Berikut 5 Filosofi Motivasi Hidup Jawa Yang Bisa Kamu Terapkan Saat Traveling

Filosofi Motivasi Hidup Jawa Yang Bisa Kamu Terapkan Saat Traveling

Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang besar dan juga budaya yang sangat beragam, Indonesia memiliki banyak nilai filosofis yang dapat dipetik.

Salah satunya adalah nilai filosofis tanah Jawa. Tidak hanya kaya akan keragaman seni, orang Jawa juga dikenal banyak nilai-nilai kehidupan yang benar-benar dapat Anda terapkan saat bepergian ke mana-mana.

Berikut 5 Filosofi Motivasi Hidup Jawa Yang Bisa Kamu Terapkan Saat Traveling

Lalu apa saja nilai-nilai filosofisnya?

1. Alon-alon waton asal kelakon, mengajarkan kita kesabaran

Orang Jawa terkenal dengan kesabarannya. Memang banyak yang bilang kalau orang Jawa marah, mereka tetap tenang dan sabar. Itu mungkin tidak sepenuhnya benar, tetapi nilai-nilai kesabaran orang Jawa mengakar kuat dalam kehidupan mereka.

Baca Juga :  Inilah 5 Kopi Indonesia Terbaik Yang Harus Dicoba Bagi Pecinta Coffe

Alon-alon waton lelucon dapat berarti bahwa melakukan sesuatu harus dilakukan perlahan-lahan sambil melakukannya. Anda benar-benar dapat menerapkannya ke salah satu rencana perjalanan Anda.

Salah satunya tidak terburu-buru untuk merencanakan liburan, tetapi berakhir buruk dan kacau. Ya, seperti banyak hal lainnya, liburan atau traveling juga membutuhkan kesabaran agar pikiran lebih terbuka dan fokus.

2. Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman, mengajarkan kita arti kemandirian

Perjalanan ini penuh dengan belajar mandiri. Salah satunya mengacu pada kemerdekaan. Dalam hal ini, filsafat Jawa juga memiliki nilai-nilai yang mengajarkan hal tersebut.

Aja gumunan artinya tidak mudah kaget, aja getunan artinya tidak mudah bertobat, cukup kaget artinya tidak kaget dan hanya bahasa Jerman artinya tidak manja.

Semua hal tersebut menuntun kita untuk melatih diri agar lebih mandiri dan percaya diri.

3. Nilai karma tabur-tuai dalam pepatah “Sapa Nandur, Bakal Ngunduh”

Sebagian besar budaya di dunia ini mengajarkan kita prinsip menabur dan menuai dalam kehidupan. Ada yang menyebutnya hukum karma. Nah, selama perjalanan tentunya selalu ada akibat yang ditimbulkan dari setiap perbuatan kita, baik itu baik maupun buruk.

Baca Juga :  Inilah 7 Klenteng Bersejarah Di Jakarta Yang Dapat Anda Kunjungi

Filsafat Jawa juga mengajarkan hal ini kepada kita. Pepatah sehat nandur, will ngunduh juga bisa diartikan siapa yang menabur akan menuai.

Dia mengajarkan kita bahwa di mana pun kita berada, ke mana pun kita pergi, kita harus berhati-hati dengan apa yang kita lakukan, karena setiap tindakan yang kita lakukan akan menghasilkan sesuatu untuk kita.

4. Urip iku urup, hidup harus bermanfaat

Filosofi hidup orang Jawa tentu saja akan mengajarkan makna hidup itu sendiri. Seperti halnya traveling yang mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain.

Filosofi Jawa melalui ungkapan urip iku urup juga mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang berguna bagi banyak orang.

Anda dapat menerapkannya ketika Anda bepergian ke mana pun Anda inginkan. Sehingga nantinya, ketika Anda bepergian, perjalanan Anda tidak hanya bermanfaat bagi Anda, tetapi juga bermanfaat bagi banyak orang.

Baca Juga :  Inilah 5 Fakta Desa Trunyan Yang Punya Tradisi Pemakaman Yang Unik

5. Aja kuminter mundak keblinger, aja cidra mundak cilaka, intinya jangan sok tahu!

Ya, orang yang tahu banyak itu sangat membosankan. Apalagi jika Anda mengetahui hal ini dan keras kepala. Rupanya hal ini juga tercermin dalam nilai-nilai filosofis orang Jawa.

Aja kuminter mundak keblinger bisa diartikan sebagai peringatan untuk selalu rendah hati dan tidak merasa paling pintar agar tidak marah nantinya.

Sedangkan kalimat yang sama citra mundak cilaka adalah kalimat peringatan untuk selalu mawas diri dalam setiap situasi dan kemanapun kita pergi. Dengan cara ini kita menghindari bahaya yang menyakiti atau merugikan kita.

Jadi, apakah Anda siap untuk menerapkan semua ekspresi ini?

Demikian ulasan 5 Filosofi Motivasi Hidup Jawa Yang Bisa Kamu Terapkan Saat Traveling

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.