10+ Cara Untuk Mempercepat Koneksi WiFi Yang Bisa Anda Coba Dirumah Anda

Cara Untuk Mempercepat Koneksi WiFi

Koneksi internet melalui jaringan nirkabel WiFi kini lebih banyak digunakan, selain koneksi melalui kabel Ethernet. Alasan untuk ini jelas adalah kenyamanan dan keringkasan menggunakan WiFi tanpa perlu terhubung dengan kabel LAN atau Ethernet.

Ada kalanya Anda mengalami masalah koneksi Wi-Fi yang terkesan lebih lambat dari biasanya. Karena internet sudah menjadi kebutuhan pokok, jangan biarkan masalah koneksi WiFi lemot ini terus terjadi.

Jika Anda mengalami koneksi WiFi yang lambat, ada baiknya untuk mempelajari 11 cara mempercepat koneksi internet WiFi untuk laptop dan komputer di bawah ini.

Berikut 11 10+ Cara Untuk Mempercepat Koneksi WiFi Yang Bisa Anda Coba Dirumah Anda.

1. Letakkan router di tempat terbuka

Cara ini mungkin terdengar klise bagi Anda yang sudah mengetahuinya, namun pengguna router WiFi umumnya mengabaikan saran ini. Banyak pengguna menempatkan router WiFi mereka di sudut-sudut, seperti meja sudut, di belakang TV, dan tempat sempit lainnya.

Lokasi yang direkomendasikan untuk router WiFi berada di tengah ruangan, tidak terhalang oleh benda besar seperti lemari, belum lagi dinding. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menempatkan router di atas perabot, dari tanah. Trik ini bertujuan untuk memberikan ruang bebas bagi sinyal WiFi untuk memancar ke segala arah di dalam ruangan.

2. Sejajarkan antena router dengan benar

Kemungkinan besar router yang Anda gunakan memiliki 2 antena yang paralel/berarah sama. Untuk mendapatkan kecepatan sinyal WiFi terbaik, disarankan untuk mengarahkan antena router secara tegak lurus atau berbentuk L, satu antena mengarah vertikal ke atas dan antena lainnya secara horizontal.

Baca Juga :  Pemerintah Akan Suntik Mati TV Analog Pada Bulan Ini?

3. Perhatikan teknologi WiFi yang Anda gunakan

Semua router dan laptop dapat mengirimkan dan memperoleh sinyal WiFi menggunakan adaptor nirkabel yang kini tersedia dalam 5 opsi:

adaptor tipe nirkabel

Tahun pembuatan

Kecepatan

Nirkabel-B (802.11b)

1999

11Mbps

Nirkabel-A (802.11a)

1999

54Mbps

Nirkabel-G (802.11g)

2002

54Mbps

Nirkabel-N (802.11n)

2007

72 – 600Mbps

Nirkabel-AC (802.11ac)

2013

433 Mbps – 1,4 Gbps

Berdasarkan tabel di atas, sangat disarankan untuk menggunakan router dan/atau laptop dengan komponen WiFi minimal dengan Wireless-N (802.11n) atau Wireless-AC terbaru (802.11ac) yang tercepat di Internet. di sini saya.

Untuk mengetahui teknologi adaptor nirkabel yang digunakan router atau laptop Anda, Anda dapat merujuk ke manual di kotak pembelian router dan laptop.

4. Gunakan adaptor wifi

Cara mempercepat koneksi WiFi selanjutnya adalah dengan menggunakan adaptor WiFi. Tip ini khusus untuk Anda yang menggunakan laptop atau komputer yang tidak memiliki adaptor Wi-Fi atau memiliki adaptor Wi-Fi yang sudah ketinggalan zaman.

Adaptor WiFi, juga disebut dongle WiFi, dapat dihubungkan ke port USB di laptop dan desktop. Pastikan dongle WiFi yang Anda beli memiliki teknologi WiFi 802.11n atau 802.11ac untuk kecepatan maksimum.

5. Beralih ke saluran nirkabel dengan penggunaan yang lebih sedikit

Jika Anda dan tetangga Anda di rumah menggunakan router WiFi, kemungkinan besar Anda menempati saluran nirkabel yang padat. Hal ini terjadi karena titik akses saling mengganggu dan akhirnya menyebabkan koneksi WiFi menjadi lambat.

Untuk mengetahui apakah koneksi WiFi Anda berada di saluran nirkabel yang padat atau tidak, Anda dapat menggunakan perangkat lunak bernama WiFi Stumbler yang tersedia secara gratis dari banyak situs seperti Cisco, Wireshark, Vistumbler dan lain-lain.

6. Gunakan pemanjang jangkauan signal nirkabel

Terkadang Anda akan menemukan koneksi yang lemah di beberapa tempat di rumah, terutama yang berada di sudut dan/atau terhalang oleh banyak benda. Lokasi yang jauh diblokir oleh banyak objek akan mencegah sinyal WiFi mencapai perangkat yang Anda gunakan.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Cek Poin Telkomsel Beserta Cara Menukarnya Dengan Pulsa Dan Paket Internet

Untuk ini, Anda memerlukan perangkat yang disebut pemanjang jangkauan nirkabel. Perangkat ini memiliki fungsi untuk memperluas koneksi WiFi ke ruangan atau tempat yang jauh dari router.

