Fungsi AirDrop Smartphone IOS Dan Cara Menggunakannya

Fungsi AirDrop Smartphone IOS

Fungsi AirDrop Smartphone IOS dan bagaimana menggunakannya

Pernahkah Anda menggunakan AirDrop di perangkat iOS Anda? Sebagai pengguna perangkat Apple, Anda mungkin bertanya-tanya apa fungsi AirDrop di iPhone atau MacBook Anda. AirDrop adalah fitur yang memungkinkan semua perangkat Mac dan iOS untuk bertukar data secara nirkabel.

Tidak dapat mengirim melalui email atau hanya mengirim melalui iMessage? Tidak seperti aplikasi perpesanan lainnya, ada beberapa hal yang berbeda tentang AirDrop yang ditawarkan Apple. Untuk detail lebih lanjut, beri tahu kami AirDrop di perangkat iOS, untuk apa?

#Mengirim data melalui AirDrop

Apa sebenarnya AirDrop itu? AirDrop adalah layanan transfer data antara perangkat Apple menggunakan jaringan WiFi dan Bluetooth. Sesederhana itu, Anda dapat mengirim data dengan pengguna Apple lainnya secara nirkabel, seperti berbagi file melalui Bluetooth di Android.

Anda dapat menggunakan fungsi AirDrop di iPhone 5 atau lebih baru, iPad generasi ke-4 atau lebih baru, iPad mini dan iPod Touch generasi ke-5. Persyaratannya adalah perangkat menjalankan iOS 7 atau lebih baru dan OS X Yosemite di MacBook.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Data Chat WhatsApp Yang Gagal Dipindahkan Dari Android Ke IPhone

Apa perbedaan AirDrop dengan berbagi file melalui Bluetooth seperti biasa? Karena semua perangkat ini membentuk satu ekosistem, Anda pasti akan merasa mudah untuk mengelola transfer file antar perangkat. Selain itu, transfer data antar gadget dijamin “cepat “, yaitu ultra-cepat. Lebih penting lagi, Anda tidak memerlukan kuota data untuk berbagi file.

Bukankah lebih nyaman mengirim data melalui aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp atau LINE? Ya, Anda mungkin sudah terbiasa menggunakan aplikasi untuk mengirim data. Jika ukuran datanya besar, Anda dapat menggunakan email atau mengunggah ke Google Drive untuk berbagi data. Namun, seperti yang disebutkan di atas, berbagi file antar perangkat Apple dijamin cepat dan bebas kuota.

Namun, transmisi data dengan AirDrop harus sangat dekat. Jadi setelah selesai berfoto bersama teman, foto bisa langsung terkirim dengan kualitas gambar yang jernih. Singkatnya, fungsi AirDrop di iPhone mirip dengan NFC di Android.

Cara kerja AirDrop dalam mengirim data

Bagaimana cara kerja AirDrop? AirDrop menggunakan konektivitas Bluetooth untuk membuat jaringan Wi-Fi peer-to-peer antar perangkat. Setiap perangkat akan membentuk firewall koneksi sendiri untuk mengenkripsi data yang dikirim.

AirDrop dapat secara otomatis mendeteksi perangkat dalam jarak yang cukup dekat untuk membuat koneksi WiFi yang baik. Setelah terhubung, Anda dapat menggunakan koneksi untuk berbagi data di ruangan yang berbeda.

Baca Juga :  Inilah 6 Manfaat Fitur Aplikasi Security Smartphone Untuk Keamanan Ponsel Anda

Namun, satu hal yang perlu diingat, ini hanya bisa dilakukan dalam jarak dekat ya.

Manfaat berbagi data dengan AirDrop

Seperti disebutkan di atas, pengiriman data melalui AirDrop tidak akan menghabiskan kuota. Meskipun beberapa aplikasi menawarkan kemampuan berbagi data yang serupa melalui Bluetooth, kecepatannya tidak secepat AirDrop.

Bahkan jika dibandingkan dengan Near Field Communications (NFC) dan konektivitas Bluetooth di perangkat Android, AirDrop masih lebih unggul. Ini membuat proses berbagi file dengan AirDrop lebih cepat dan nyaman.

Cara mengakses AirDrop melalui perangkat iOS

Bagaimana cara menggunakan AirDrop? Jika Anda belum pernah menggunakan fitur AirDrop sebelumnya, Anda dapat menemukannya di menu Control Panel. Cukup seret penggeser dari bagian bawah layar iPhone atau iPad Anda lalu ketuk ikon AirDrop untuk mengaktifkan fungsi koneksi.

Setelah fungsi AirDrop diaktifkan melalui tombol ikon, Anda dapat menyesuaikan parameter berbagi data. Kotak dialog baru akan muncul dengan opsi “Contacts only “, jika Anda memilih menu ini, Anda hanya dapat menerima data dari orang-orang dalam daftar kontak.

Jika Anda memilih “Semua orang “, Anda dapat berbagi data dengan semua orang, bahkan kontak eksternal.

Kirim dan terima data menggunakan AirDrop

Jika fungsi AirDrop perangkat iOS Anda sudah diaktifkan, Anda dapat mengirim dan menerima data secara instan dan mudah. Harap diperhatikan bahwa fitur AirDrop ini hanya dapat digunakan oleh pengguna iOS lainnya. Ya, fungsi AirDrop dirancang khusus untuk digunakan oleh pengguna Apple.

Baca Juga :  7 Tips Rekomendasi Printer HP Terbaik & Berkualitas Yang layak Dibeli 2022

Yang harus Anda lakukan adalah memilih data yang ingin Anda kirim, lalu tekan tombol Bagikan dan AirDrop. Misalnya, Anda ingin mengirim foto. Kemudian, buka Galeri, pilih foto yang ingin Anda kirim dan klik Bagikan. Oh ya, Anda dapat memilih beberapa foto sekaligus. Selanjutnya, klik AirDrop dan pilih ke mana file akan dikirim.

Di perangkat MacBook, klik Finder, Go dan cari AirDrop. Pengaturannya sama dengan iPhone, Anda dapat memilih “Hanya kontak ” atau Semua.

Setelah mengetahui fungsinya, Anda bisa mencoba melakukan proses berbagi data antar pengguna Apple. Jika Anda sering mengirim data dalam jumlah besar dan dengan data yang besar, Anda mungkin merasa fitur ini lebih cepat dan nyaman.

Demukian ulasan Fungsi AirDrop Smartphone IOS dan Cara penggunaannya

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.