7+ Jenis Alat Surfing Yang Harus Disiapkan Peselancar Pemula Sebelum Melakukan Surfing

Alat Surfing Yang Harus Disiapkan Peselancar Pemula

Perlengkapan Surfing – Surfing dikenal sebagai olahraga yang agak ekstrim. Di Indonesia sendiri, olahraga ini berkembang pesat berkat tersedianya berbagai spot selancar.

Olahraga yang memacu adrenalin, selancar membutuhkan persiapan khusus untuk keselamatan  karena ini termasuk olahraga extreme.

Tidak hanya lokasi, berselancar juga membutuhkan peralatan khusus. Nah, buat kamu yang ingin mencoba olahraga ekstrim ini, kamu perlu mengetahui dulu jenis-jenis peralatan surfing berikut ini.

7+ Jenis Alat Surfing Yang Harus Disiapkan Peselancar Pemula Sebelum Melakukan Surfing

Perlengkapan selancar untuk peselancar pemula

1. Board (papan selancar)

Tahukah Anda bahwa papan selancar atau surfboard terdiri dari beberapa jenis. Ada tiga jenis papan selancar yang umum dikenal dan masing-masing memiliki ukuran, lebar, dan tinggi yang berbeda. Dari ketiganya, hanya dua yang cocok untuk pemula.

Untuk pemula disarankan untuk menggunakan papan yang lebih tinggi dari tinggi badan karena papan selancar yang besar akan memudahkan teknik dayung atau dayung bagi peselancar pemula.

Baca Juga :  Inilah 7+Tempat Wisata Terumbu Karang Terbaik Di Indonesia Untuk Menyelam

Papan selancar pemula harus memiliki panjang sekitar tujuh kaki, lebar 19 hingga 21 inci, dan tebal 2 hingga 3 inci. Bagi Anda yang baru pertama kali ingin berselancar dan belum memiliki papan selancar, Anda bisa menyewanya di tempat yang biasanya menyediakan peralatan selancar.

2. Rash guard (pakaian selancar)

Untuk berselancar, akan lebih baik untuk memakai pakaian yang mendukung. Ini mungkin terdengar biasa, tetapi pakaian selancar sebenarnya memiliki dampak besar pada permainan selancar Anda.

Ya, dengan mengenakan kaos khusus untuk bermain selancar, tentunya Anda akan merasa lebih nyaman saat bermain. Baju selancar ini juga akan melindungi kulit Anda dari bahaya paparan sinar matahari.

3. Pakaian renang

Seperti kemeja selancar atau kemeja selancar, celana pendek papan atau pakaian renang adalah barang yang sangat diperlukan saat berselancar. Celana ini biasanya didesain dengan motif kekinian. Selain itu, bahannya ringan dan mudah kering, sehingga nyaman dipakai.

Bahannya sendiri terdiri dari sejenis karet dan sangat fleksibel. Di Indonesia, sebagian besar peselancar lebih suka memakai celana selancar gaya jalanan karena lebih nyaman dipakai dan memudahkan peselancar untuk bergerak.

4. Leash (tali di kaki)

Jika Anda sering menjadi saksi aksi peselancar, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tali yang sering menempel di kaki peselancar. Ya, tali adalah tali. Tali ini sebenarnya harus diikat ke papan dan kaki ketika kita berselancar karena di situlah kita benar-benar mempertaruhkan nyawa kita.

Baca Juga :  Berikut 7 Pulau Kecil Di Indonesia Yang Mempunyai Keindahan Alam Memukau

Jangan pernah bermain selancar tanpa mengaitkan tali di sekitar pergelangan kaki Anda, terutama jika Anda bermain dengan ombak yang besar. Strap akan melindungi kita dari terlalu jauh bersentuhan dengan ombak atau dari tidak berselancar (take off),

Tali ini biasanya sama panjangnya dengan papan selancar. Hindari rantai yang terlalu panjang atau bahkan terlalu pendek karena hanya akan mempersulit.

Untuk papan jenis longboard, jangan menggunakan tali pendek dan disarankan menggunakan ukuran 8 inci atau 9 inci ke atas agar bisa disisir saat berlayar. Sementara itu, untuk papan pendek disarankan menggunakan strap berukuran 5 atau 6 inci.

5. Lilin (Wax)

Wax atau lilin digunakan untuk menambah daya cengkeram kaki pada papan selancar agar kaki tidak terpeleset saat berdiri di atas papan selancar. Penggunaannya pun mudah, cukup oleskan ke seluruh permukaan papan selancar. Khususnya di iklim tropis, lilin biasanya digunakan dan ditandai pada 27 derajat.

6. Wax comb (sisir)

Seperti namanya, sisir ini umumnya digunakan untuk meratakan kembali lilin dan menghilangkan lilin lama sehingga permukaan menjadi kasar. Alat ini sangat berguna jika Anda pergi berselancar tetapi lupa membawa lilin.

Baca Juga :  Inilah 7 Sumber Daya Alam Terbarukan Dan Manfaatnya Bagi Manusia

7. Fins (sirip)

Sirip atau kaki papan selancar berguna untuk mengatur kecepatan dan arah papan selancar. Ada banyak jenis sirip yang bisa digunakan. Peselancar dapat menyesuaikannya dengan jenis dan karakter ombak yang ingin ditaklukkan. Peselancar profesional sering bereksperimen dengan sirip yang berbeda selama setiap sesi latihan. Hal ini dilakukan untuk mencapai hasil dan kenyamanan saat browsing.

8. Kunci sirip (Fins Key)

Kunci penutup diperlukan untuk membuka penutup. Objek ini tidak boleh terlewatkan, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh untuk mengejar ombak. Untuk mengetahui cara menggunakannya, Anda dapat berkonsultasi dengan orang yang bekerja di toko selancar. Mereka biasanya menyediakan opsi kunci sirip yang sesuai dengan jenis sirip yang Anda inginkan.

7+ Jenis Alat Surfing Yang Harus Disiapkan Peselancar Pemula Sebelum Melakukan Surfing

Ini adalah peralatan selancar yang perlu diketahui peselancar pemula. Jadi apa yang sudah Anda miliki?

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.