7. Analisis kekuatan sinyal WiFi dengan aplikasi

Untuk mendapatkan hasil yang akurat pada koneksi Wi-Fi yang lemah di berbagai tempat di rumah, Anda dapat menggunakan aplikasi yang tersedia secara gratis dari Apple App Store atau Google Play Store.

Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk menganalisis kekuatan sinyal WiFi adalah CloudCheck. Aplikasi besutan ASSIA, Inc ini mampu mengontrol sinyal WiFi hanya dengan smartphone. Anda dapat menggunakan fitur Wi-Fi SweetSpot CloudCheck untuk mengetahui seberapa kuat atau lemah koneksi Wi-Fi di tempat-tempat tertentu di rumah, kantor, atau tempat lain Anda.

8. Atur ulang pengaturan jaringan Anda dan hapus DNS

Seiring dengan pembaruan sistem operasi dan penggunaan komputer yang berkepanjangan, terkadang perlu untuk menghapus cache DNS. Tujuan dari pembersihan ini adalah untuk mengembalikan kestabilan koneksi WiFi agar bisa dipercepat kembali.

Di Windows 10, pengaturan ulang jaringan dan prosedur pembilasan DNS adalah sebagai berikut:

  • – Buka menu Start, klik pada kotak pencarian Cortana dan ketik “Command Prompt “, lalu klik kanan pada ikon program command prompt> Run as administrator
  • – Di jendela program prompt perintah, ketik perintah berikut: “ipconfig / flushdns ” tanpa tanda kutip , lalu tekan tombol Enter
  • – Tunggu beberapa saat hingga proses DNS flushing selesai, lalu
  • – Ketik perintah “ipconfig / renew ” tanpa tanda petik, lalu tekan tombol Enter
  • – Setelah melalui proses flushing DNS, Anda dapat menguji koneksi WiFi dengan login ke website.

9. Optimalisasi parameter Quality of Service (QoS).

Quality of Service (QoS) di sistem operasi Windows 10 adalah ukuran kemampuan jaringan untuk mencapai bandwidth maksimum melalui berbagai jenis koneksi, seperti streaming video, voice over IP (VoIP), panggilan video, dan sebagainya. .

Baca Juga :  Cara Update Browser Google Chrome Dengan Mudah Untuk Perbaiki Bug Terbaru 2022

Optimalisasi QoS dapat meningkatkan kelancaran koneksi WiFi untuk keperluan tertentu, seperti game online. Beberapa router yang sudah mendukung teknologi Wi-Fi 802.11n atau 802.11ac sudah memiliki pengaturan QoS sendiri.

Namun, Anda juga dapat mengatur QoS di Windows 10, sebagai berikut:

  • – Masuk ke program Run dengan shortcut Windows + R, ketik “gpedit.msc ” di Jalankan kotak pencarian, lalu tekan Enter
  • – Dengan jendela Group Policy Editor, buka direktori Local Computer Policy> Computer Configuration> Administrative Templates
  • – Pilih Jaringan> QoS Packet Scheduler> Limit Bookable Bandwidth
  • – Atur batas bandwidth yang dapat dipesan ke Aktifkan, lalu masukkan angka 0 di bagian batas bandwidth, lalu klik Terapkan
  • – Pengaturan QoS ini akan aktif setelah reboot.

10. Beralih ke router dengan teknologi Wi-Fi terbaru

Poin ini berkaitan erat dengan poin nomor 3, yaitu teknologi WiFi dibagi menjadi 5. Jika router yang Anda gunakan sudah cukup tua, mungkin ini saat yang tepat untuk mengganti router baru. Untuk memastikan router Anda memiliki kecepatan tinggi, pastikan router yang akan Anda beli mendukung teknologi WiFi 802.11n atau 802.11ac yang dapat memberikan kecepatan WiFi hingga 433Mbps pada 1.4Gbps.

11. Beralih ke frekuensi Wi-Fi 5 GHz

Frekuensi WiFi biasanya dibagi menjadi 2, yaitu 2.4GHz dan 5GHz. Biasanya settingan WiFi controller di laptop atau komputer anda memiliki “Auto frequency setting ” yang artinya itu akan menyesuaikan frekuensi sesuai dengan kekuatan sinyal yang ada.

Jika router Anda mendukung frekuensi 5 GHz, ada baiknya juga untuk mengatur pengontrol Wi-Fi di laptop dan komputer Anda ke frekuensi 5 GHz. Frekuensi 5 GHz ini direkomendasikan untuk kecepatan Internet di atas 2,4 GHz

Demikian 10+ Cara Untuk Mempercepat Koneksi WiFi Yang Bisa Anda Coba Dirumah Anda

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.