Cara Mudah Aktifkan Bluetooth Di Laptop Dan MacBook 2022

Cara Mudah Aktifkan Bluetooth Di Laptop

Cara Mudah Aktifkan Bluetooth Di Laptop Dan MacBook 2022

Kemudahan konektivitas nirkabel mendukung fungsi Bluetooth, WiFi dan NFC. Konektivitas nirkabel yang paling banyak digunakan saat ini adalah Bluetooth. Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan laptop dengan mouse, headphone, dan aksesori lainnya.

Menariknya, kebanyakan laptop yang ada saat ini sudah langsung dilengkapi dengan Bluetooth. Jadi Anda tidak perlu lagi membeli aksesoris Bluetooth tambahan untuk memasangkan laptop dan MacBook.

Sebelumnya, Anda mungkin masih menggunakan mouse, headset, atau headset berkabel. Nah, jika Anda mengalami sedikit kesulitan saat ingin menghubungkan laptop melalui Bluetooth, itu wajar. Di setiap laptop atau desktop, cara menyalakan Bluetooth juga berbeda-beda. Lantas bagaimana cara mengaktifkan atau mengaktifkan konektivitas Bluetooth di laptop dan MacBook?

1. Cara mengaktifkan Bluetooth untuk Windows 10

Cara mengaktifkan Bluetooth di setiap laptop Windows akan berbeda untuk setiap merek. Biasanya, jika ada ikon Bluetooth di tombol fungsi, cukup tekan tombol Fn, maka konektivitas Bluetooth akan menyala dengan indikator di sudut kanan bawah layar.

Baca Juga :  Cara Hubungkan IPhone Ke Laptop Melalui USB Dengan Benar, Work 100% Berhasil

Anda juga dapat mengaktifkan Bluetooth melalui bagian pengaturan. Langkah lain untuk mengaktifkan Bluetooth dapat dilakukan dari menu pengaturan.

  • – Mulai mengklik
  • – Pilih menu setting> Devices> Bluetooth and other devices
  • – Temukan opsi untuk mengaktifkan (nyalakan Bluetooth)

Di Windows 10, Anda juga dapat mengaktifkan Bluetooth langsung dari Pusat Aksi. Jika Anda tidak dapat menemukan opsi di pusat tindakan, ikuti langkah-langkah ini.

  • – Mulai mengklik
  • – Pilih menu Setting > System > Notification and actions
  • – Pada bagian Tindakan Cepat, pilih Tambah atau hapus tindakan cepat
  • – Tambahkan menu bluetooth

Jika menu Bluetooth sudah tersedia di Action Center, Anda dapat memilih menu untuk menghubungkan perangkat dari menu Connect. Klik pada perangkat yang ingin Anda hubungkan, maka laptop dan perangkat akan terhubung secara otomatis.

Baca Juga :  Rekomendasi 7+ Laptop Untuk Pelajar Dengan Harga Terjangkau Dan Spek Berkualiatas

Plus, Anda bahkan tidak perlu mengulangi langkah-langkah ini dari awal. Saat kedua perangkat (seperti mouse dan laptop) berada di area jangkauan yang sama, keduanya langsung terhubung dan dapat digunakan.

2. Cara mengaktifkan Bluetooth di MacBook

Mengaktifkan Bluetooth di Mac pada dasarnya sama dengan mengaktifkan Bluetooth di PC lain. Cara mengaktifkan Bluetooth di MacBook atau iMac bisa dilakukan dengan langkah yang sama.

Perangkat MacOS biasanya memiliki teknologi Bluetooth bawaan. Anda dapat memeriksanya dengan mencari ikon Bluetooth di bilah menu. Jika ada ikon Bluetooth, berarti perangkat macOS Anda memiliki teknologi Bluetooth. Langkah lain untuk memeriksa ketersediaan koneksi Bluetooth adalah sebagai berikut.

  • – Masuk ke menu Apple > System Preferences > klik Bluetooth.
  • – Pilih menu Apple > About This Mac > klik More Info. Pilih Hardware, klik Bluetooth dan lihat informasi tentang dukungan Bluetooth Low Energy.

3. Cara mengaktifkan Bluetooth jika tidak ada Bluetooth bawaan

Beberapa laptop mungkin tidak memiliki teknologi Bluetooth bawaan. Juga, sebagian besar peralatan PC tidak dilengkapi dengan Bluetooth. Jika ini terjadi di laptop atau PC Anda, tambahkan fungsi dongle Bluetooth. Selanjutnya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli laptop baru dengan Bluetooth bawaan.

Baca Juga :  7 Panduan Tips Cara Mengatasi Komputer yang Lemot dengan Mudah, Di Jamin Berhasil 100%

Dongle Bluetooth biasanya berbentuk modem USB. Anda hanya perlu mencolokkannya ke port USB dan menginstalnya sebagai berikut.

  • – Hubungkan stik USB melalui port
  • – Instal driver yang biasanya langsung muncul saat pertama kali dongle dicolokkan ke laptop atau komputer Anda
  • – Jika penginstalan driver tidak muncul, periksa situs produsen untuk dukungan driver untuk adaptor Bluetooth yang dibeli
  • – Jika berhasil, dongle Bluetooth akan tersedia di daftar perangkat di laptop atau komputer Anda

Mengaktifkan Bluetooth di laptop sangat mudah dilakukan dan dapat digunakan untuk konektivitas yang lebih nyaman.

Jika Anda tidak dapat menemukan konektivitas Bluetooth di laptop atau komputer Anda, mungkin ada masalah dengan driver atau Bluetooth mungkin belum terintegrasi. Masih mengalami masalah konektivitas Bluetooth di laptop Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.