Berikut 5 Desa Terbersih Di Dunia Salah Satunya Berada Di Indonesia

Desa Terbersih Di Dunia Salah Satunya Berada Di Indonesia

Mendengar kata “desa “, pemandangan yang indah dan asri terdengar seperti gambar nomor satu.

Faktanya, tidak semua kota bersih dan seperti yang kita tahu, telah terjadi banyak polusi di dunia.

Namun, jangan putus asa. Setelah melihat daftar kota terbersih di dunia berikut ini, harapannya akan terus berlanjut!

Berikut 5 Desa Terbersih Di Dunia Salah Satunya Berada Di Indonesia

1. Mawlynnong, India

India memiliki sekitar 640.867 desa dengan berbagai ukuran dan bentuk. Meskipun desa merupakan bagian integral dari India, mereka diabaikan dan dianggap terbelakang. Desa atau kota dianggap tempat yang kotor dan terbelakang, sementara banyak desa dikenal dengan kebersihan dan perawatan umum yang unik. Mawlynnong adalah salah satunya.

Kota ini terletak di distrik Bukit Khasi Timur Meghalaya. Mawlynnong dianggap sebagai kota terbersih tidak hanya di India tetapi di seluruh Asia. Desa ini mendapatkan gelarnya pada tahun 2003. Tempat ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan air terjunnya karena pendekatan masyarakatnya yang sangat ramah terhadap alam.

Tempat tersebut dihalangi oleh suku Khasi yang juga sangat menghormati alam. Desa Mawlynnong memiliki sistem unik yang mengotorisasi keluarga perempuan. Sistem manajemen keluarga ini memberi jalan bagi pemberdayaan perempuan. Desa tersebut ditutup dengan wadah bambu sehingga daun-daun kering yang jatuh langsung masuk ke dalam wadah tersebut.

Meskipun Mawlynnong indah dan cocok untuk bepergian setiap saat sepanjang tahun, lebih tepat untuk pergi ke sana selama musim hujan. Mawlynnong adalah tempat di mana kita dapat belajar banyak tentang alam dan karenanya harus dikunjungi setidaknya sekali.

Baca Juga :  Berikut 7 Pulau Kecil Di Indonesia Yang Mempunyai Keindahan Alam Memukau

2. Idukki, India

Idukki terletak di distrik Kottayam di Kerala. Kota ini memiliki banyak keindahan dan terkenal dengan keindahan alamnya. Meskipun merupakan distrik terbesar kedua, Idukki memiliki populasi yang sangat kecil. Memiliki kawasan hutan lindung yang luas.

Dikelilingi oleh pegunungan dan hutan hijau dan dikenal dengan tanaman hijaunya. Idukki dikenal dengan berbagai tempat wisata seperti Thekkady, Munnar, Vegamon, Marayur dan suaka margasatwa. Desa ini juga dikenal sebagai taman rempah-rempah Kerala.

Semua kekayaan alamnya membuat kota Idukki menjadi tempat wisata yang ideal. Idukki dianggap sebagai salah satu kota terbersih di India. Ini terkenal karena pemandangannya yang hijau.

3. Penglipuran, Bali

Jika Anda mengira Bali hanya dikenal dengan matahari, pasir, dan ombaknya yang menderu, maka Anda perlu menjelajah lebih jauh karena pulau yang mempesona ini memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan. Di antara pemandangan sawah yang subur dan perbukitan yang indah adalah desa terbersih di dunia dengan rumah-rumah Bali dengan gaya hidup tradisional otentik yang masih dipraktikkan sampai sekarang. Salah satu kota yang menonjol dan diakui di antara tiga kota terbersih di dunia, adalah kota Penglipuran. Penglipuran dianggap sebagai salah satu kota terbersih di dunia bersama Giethoorn di Belanda dan Mawlynnong di India.

Desa Penglipuran adalah desa yang indah di dataran tinggi Kabupaten Bangli di Bali Timur (satu jam perjalanan dari kota Denpasar), terkenal dengan budaya dan struktur desa yang terpelihara dengan baik. Terletak tidak jauh dari Kintamani dan terletak di pedesaan bergulir, Desa Penglipuran adalah desa yang indah dan terawat dengan jalan-jalan bata lebar berjajar dengan deretan rumah-rumah tradisional yang menawan diselingi taman yang terawat. Desa ini dibangun dengan cara tradisional, tetap setia pada metode tradisional arsitektur bambu.

