Mana Yang Paling Aman? Password, PIN, atau Fingerprint Untuk Keamanan Smartphone

Mana Yang Paling Aman? Password, PIN, atau Fingerprint Untuk Smartphone

Tanpa disadari, data yang Anda miliki di smartphone Anda benar-benar sangat penting. Data foto, video, dan dokumen yang tersimpan di ponsel Anda benar-benar sangat penting untuk disimpan. Jika jatuh ke tangan yang salah, data ini dapat digunakan untuk kegiatan yang tidak pantas.

Jadi apa yang Anda lakukan untuk melindungi data ponsel cerdas Anda? Anda dapat menggunakan beberapa metode, salah satunya adalah enkripsi. Tidak tahu cara mengenkripsi? Kabar baiknya adalah ada bentuk keamanan sederhana lainnya untuk melindungi data Anda. Metode ini terdiri dari “lock ” perangkat Anda.

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk “mengunci ” perangkat, seperti kata sandi, sidik jari, face unlock. Pertanyaannya, metode mana yang paling efektif?

Mana Yang Paling Aman? Password, PIN, atau Fingerprint Untuk Smartphone

Sebelum menjawab pertanyaan ini, mari kita lihat penjelasan masing-masing metode, seperti yang dirangkum dalam MakeUseOf.

Baca Juga :  Cara Cek Kesehatan Baterai Android Dan Solusi Menjaga Agar Baterai Awet Dan Tahan Lama

1.Kata Sandi atau password

Kelebihan: Kata sandi yang kuat dapat membuat sistem menjadi sangat aman.

Kelemahan: Kekurangan mengetik berkali-kali

Kapan digunakan? Saat Anda membutuhkan tingkat keamanan tertinggi

Kode sandi atau passcode masih merupakan cara teraman untuk “mengunci ” smartphone Anda. Kata sandi yang kuat bisa sangat sulit, jika bukan tidak mungkin, bagi peretas untuk diretas.

Satu hal yang mengganggu tentang kata sandi adalah Anda harus memasukkan kata sandi setiap kali ingin membuka kunci perangkat. Bayangkan bisa membuka ponsel Anda ratusan kali sehari. Ini berarti Anda masih mengetik kata sandi ratusan kali.

Untuk memudahkan Anda, gunakan opsi keamanan biometrik, seperti sidik jari, dengan kata sandi sebagai cadangan. Dengan kata lain, jika sistem tidak dapat mengenali sidik jari Anda, perangkat akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi.

Ada 25 kata sandi yang harus dihindari. Tidak peduli apa? Cari tahu: 25 kata sandi ini yang harus dihindari

2. kode PIN

Keuntungan: Lebih mudah diketik daripada kata sandi

Kelemahan: PIN yang kuat akan sulit diingat

Baca Juga :  Rekomendasi 5 HP Samsung Murah & Berfitur Canggih Cocok Untuk Game ML Or PUBG Mobile

Kapan digunakan? Simpan opsi keamanan biometrik

Kode PIN adalah alternatif sederhana untuk kata sandi. Android memungkinkan kode PIN hingga 16 digit. Namun, 16 digit untuk kode PIN? Tentu akan sulit untuk mengingatnya.

Kebanyakan orang lebih menyukai kode PIN 4 digit, yang “hanya ” terdiri dari 10.000 kombinasi. Bahkan kode PIN yang digunakan seseorang biasanya mudah ditebak, seperti tanggal lahir, 1234 atau 5555.

3.Pattern lock

Keuntungan: Mudah digunakan

Kelemahan: Kebanyakan orang lebih suka pola yang sederhana dan dapat diprediksi

Kapan digunakan? Jika ponsel Anda tidak memiliki sidik jari dan Anda tidak menyukai kode PIN

Pattern Lock meminta Anda untuk menggambar pola sembilan titik. Anda harus menggambar hingga sembilan titik secara horizontal, vertikal atau diagonal. Keamanan ini mudah digunakan karena gerakan menggeseknya alami dan hanya membutuhkan memori otot.

Sayangnya, menurut penelitian, metode kunci pola mudah diprediksi, dan pengguna cenderung malas membuat pola yang aman.

Ingin tahu cara membuat password paling aman menurut sains? Baca: 5 Tips Membuat Password Yang Baik Menurut Sains

4. Sensor sidik jari atau fingerprint

Kelebihan: cepat dan cukup aman

Baca Juga :  11 Daftar Ponsel 5G Terbaik Untuk Dibeli Pada Tahun 2022

Kekurangan: Sensor biasanya tidak ditempatkan di tempat yang tepat

Kapan digunakan? Default oleh sebagian besar pengguna

Keamanan biometrik unik ini juga sudah mulai umum digunakan di ponsel entry level. Alasannya sederhana, sidik jarinya cepat, intuitif, dan aman. Pembaca sidik jari melewati layar kunci secara langsung, memberi Anda akses mudah ke aplikasi.

5. Jadi sistem keamanan apa yang Anda gunakan?

Saat ini, cara paling aman untuk “mengunci ” ponsel cerdas Anda adalah dengan menggunakan metode sidik jari dengan kata sandi atau PIN sebagai cadangan.

Namun, pilihlah metode keamanan yang menurut Anda paling nyaman. Jika Anda ingin menggunakan kata sandi, pilih kata yang sulit ditebak. Yang terpenting, smartphone Android Anda harus dilindungi oleh sistem keamanan.

Demikian artikel Mana Yang Paling Aman? Password, PIN, atau Fingerprint Untuk Keamanan Smartphone Anda

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.