribadi dan rahasia. Jika dilakukan di internet yang tidak aman, data juga rentan dicuri dan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, keamanan data merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan. VPN juga merupakan alat yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga privasi dan data, baik bisnis maupun pribadi. Alat ini menjadi semakin penting ketika Anda sering mengakses internet melalui jaringan WiFi terbuka.

Apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya?

Manfaat Dan Cara Kerja VPN Untuk Pemula

VPN atau jaringan pribadi virtual adalah alat yang menghubungkan PC, ponsel, atau tablet Anda ke komputer lain yang disebut server di suatu tempat. Berkat koneksi Internet server, Anda dapat menjelajahi dunia maya dengan aman.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Gangguan WiFi Tidak Ada Koneksi Internet

Komputer atau server yang dimaksud berada di negara lain. Jadi ketika Anda menggunakan VPN, itu seperti Anda menggunakan koneksi internet dari negara itu, bukan negara Anda. Alamat IP Anda juga disembunyikan sehingga tidak meninggalkan jejak di jaringan.

Karena dapat membuat koneksi yang aman dan terenkripsi, VPN menawarkan privasi yang lebih baik daripada hotspot Wi-Fi yang aman.

Selain itu, VPN juga memungkinkan Anda untuk membuka situs yang diblokir di negara asal Anda, tetapi dibuka di negara asal server yang Anda gunakan.

Apa fungsi VPN?

Umumnya VPN digunakan untuk melindungi data saat menjelajah dunia maya. Namun, ada juga manfaat khusus yang dapat Anda alami dengan menggunakan alat ini.

Baca Juga :  Cara Konversi PDF Ke Excel Dengan Online Dan Offline Secara Mudah

1. Akses data perusahaan dari jarak jauh

Awalnya, VPN dibuat untuk mengamankan koneksi antar jaringan perusahaan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data dan jaringan perusahaan dari luar kantor tanpa mengorbankan keamanan data perusahaan.

Manfaat VPN ini sangat penting bagi Anda yang sering bekerja secara remote atau jarak jauh. Baik Anda bekerja dari rumah atau kedai kopi favorit Anda, data perusahaan yang Anda akses tetap aman.

2. Lindungi data sensitif

Meskipun sebagian besar dari kita memiliki paket data dengan operator seluler, koneksi Wi-Fi gratis, terutama yang tidak memerlukan kata sandi, selalu menggoda. Padahal, jaringan Wi-Fi terbuka seperti ini sebenarnya sangat berbahaya.

Saat Anda menjelajah dunia maya, membaca email dan bertransaksi, data pribadi Anda dapat dilihat oleh orang-orang yang juga terhubung dalam jaringan yang sama. Jika seseorang memiliki niat jahat, data Anda dapat “dimata-matai ” dan disalahgunakan.

Baca Juga :  5 Aplikasi Recovery Data Gratis Terbaik Untuk File Yang Hilang Di Flashdisk

Gunakan VPN untuk melindungi data Anda. Enkripsi data dan anonimitas yang ditawarkan oleh alat ini membantu Anda melindungi semua aktivitas online Anda, mulai dari browsing data, email, transaksi online hingga transfer uang. Jejak aktivitas dunia maya Anda dijaga kerahasiaannya.

3. Akses situs yang diblokir

Ada banyak situs dan konten yang diblokir yang disensor oleh ISP atau jaringan. Pemblokiran ini biasanya dilakukan sehubungan dengan peraturan perusahaan atau negara.

Misalnya, memblokir akses jejaring sosial di jaringan kantor, situs Facebook di berbagai negara, serta layanan yang ditawarkan oleh ISP pesaing.

Untuk menghindarinya, gunakan VPN. Karena menyembunyikan alamat IP dan negara asal Anda, VPN memungkinkan Anda membuka situs dan konten yang diblokir ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.