9 Fungsi Email Marketing Untuk Bisnis Online Yang Wajib Diketahui Untuk Pemula

Manfaat email marketing sangat penting untuk membangun bisnis online. Email marketing juga menjadi penghubung antara produsen dan konsumen untuk berkomunikasi dengan baik dalam jangka panjang. Saat membangun bisnis online di era digital, banyak orang cenderung fokus pada pemasaran media sosial seperti menjalankan iklan dan menjalankan promosi.

Meski tidak sepopuler media lain, manfaat pemasaran email tidak sedikit dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Bahkan, pemasaran email, selain memberi tahu Anda tentang penawaran, juga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan ikatan yang kuat antara konsumen dan penyedia layanan.

Email adalah metode pertukaran pesan secara instan dari satu sistem ke sistem lain menggunakan Internet. Sebuah email dapat dikirim ke beberapa penerima dan nama penerima dapat disembunyikan dari orang lain dengan menyalin nama mereka secara membabi buta.

Email penting dalam pemasaran digital karena komunikasi bisnis dapat dilakukan dengan mudah tanpa masalah keamanan dan lebih cepat daripada bentuk komunikasi lainnya. Selain itu, kontak dapat dengan mudah disimpan melalui email dan pesan sebelumnya dapat sering ditinjau alih-alih menyimpan data di server lokal.

9 Fungsi Email Marketing Untuk Bisnis Online Yang Wajib Diketahui Untuk Pemula

Salah satu kegunaan yang paling sering adalah kita dapat menghubungi orang tersebut kapan saja sepanjang hari, yang dapat dengan mudah membaca surat dan menanggapinya. Hal ini memungkinkan email untuk menghargai waktu individu dan menghindari komunikasi yang tidak perlu.

Baca Juga :  Mengenal OpenSea, Platform NFT Marketplace

Fungsi Email Marketing Untuk Bisnis Online

1. Konten yang ditargetkan dan dipersonalisasi

Keuntungan pertama dari pemasaran email adalah Anda dapat membuat konten yang dipersonalisasi dan ditargetkan. Pemasaran email memungkinkan Anda untuk mengelompokkan pelanggan Anda ke dalam daftar yang berbeda berdasarkan preferensi mereka untuk mengirim konten yang sangat dipersonalisasi.

Dari membuat baris subjek yang sempurna, hingga gambar yang sesuai dengan pelanggan Anda, hingga konten berharga yang membantu audiens Anda, email adalah saluran yang sempurna untuk meningkatkan keterlibatan.

Personalisasikan pesan Anda untuk audiens yang berbeda sehingga email selalu menarik. Abaikan kebutuhan untuk meningkatkan penjualan terlalu dini dalam proses. Pertama, bangun fondasi kepercayaan yang kuat antara merek Anda dan penerima, dan bangun hubungan dengan pelanggan yang dapat tumbuh seiring waktu.

2. Pengenalan merek yang lebih baik

Beberapa merek yang paling dikenal di dunia saat ini sangat terkenal sehingga identik dengan industri tempat mereka beroperasi. Spotify adalah contoh yang bagus. Semua email Anda relevan dan terorganisir dengan baik.

Pemasaran email adalah cara yang bagus untuk membangun identitas merek Anda karena ini memberi Anda sambungan langsung ke prospek atau kotak masuk pelanggan. Setelah Anda mulai membuat konten yang berharga bagi pelanggan, Anda akan memiliki keunggulan dalam kompetisi lainnya.

3. Tingkatkan penjualan Anda

Pemasaran email menawarkan peluang besar bagi pelanggan tetap untuk melakukan pembelian impulsif. Anda dapat mendorong pelanggan untuk melakukan lebih banyak pembelian dengan cara berikut:

  • – Lihat item yang sering dibeli serta produk yang dibeli oleh pelanggan.
  • – Daftar barang yang mirip dengan pembelian pelanggan sebelumnya.
  • – Buat penawaran atau diskon khusus untuk pembelian di masa mendatang.

Pelanggan sering bertindak secara impulsif ketika mereka menerima email yang memberi tahu mereka tentang produk yang relevan terkait dengan pembelian mereka sebelumnya. Ditambahkan juga jika ada promosi yang relevan.

