KomputerTips & Trik

9 Cara Merawat Laptop Dan Komputer Baru Beli Supaya Awet Tahan Lama

TipsSeo Info – Cara Merawat Laptop Dan Komputer, Seperti perangkat elektronik lainnyaatau sejenis, laptop juga tidak luput tanpa cacat alias error. Kesalahan ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti fitur bermasalah, kesalahan sistem operasi, atau menerima ancaman virus dari organisasi yang tidak patuh seperti yang merusak komputer.

Semua error atau kerusakan yang terjadi pada laptop tersebut dapat mengganggu operasional sobat di depan laptop untuk kerja sehari-hari.

Cara Merawat Laptop Dan Komputer Baru

Sobat semua pasti tidak ingin itu terjadi dengan laptop kerja kan, Untuk itu kita harus melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi kesalahan atau kerusakan pada laptop yang intinya biar laptop sobat dumai awet dan tahan lama.

Dengan melakukan sistem operasi berbasis komputer atau dengan sering memperbaikinya secara teratur, risiko kesalahan dapat dikurangi. Selain itu Sobat dapat meningkatkan kinerja laptop sehingga tidak terasa lemot,awet,dan tidak mudah rusak alias error.

Berikut Lockah Techno akan membagikan tips untuk merawat laptop atau komputer desktop dengan benar. Ada 9 Cara menjaga laptop/komputer desktop agar awet dan tahan lama:

 

#1. Cara Merawat Laptop Dengan Rajin Bersihkan file sampah

Cara pertama untuk merawat laptop dengan mudah adalah dengan membersihkan file-file sampah komputer. Yang dimaksud dengan file sampah disini adalah file yang tidak dibutuhkan oleh sistem, seperti file cache program, file temporary, file history, dan lain sebagainya.

File-file ini jika dibiarkan terlalu lama akan menumpuk lebih banyak lagi untuk memenuhi ruang penyimpanan. Di sini Sobat dapat menggunakan alat untuk membersihkan file sampah yang biasanya disebut Disk Cleanup.

Sobat dapat menggunakan alat pembersih komputer dari ke 3 . Salah satunya adalah CCleaner. Alat software ini telah terbukti bekerja dengan baik untuk membersihkan PC dari semua jenis file yang tidak berguna.

 

#2. Cara Merawat Laptop Dengan Menghapus Atau Uninstal Software Yang tidak Perlu

sebagian besar perangkat modern memiliki ukuran software yang memakan ruang penyimpanan. Terlebih lagi, Windows 10 secara permanen menyertakan banyak software yang terkadang kita tidak membutuhkan apa pun untuk memakainya.

Hal ini akan mengganggu pengoperasian laptop atau komputer kita jika media penyimpanannya di pc tidak mumpuni. Karena akan membuat laptop sobat akan lemot dan terjadi crash.

Ada baiknya sobat lebih bijak dalam menginstall softaware, Sobat dapat memilih softwarw yang cuma di butuhkan saja karena dengan sedikitny software yang sobat install akan membantu kinerja laptop atau pc Sobat

 

#3. Cara Merawat Laptop Dengan Sering Scan Antivirus

Sistem operasi Windows sering diserang oleh virus, malware, spyware, dan program jahat lainnya. Oleh karena itu, wajib bagi pengguna komputer dengan OS Windows untuk menginstal alat Antivirus. Atau gunakan saja antivirus bawaan OS Windows seperti Windows Defender.

Tidak cukup hanya menginstal, Sobat juga harus sering mengupdate antivirus agar dapat terus mendeteksi berbagai jenis virus baru.

Dengan seringnya sobat monitoring PC atau laptop berupa scanning dan upgrade secara berkala, laptop tidak akan mudah terkena bahaya serangan virus.

 

#4. Cara Merawat Laptop Dengan Lihat partisi hard disk / SSD

Cara Merawat Laptop selanjutnya adalah sobat harus sering memeriksa partisi harddisk/SSD. Partisi adalah bagian dari perangkat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan semua file dan biasa dikenal dengan local disk.

Dengan seringnya sobat melakukan pengecekan dan pengaturan partisi harddisk/SSD diharapkan dapat meningkatkan penyimpanan file/data/informasi di PC. Untuk memeriksa partisi, Sobat dapat menggunakan alat Disk Check.

Alat pemantau komputer laptop atau komputer ini bekerja sangat baik untuk mencegah hilangnya data dari harddisk/SSD.

