Harga Petalite Akan Naik, Demokrat Akan Bicarakan Efisiensi Anggaran IKN

Harga Petalite Akan Naik

Politisi Senior Partai Demokrat Sjarifuddin Hasan atau akrab disapa Syarif Hasan mengingatkan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Syarif mengatakan, sebelum memutuskan menaikkan harga perthalite, pemerintah harus melakukan efisiensi anggaran dengan mengevaluasi komponen anggaran negara (penerimaan negara dan belanja anggaran) yang tidak terlalu dibutuhkan.

“Kita tahu ada beberapa proyek infrastruktur yang bisa ditunda, seperti kereta api cepat yang meminta pemerintah Indonesia menutup biaya APBN. Pemerintah China meminta, kan? “Syarif . kata Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/8/2022).

Selain proyek kereta cepat yang bertanggung jawab atas anggaran negara, Syarif mengatakan evaluasi terhadap rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) nusantara perlu dilakukan.

Baca Juga :  4 Opsi Bisnis Usaha Untuk Anak Muda Yang Dapat Anda Coba

“Karena IKN (awalnya) tidak berasal dari APBN, tapi sekarang ternyata dari APBN, kan? juga harus dihargai “, ujarnya.

“Sekali lagi menurut kami (menaikkan BBM) adalah jalan terakhir kalau mau “, lanjut Syarif.

Kenaikan BBM memicu inflasi

Syarif mengatakan, kenaikan harga BBM akan menyebabkan sulitnya menjaga distribusi energi, yang pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan laju inflasi.

“Kalau BBM naik, distribusinya juga meningkat. Jadi sulit dihindari, inflasi pasti naik “, ujarnya.

Karena itu, Syarif meminta pemerintah mempertimbangkan segala risiko sebelum menaikkan harga BBM.

“Kalau inflasi naik lagi, masyarakat akan semakin kesulitan. Dan inflasi tidak mengenal orang miskin, semua orang akan mengalaminya,” ujarnya.

Baca Juga :  Berikut Ide Bisnis Penyewaan Yang Lebih Menguntungkan Dan Menjanjikan Di Tahun 2022

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu mengatakan pemerintah akan menaikkan harga BBM bersubsidi, khususnya jenis Pertalite, pada pekan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.