Rekomendasi 7+ Kamera Analog Terbaik Sepanjang Sejarah Perfotografian Yang Layak Di Beli

Kamera Analog Terbaik Sepanjang Sejarah Perfotografian

TipsSeo Info – Meski zaman sekarang sudah serba digital dan modern, sebagian orang masih menyukai teknologi analog,Salah satunya di bidang fotografi.

Meski peminatnya semakin sedikit karena biaya produksi yang tinggi, kamera analog tetap mendapat tempat di hati para kolektor.

Kamera analog juga merupakan alat pembelajaran yang baik bagi pemula yang ingin serius mempelajari teknik fotografi.

Pengertian Apa itu kamera analog?

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus tahu dulu apa itu kamera analog. Seperti namanya, kamera analog adalah kamera yang tidak memiliki kemampuan digital seperti kamera yang Anda kenal sekarang.

Kamera analog adalah jenis kamera yang menggunakan proses film tradisional untuk menangkap dan menyimpan gambar. Kamera ini adalah jenis kamera pertama yang ditemukan dan sangat populer selama bertahun-tahun sebelum kamera digital mulai mendominasi pasar. Bahkan hingga saat ini, beberapa fotografer masih lebih memilih kamera analog karena keunikan tampilan foto yang dihasilkan.

Bagaimana cara kerja kamera analog?

Kamera analog bekerja dengan menggunakan film fotosensitif untuk menangkap gambar. Film ini ditempatkan di dalam kamera dan, ketika rana dilepaskan, cahaya mengenai film dan menciptakan sebuah gambar. Film kemudian diproses di ruangan gelap dan gambar yang dihasilkan dicetak di atas kertas foto.

Ini adalah film di kamera analog yang akan digantikan oleh sensor digital di kamera DSLR yang kita kenal sekarang.

Kamera analog juga memiliki sistem kerja manual untuk menggeser gerakan film ke frame berikutnya. Fotografer biasanya menyebut proses ini sebagai “mempersenjatai” kamera.

Selain itu, tidak ada perbedaan mencolok antara kamera analog dan digital. Untuk kecepatan rana dan ukuran bukaan, keduanya menggunakan sistem yang sama.

Oleh karena itu, sebenarnya tidak ada perbedaan antara kamera analog dan kamera film karena media perekamannya menggunakan film. Untuk menikmati foto dari kamera analog, Anda dapat memindai film untuk dikonversi ke format digital atau mencetaknya langsung ke kertas foto.

Baca Juga :  Pilih Kamera Mirrorless Atau DSLR Begini Cara Mempertimbangkan Sebelum Membeli Kamera Digital

Plus dan Minus kinerja kamera analog.

Salah satu keunggulan kamera analog adalah dapat menghasilkan hasil unik yang tidak dapat direproduksi dengan teknologi digital. Banyak fotografer lebih memilih kamera analog karena mereka menemukan foto yang lebih alami daripada yang diambil dengan kamera digital.

Jika Anda ingin mencoba kamera analog, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, film itu mahal, jadi Anda harus memperhitungkan biaya tersebut dalam anggaran Anda. Kedua, Anda perlu menemukan ruang gelap untuk memproses atau mengembangkan film.

Jika tidak memiliki kamar gelap, Anda bisa menggunakan jasa cuci print foto yang juga tidak murah.

Terakhir, Anda perlu bersiap bahwa tidak semua foto yang Anda ambil akan sesuai dengan yang diharapkan karena tidak ada pratinjau waktu nyata seperti di kamera digital.

Berikut Rekomendasi 7+ Kamera Analog Terbaik Sepanjang Sejarah Perfotografian Yang Layak Di Beli

Jika Anda sudah mengulas kelebihan dan kekurangan kamera analog di atas, kini saatnya BukaReview merekomendasikan beberapa kamera analog yang bagus untuk dibeli.

Kamera Analog

1.Nikon FM2

Kamera analog terbaik pertama datang dari Nikon. Nikon FM2 memiliki casing logam yang kokoh dan tahan lama. Beberapa fotografer perang terkenal dunia juga menggunakan kamera ini karena sangat awet.

Di pasaran, harga kamera analog ini umumnya mahal. Kamera analog dengan lensa kit ini bisa Anda dapatkan di kisaran harga Rp 2 jutaan. Uniknya, lensa yang digunakan FM2, Nikkor, bisa digunakan pada kamera digital karena sistem pemasangannya selalu sama. Jadi, jika Anda sudah memiliki kamera DSLR Nikon, Anda selalu dapat mengganti lensa kamera analog tersebut dengan kamera digital.

Nikon FM2 memiliki banyak pengikut di seluruh dunia dan dihentikan pada tahun 2001. Secara teknis, kamera ini dapat mengambil gambar dengan kecepatan rana hingga 1/4000. Oleh karena itu, kamera ini dapat digunakan untuk hampir semua kebutuhan fotografi.

2. Canon AE-1

Canon AE-1 juga merupakan kamera analog yang bagus dan mudah digunakan. Bodinya masih menggunakan plastik, menjadikannya kamera analog murah dibandingkan kamera Nikon sebelumnya.

Kamera analog AE-1 ini menggunakan dudukan bayonet Canon FD, kemudian diganti dengan dudukan EF. Lensa dudukan EF tetap dapat digunakan pada kamera ini menggunakan adaptor.

Harga kamera analog Canon ini sekitar satu juta rupiah. Jika Anda ingin mengajukan proposal, pastikan semua fungsi kamera berfungsi dengan benar.