Baca Juga :  7 Biaya Membeli Apartemen Yang Harus Ditanggung Dan Diperhatikan

4. Optimalisasi waktu dan anggaran

Manfaat pemasaran email berikutnya adalah menghemat waktu dan anggaran. Iklan pemasaran langsung, seperti mengirim selebaran kertas, bisa mahal. Biaya desain, pencetakan, dan pengiriman dapat menghabiskan banyak waktu dan uang.

Salah satu manfaat terbesar pemasaran email untuk usaha kecil adalah penggunaan waktu dan anggaran yang efisien. Desain pemasaran email profesional tidak perlu menghabiskan banyak uang atau memakan banyak waktu, sehingga sangat hemat waktu dan uang.

Fungsi Email Marketing Untuk Bisnis Online
Fungsi Email Marketing Untuk Bisnis Online

5. Peningkatan lalu lintas ke situs web perusahaan

Email adalah cara yang bagus untuk membuat pelanggan mengunjungi situs web Anda. Anda dapat menyertakan tautan yang relevan ke situs Anda dalam konten email. Anda juga dapat menggunakan email untuk melibatkan pelanggan dengan konten yang tersedia di situs web atau blog Anda.

Misalnya, sekolah desain lokal dapat mengirim email yang memberi tahu mereka tentang kelas desain baru dengan jumlah tempat terbatas. Banyak pelanggan dan prospek Anda mungkin melewatkan kursus ini.

Saya berharap mereka tidak mengunjungi situs itu tepat waktu. Oleh karena itu, sekolah desain dapat mengisi semua kursi lebih cepat, daripada menunggu reservasi tiba. Sertakan tombol berbagi sosial di email Anda untuk mendorong pelanggan Anda mempromosikan konten Anda di jejaring sosial mereka.

6. Mengembangkan kegembiraan dalam berbisnis

Semua orang senang menjadi bagian dari grup khusus, terutama konsumen email yang menyukai manfaat eksklusif. Email yang dipersonalisasi dapat membantu menyampaikan pesan bahwa pelanggan itu unik dan penting bagi bisnis Anda.

Email bisa tentang peluncuran produk yang akan datang atau email untuk menghargai pelanggan atas kesetiaan mereka. Menghormati pelanggan Anda adalah sikap yang baik untuk mengembangkan bisnis Anda dan membangun loyalitas pelanggan dengan produk Anda.

Baca Juga :  Bitcoin, Ethereum Atau Litecoin: Mana Yang Tepat Untuk Anda?

7. Menetapkan otoritas bisnis

Salah satu tujuan ketika memulai bisnis adalah untuk terlihat sebagai ahli di bidang Anda. Pelanggan Anda telah mendaftar untuk buletin pemasaran karena mereka ingin mendengar kabar dari Anda.

Membuat pelanggan Anda menyukai konten yang Anda posting dan membuat mereka tetap terlibat adalah salah satu manfaat pemasaran email. Konten adalah salah satu alat pemasaran paling berharga saat ini dan Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan area lain dari strategi pemasaran Anda.

8. Statistik untuk mengetahui apa yang berhasil

Pelanggan melihat email Anda di kotak masuk mereka dan memutuskan apakah akan membuka email atau mengabaikannya. Tingkat terbuka yang baik berarti pelanggan cukup tahu tentang merek Anda sehingga ingin mendengar dari Anda.

Langkah selanjutnya adalah rasio klik-tayang (CTR), yang memberi Anda gambaran bagus tentang berapa banyak pelanggan yang meluangkan waktu untuk memindai konten email Anda untuk mengklik tautan di dalamnya.

Setelah pelanggan mengklik email Anda, idealnya Anda ingin mereka mengikuti tindakan yang diminta email Anda untuk mereka lakukan. Tingkat konversi email Anda adalah metrik penting untuk dipantau karena ini memberi tahu Anda bagaimana kinerja konten email Anda.

9. Perkuat hubungan pelanggan dalam bisnis

Manfaat lain dari pemasaran email adalah membangun hubungan dengan pelanggan. Pelanggan menghargai email yang bagus. Waktu dan upaya yang diperlukan untuk membuat email yang sempurna tidak luput dari perhatian. Mereka ingin tahu apa yang terjadi dalam bisnis Anda dan bagaimana mereka terlibat.

Hampir tidak mungkin untuk berkomunikasi dengan semua pelanggan secara langsung atau melalui telepon. Tetapi dengan menggunakan pemasaran email, Anda dapat menjembatani kesenjangan ini. Anda bahkan dapat mengatur kampanye pemasaran lain untuk mempermudah prosesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.