Baca Juga :  7 Keajaiban Dunia Yang Dipilih Secara Voting Oleh Orang Di Seluruh Dunia

Tentu saja, keindahan negara berasal dari kebersihannya. Sebab, di sini, pentingnya kesadaran lingkungan merupakan bagian integral dari budaya sehari-hari dan diajarkan sejak anak usia dini dari generasi ke generasi. Baik penduduk desa maupun turis tidak boleh membuang sampah sembarangan, sementara perokok hanya boleh merokok di beberapa area merokok. Sebagai bagian dari kegiatan ramah lingkungan, semua ibu rumah tangga di Tanah Air bertemu setiap bulan untuk mengumpulkan dan mengklasifikasikan sampah. Sampah organik akan diolah menjadi pupuk, sedangkan plastik dan sampah anorganik lainnya akan dijual untuk didaur ulang atau dikumpulkan di “bank sampah”.

Pengunjung dapat mengunjungi desa ini kapan saja sepanjang tahun, tetapi waktu terbaik untuk mengunjungi Penglipuran adalah sebelum hari raya keagamaan Galungan. Hari-hari ini, desa akan dihiasi dengan deretan “penjor ” atau tiang-tiang bambu hias yang digantung dengan aksesoris unik.

4. Giethoorn, Belanda

Jika Anda menggunakan Pinterest, Anda mungkin pernah melihat foto kota Giethoorn di Belanda. Diiklankan sebagai tempat yang indah dan tenang tanpa jalan dan hampir tidak ada (mungkin hanya beberapa ekor sapi di atas kapal), tempat ini tampak seperti tempat yang sempurna untuk liburan yang tenang.

Giethoorn adalah sebuah kota di provinsi Overijssel di Belanda. Terletak satu setengah jam perjalanan dari Amsterdam dan dikenal karena keindahannya karena memiliki beberapa jalan dan sebagian besar kota hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki atau dengan perahu. Terdapat banyak kanal dan jembatan (lebih dari 180 jembatan) yang menambah pesona keindahannya. Sebagian besar rumah dan gubuk beratap jerami, yang membawa kita kembali ke masa lalu, mengagumi rumah-rumah cantik dan mungkin berhenti untuk makan siang di salah satu kafe atau restoran di sepanjang kanal.

Baca Juga :  7 Pantai Terbaik Dan Tercantik Di Dunia Dengan Keindahan Panorama Alamnya

Fakta menyenangkan yang tampaknya sangat dibanggakan oleh penduduk setempat adalah Giethoorn telah mengalahkan sekitar 182 kontestan dari seluruh dunia untuk menjadi target ulang tahun ke-80 Monopoli edisi internasional 2015.

Desa Giethoorn secara teknis memiliki jalan dan bahkan tempat parkir, tetapi sebagian besar pusat kota hanya dapat diakses melalui jalan setapak atau kanal. Beberapa penduduk Giethoorn hanya dapat mengakses rumah mereka melalui kanal, yang pasti akan membuat belanja bahan makanan dan pindah rumah menjadi menyenangkan!

5. Ziro, India

Ziro adalah kota yang bagus dan bersih di Arunachal Pradesh. Ziro juga terdaftar oleh UNESCO karena keindahannya yang unik. Hal ini terkenal dengan pohon bambu dan lanskap pegunungan yang landai.

Dan ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti Tarin Fish Farm, tempat memancing yang unik dimana kamu bisa memancing dengan tangan kosong. Lalu ada kuil batu Meghna, sebuah kuil yang didedikasikan untuk Dewa Siwa dan perjalanan Dolo Mando.

Selama musim hujan, kota berubah menjadi lanskap hijau. Ziro terkenal dengan festival musiknya di mana musisi dari seluruh India tampil. Secara keseluruhan, Ziro adalah tempat yang indah untuk dikunjungi.

Demikian ulasan 5 Desa Terbersih Di Dunia Salah Satunya Berada Di Indonesia

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.