3.Nikon F5

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996, Nikon F5 adalah kamera analog terbaik pada masanya. Salah satu keunggulannya adalah bodinya yang kokoh, apalagi ditambah dengan pegangan vertikal, yang menjadikannya pilihan pertama fotografer profesional di zamannya.

Baca Juga :  Ketahui 6 Jenis Lensa Kamera DSLR Mirrorless Sebelum Anda Membelinya

Saat masih analog, kemampuan autofokus serta mode aperture dan shutter priority sangat bisa diandalkan untuk memotret di segala kondisi. Terlebih lagi, kamera analog terbaik ini juga dapat mengidentifikasi film ISO yang Anda pasang tanpa harus mengaturnya secara manual.

Dengan bodinya yang berbentuk tangki, kamera ini cocok digunakan dengan lensa zoom untuk pemotretan satwa liar atau olahraga.

4.Leica M

Sebagai produsen kamera terkemuka, reputasi Leica tidak tertandingi. Kamera analog Leica yang bagus dan sukses besar pada zamannya adalah Leica M.

Perangkat ini termasuk dalam tipe pengintai. Kemampuan autofokusnya sangat cepat, dan yang terbaik, ukurannya sangat kecil untuk kamera yang begitu kuat.

Namun, ada harga yang cukup tinggi untuk membayar manfaat ini. Tak hanya kamera, lensa Leica juga dikenal mahal. Kamera ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1964, otomatis akan sulit ditemukan di pasaran.

5.Pentax K1000

Pentax juga merupakan salah satu produsen kamera analog terbaik di dunia. Nah, salah satu kamera yang paling laris adalah Pentax K1000.

Kamera manual ini sepenuhnya manual, artinya Anda harus mengatur semua fungsinya secara manual. Namun, kamera ini tetap membutuhkan baterai untuk light meter-nya. Meski begitu, rana mekanis dapat terus beroperasi meski tanpa baterai.

Harga kamera analog Pentax tidak terlalu mahal. Dudukan bayonet Pentax K juga masih digunakan sampai sekarang. Jadi, untuk ketersediaan lensa, Anda tidak perlu khawatir.

6. Olympus OM-1

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972, Olympus OM-1 segera menjadi kamera SLR wanita 35mm pertama. OM-1 dirancang oleh tim yang memproduksi PEN dan PEN F, model kamera yang masih digunakan oleh Olympus hingga saat ini.

Salah satu keunggulan Olympus sebagai kamera analog yang bagus dan laris saat itu adalah ukurannya yang relatif kecil dibandingkan kamera sekelasnya. Selain itu, kekhasannya adalah penyesuaian kecepatan rana yang disesuaikan dengan cincin pada lensa. Sedangkan dial di atas digunakan untuk mengatur ISO.

7. Yashica 124G mat

Jika Anda menginginkan kamera analog yang bagus dan desain yang unik, kamera medium format ini mungkin cocok untuk Anda. Kamera dengan sistem refleks lensa ganda ini menggunakan lensa ganda yang diposisikan di atas dan di bawah bodi kamera.

Baca Juga :  Spesifikasi Dan Harga Kamera Sony A7S III Dengan Kemampuan Merekam Video Yang Memukau

Desain retro dan kokoh secara otomatis akan membuat Anda melihat siapa pun saat mengambil foto. Kamera ini mampu memotret hingga 12 frame pada film medium format 120mm dan menghasilkan gambar dengan depth of field yang dangkal.

8. Mamiya C330

Bagi Anda yang menginginkan kamera medium format dengan lensa interchangeable, Mamiya C330 adalah jawabannya. Kamera analog terbaik ini sempat populer pada masanya karena dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan kamera sekelasnya, Hasselblad 500.

Kamera ini banyak digunakan oleh fotografer profesional pada zamannya karena banyaknya pilihan lensa, mulai dari 55mm hingga 250mm.

Jika Anda ingin merasakan sensasi menggunakan kamera mahal ini, Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk film medium format yang saat ini sudah jarang dijual.

9.Nikon F6

Jika Anda sudah terbiasa dengan kamera digital, tetapi masih ingin mencoba kamera analog yang bagus, Nikon F6 cocok untuk Anda.

Kamera analog full frame ini hadir dengan program eksposur otomatis penuh, prioritas apertur, prioritas rana, dan mode manual. Untuk pengambilan gambar, kamera ini memiliki kemampuan membidik hingga 5,5 fps dan 11 titik AF.

Dirilis pada tahun 2004, Anda mungkin masih akan menemukan kamera analog ini dalam kondisi baik. Temukan segalanya tentang Bukalapak.

10. Minolta Dynax 600si Klasik

Hasil kamera analog sulit direproduksi dengan kamera digital. Namun, jika Anda menginginkan nuansa kamera analog dan tidak ingin mengorbankan teknologi digital, Minolta Dynax 600si Classic patut Anda perhatikan.

Diperkenalkan pada tahun 1995, kamera ini dilengkapi sistem autofokus SLR berteknologi tinggi. Desainnya sangat ergonomis dibandingkan kamera sekelasnya. Ada juga dial terpisah untuk flash dan kompensasi eksposur, mode drive dan mode eksposur.

Sedangkan tombol di bagian belakang mengatur AF dan metering. Jika Anda tidak ingin menggunakan tombol, Anda dapat menonaktifkannya untuk menghindari menekannya secara tidak sengaja.

Namun, AF tidak terlalu mengesankan dan untuk pemotretan bersambungan kamera ini hanya dapat mencapai 2 fps.

Demikian ulasan Rekomendasi 7+ Kamera Analog Terbaik Sepanjang Sejarah Perfotoan Yang Layak Di Beli

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.