Tips & Trik

5 Kesalahan Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Perlu Diketahui

Kesalahan Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Sering Di Lakukan

TipsSeo Info  – Kesalahan Membuat Surat Lamaran Kerja,Surat lamaran kerja merupakan pintu utama untuk memasuki dunia kerja, oleh karena itu sangat penting untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik, simple dan tepat sasaran.

Surat lamaran kerja seharusnya memuat segala hal tentang pelamar kerja, surat lamaran kerja yang baik dan benar seharusnya bisa mewakili si pelamar kerja dalam beberapa lembar berkas lamaran pekerjaan.

Apabila kebetulan Anda sedang dalam tahap membuat surat lamaran kerja, ada baiknya Anda perhatikan 5 kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja berikut ini sehingga Anda bisa membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar

 

Berikut 5 Kesalahan Membuat Surat Lamaran Kerja

Kesalahan Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Sering Di Lakukan

#1. Tidak menyertakan surat pengantar lamaran kerja (cover letter)

dalam menyampaikan berkas lamaran pekerjaan, hendaknya Anda menyertakan surat lamaran kerja (cover letter).

Pastikan Anda membuat riwayat singkat tentang diri Anda dan riwayat pekerjaan Anda dengan singkat, efektif dan efisien.

Beberapa kali kerja di perusahaan berbeda, Saya sempat menanyai para HRD dan kebanyakan dari mereka langsung membuang berkas lamaran kerja yang tidak disertai surat lamaran kerja (cover letter).

 

#2. Salah ketik

Kesalahan ini adalah kesalahan yang terlihat kecil namun memiliki efek yang besar, kesalahan ini pula yang sangat sering terjadi bagi para kebanyakan pelamar kerja.

Jangan segan meminta orang lain untuk membaca dan mengoreksi surat lamaran pekerjaan Anda untuk mengurangi resiko kesalahan ketik pada surat lamaran kerja Anda.

 

#3. Terlalu biasa dengan pula yang umum

Hanya karena malas dan ingin cepat selesai biasanya para pelamar kerja mencontek begitu saja surat lamaran kerja melalui internet atau buku, hal ini menjadikan surat lamaran kerja Anda menjadi terlalu biasa dan umum.

Hendaknya Anda membuat sendiri surat lamaran kerja yang disesuaikan dengan posisi kerja yang Anda tuju, apalagi bagi posisi kerja yang menuntut kreatifitas seperti web design atau graphic design.

Apabila surat lamaran kerja Anda terlalu biasa pastinya akan menjadikan sedikit pertanyaan tentang kreatifitas Anda.

 

#4. Format Curriculum Vitae terlalu heboh

Meskipun dituntut untuk kreatif, CV yang terlalu kreatif juga tidak bagus untuk berkas lamaran kerja. Biasakan membuat CV yang kreatif namun tetap memperhatikan aspek kenyamanan dan mudah untuk dibaca dan dipahami.

 

#5. Terlalu banyak info personal

Curriculum Vitae dan surat lamaran kerja yang dibuat hendaknya mencantumkan informasi pribadi dengan sewajarnya, jangan sampai terlalu banyak mencantumkan informasi pribadi.

Selain membuat resume terlalu panjang, juga akan membuat resume kurang efektif dan efisien.

Beberapa HRD yang sempat Saya tanya sangat tidak menyukai resume yang panjang dan banyak menonjolkan informasi pribadi ketimbang riwayat dan prestasi kerja.

Kesalahan Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Sering Di Lakukan

DEmikian artikel tentang 5 Kesalahan Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Sering Di Lakukan

Situs TipsSeo Info juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tags

Mang Gh4zi

Hanya seorang penulis pencari rupiah :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button