4 Cara Screenshot Game Di Laptop Atau PC Dengan Simple, Mudah & Praktis

Cara Screenshot Game Di Laptop Atau PC

Pernah ingin mengambil screenshot saat bermain game di PC atau laptop? Biasanya, Anda bisa langsung menekan tombol “Windows ” (logo Windows di keyboard) plus tombol “PrtScr ” kunci “(Print Screen). Namun, metode ini tidak selalu kerja.

Terkadang tangkapan layar hanya berupa gambar hitam. Atau terkadang Anda melewatkan momen saat ingin mengambil screenshot atau bahkan terlalu cepat.

Menggunakan kombinasi tombol ini juga sedikit rumit. Anda harus keluar dari game untuk “menempelkan ” gambar tangkapan layar ke dalam aplikasi pemrosesan gambar.

Cara Screenshot Game Di Laptop Atau PC Dengan Simple, Mudah & Praktis

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di laptop atau PC. Apa sarananya? Baca sampai habis untuk menemukan jawabannya!

Baca Juga :  Jangan Panik, Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Tersiram Air Dengan Mudah

1. Cara mengambil tangkapan layar menggunakan shortcut Steam

Cara mengambil screenshot laptop pertama saat bermain dari Steam. Apakah Anda menikmati berbelanja dan bermain di Steam? Untungnya, Steam sudah hadir dengan fitur screenshot! Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol “F12 ” pada scene game yang Anda inginkan. menembak. Setelah itu, Anda akan mendengar pemicu dan pemberitahuan “Layar disimpan “.

Tidak ingin menggunakan kunci “F12 “? Anda dapat menggantinya jika Anda mau. Pada layar Steam, pilih Steam> Settings> In-Game dan aktifkan opsi “Screen shortcut keys “.

Bagaimana saya bisa melihat tangkapan layar yang diambil dari Steam? Jika Anda masih dalam permainan, yang harus Anda lakukan adalah menekan Shift + Tab. Kemudian cukup pilih “Show Screens ” di layar overlay.

Jika Anda sudah keluar dari permainan, gulir ke bagian bawah halaman permainan di perpustakaan. Anda kemudian akan melihat tombol “Lihat pustaka tangkapan layar “.

Ingin tahu cara mengambil tangkapan layar Snapchat tanpa ketahuan? Baca artikel ini: Cara mengambil tangkapan layar kiriman Snapchat teman tanpa diketahui.

2. Cara mengambil tangkapan layar screenshot menggunakan pintasan shortcut in-game

Banyak game, terutama yang tidak tersedia di Steam, memiliki cara sendiri untuk mengambil tangkapan layar. Di sebagian besar game, satu-satunya tombol yang diperlukan adalah “PrtScr “. Namun, beberapa game memiliki cara berbeda dalam mengambil tangkapan layar.

Baca Juga :  8 Daftar Chromebook Terbaik Yang Mempunyai Fitur Canggih Dan Layak Dibeli Di 2022

Untuk mengetahui cara mengambil screenshot di PC saat memainkan game favorit Anda, terutama untuk yang non-Steam, Anda perlu membaca manualnya terlebih dahulu. Jika tidak, Anda dapat mencari melalui mesin pencari Google.

3. Cara mengambil tangkapan layar/screenshot dengan aplikasi Nvidia GeForce Experience

Jika Anda menggunakan perangkat keras Nvidia, kemungkinan aplikasi Nvidia GeForce Experience diinstal di komputer Anda. Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi, salah satunya adalah mengambil screenshot.

Cara mengambil screenshot di laptop saat menggunakan Nvidia GeForce Experience adalah dengan menekan tombol “Alt ” + “F1 “. Gambar tangkapan layar akan disimpan di galeri GeForce Experience dan pemberitahuan “Screenshot disimpan di galeri ” akan muncul di kanan atas layar setelah pendaftaran selesai.

Untuk melihat screenshot, cukup tekan “Alt ” + “Z ” kunci dari mana saja, ya, juga dari desktop, untuk melihat layar overlay. Cukup klik “Galeri ” untuk melihat gambar tangkapan layar.

4. Cara mengambil tangkapan layar/screenshot dengan Game Bar di Windows 10

Ini mungkin cara paling sederhana. Syarat untuk menggunakan fitur ini hanya satu, kamu harus menggunakan Windows 10.

Baca Juga :  5 Perbedaan Chromebook Dan Laptop, Mana Yang Lebih Bagus Untuk Dibeli?

Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menekan tombol “Windows ” + “Alt ” + “PrtScr ” atau “Windows ” + “G ” untuk mengambil foto. Kemudian ketuk ikon kamera, seperti tombol “Screenshot “, untuk mengambil foto.

Tentu saja, jalan pintas bisa diganti. Di Windows 10, temukan Pengaturan> Permainan> Bilah Game untuk melihat opsi Anda.

Untuk melihat screenshot, Anda dapat pergi ke folder “Video “, lalu “Screenshot “. Tautan ke folder ini biasanya sudah ada di Windows 10 Explorer. Itu terletak di bagian yang sama dengan “Music “, “Unduhan ” Dan . “Gambar-gambar “.

Demikian ulasan 4 Cara Screenshot Game Di Laptop Atau PC Dengan Simple, Mudah & Praktis

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.