 

#5. Cara Merawat Laptop Dengan Lakukan Optimasi SSD

Windows 10 sudah mendukung penuh penyimpanan jenis SSD. Dengan begitu, penggunaan perangkat penyimpanan SSD akan sangat meningkat. Salah satunya adalah dengan mengkonversi Defragmentation ke Optimize.

Defragment adalah cara lain untuk meningkatkan kinerja media penyimpanan, terutama hard disk. Proses defragment akan mengatur ulang potongan file yang rusak dan tersebar dengan memindahkannya ke lokasi tertentu secara penuh. Tujuannya.

Namun, defragment tidak boleh dilakukan pada SSD. Ini karena proses defragmentasi akan menyebabkan data sering dienkripsi untuk meningkatkan siklus penulisan data di sel penyimpanan SSD.

Hal ini dikhawatirkan akan memperpendek umur SSD. Untungnya sejak Windows 8 sudah menyediakan alat peningkatan SSD. Ini disebut Drive Optimalkan.

 

#6. Cara Merawat Laptop Dengan Defrag Hard disk

Selain dilakukan pengujian, hard disk juga perlu didefrag secara berkala. Defragmentasi hard disk adalah proses penulisan ulang data atau file (partisi) yang sepenuhnya terpisah. Tujuan defragmentasi adalah untuk mengakses file di hard disk dengan cepat.

Pada sistem operasi Windows 7, defragmentasi hard disk dapat dilakukan secara otomatis dan sistematis. Sobat juga dapat melakukan deframent dengan simple. Alat yang dapat digunakan untuk memecahkan hard disk adalah Disk Defragmenter.

Sebelum operasi defragmentasi dilakukan, mungkin disarankan untuk menganalisis kerusakan untuk menentukan tingkat keparahan. Jika tingkat pemisahan melebihi 15%, segera defragmentasi. Di sisi lain, jika kurang dari 15%, defragmentasi dapat dilakukan kemudian.

 

#7. Cara Merawat Laptop Dengan Rutin Periksa Memori RAM

Cara Merawat Laptop Selanjutnya adalah dengan tes memori RAM. Versi terbaru Windows memiliki perangkat lunak pemantauan yang disebut Memory Diagnostic untuk memantau memori RAM. Kesalahan pada memori RAM berisiko menyebabkan Blue Screen of Death, restart secara terus menerus, sampaibisa kehilangan data.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menguji memori RAM

  • Buka menu Start> ketik “memori” tanpa tanda kutip
  • Pilih Diagnostik Memori Windows
  • Ada dua opsi perintah, yaitu tes memori saat ini dan tes memori saat komputer dinyalakan.
  • Windows akan segera memeriksa RAM. Jika kesalahan atau kesalahan terdeteksi di RAM, Windows Memory Diagnostic akan memberi tahu Sobat detailnya

#8. Cara Merawat Laptop Dengan Melakukan Troubleshot

Selanjutnya Sobat dapat melakukan pemecahan masalah atau bahasa IY nya di sebut troubleshoot. Dengan ini Sobat dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang muncul pada laptop/desktop Sobat.

 

#9. Cara Merawat Laptop Dengan Perbarui Windows dan program perangkat lunak yang diinstal

Cara Merawat Laptop selanjutnya adalah memperbarui sistem pada laptop secara berkala. Windows telah menyediakan fitur Automatic Update untuk mengupgrade sistem itu sendiri ketika terhubung ke Internet untuk memperbaiki bug, menambah fitur dukungan teknologi baru, dan meningkatkan kinerja komputer.

Tapi ingat, Pembaruan Otomatis hanya mendukung Windows yang terdaftar secara resmi dari Microsoft. Jadi jika sistem operasi Windows tidak berlisensi atau bajakan secara ilegal, Sobat mungkin tidak dapat menggunakan fitur ini.

Upgrade juga dapat dilakukan pada antivirus, antispyware, dan fitur keamanan lainnya. Peningkatan ini membantu mencegah risiko keamanan laptop semakin buruk setiap hari.

 

Demikian Artikel Tentang 9 Cara Merawat Laptop Dan Komputer Baru Beli Supaya Awet Tahan Lama

Situs TipsSeo Info juga membahas tentang Tutorial dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tags

Mang Gh4zi

Hanya seorang penulis pencari rupiah :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button